J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Membuat Video Time-Lapse dengan HP Android Kamu

5 Tips Membuat Video Time-Lapse dengan HP Android Kamu

Senin, 24 Agt 2015, 15:00 WIB
Pembuatan video time lapse memang tidak mudah. Berikut JalanTikus berikan 5 tips dalam membuat sebuah video time lapse.

Kamu pernah melihat video metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu dalam waktu singkat? Atau pemandangan dengan langit yang berubah dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Keren, kan? Seolah-olah waktu dapat dipersingkat hingga peristiwa yang berlangsung berjam-jam, bahkan berhari-hari dapat disaksikan dalam beberapa detik saja. Contohnya dalam video Menara Pisa karya Christoph Rehage berikut:

BACA JUGA
  • Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone
  • 7 Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone
  • Tips Professional Memotret di Malam Hari dengan Smartphone

Namun, sebenarnya pembuatan video semacam itu membutuhkan waktu yang panjang. Kamera diletakkan dalam posisi yang tetap untuk memotret satu kali setiap beberapa detik, menit, atau jam tergantung durasi hasil video yang diinginkan. Kemudian, gambar yang telah terkumpul disatukan menjadi sebuah video. Teknik fotografi inilah yang disebut time-lapse.

Saat ini, smartphone juga bisa digunakan untuk membuat video time-lapse. Misalnya iPhone dengan iOS 8 ke atas, atau ASUS ZenFone menggunakan PixelMaster Camera. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk membuat video time-lapse yang keren, jelas tidak bisa asal-asalan. Nah, kali ini Jaka mau berbagi tips untuk membuat video dengan teknik time-lapse.

5 Tips Membuat Video Time-Lapse dengan HP Android Kamu

1. Perencanaan

Gagal merencanakan sama aja dengan merencanakan kegagalan. Kamu harus tahu dulu video seperti apa yang ingin kamu buat. Tentukan tema, obyek, lokasi, dan durasi video time-lapse kamu dengan baik.

2. Pastikan baterai full

8 Tips Hemat Baterai 1

Isilah daya baterai smartphone kamu hingga penuh. Atau colokin aja ke powerbank kalau kamu butuh durasi lebih lama. Nggak lucu kan kalo lagi ngerekam sunset, tapi pas mataharinya baru turun, smartphone kamu malah low-batt.

3. Gunakan tripod

Cara Memotret2

Kamu yakin sanggup megangin smartphone kamu selama berjam-jam tanpa ngerasa pegal? Yakin hasil videonya nggak akan goyang gara-gara tangan kamu gemetaran? Nah, tripod adalah senjata paling penting dalam membuat video time-lapse. Sebab dengan tripod, smartphone kamu akan berada di posisi yang tetap dalam waktu lama. Kecuali kesenggol!

4. Pilih angle terbaik

Ffdcf40b9b91725afcaa9e26ba5f3ef9

Selama proses perekaman, kamu nggak bisa lagi mengubah posisi kamera smartphone ke arah yang lain. Bahkan, sebisa mungkin jangan sentuh smartphone kamu! Jadi, pilihlah angle kamera terbaik yang bisa kamu dapatkan. Sediakan waktu lebih lama untuk mencari angle yang benar-benar pas, tapi jangan sampai kehilangan momentum ya!

5. Pengaturan umum kamera dan fokus

Ab43a88ad3ac6702b4c4ea1deb20981d

Sesuaikan resolusi kamera, filter, ISO, white balance, exposure, dan sebagainya dengan pengaturan yang optimal sesuai kebutuhan. Fokus kamera juga harus sangat akurat. Kamu bisa nangis bombay kalau sudah bikin video seharian tapi hasilnya nge-blur.

Nah, setelah baca tipsnya, sekarang waktunya kamu bikin video time-lapse paling keren versi kamu sendiri. Selamat berjuang, ya! Kalau kamu punya info lain, pendapat, atau pertanyaan, silakan tulis lewat kolom comment di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Aplikasi Editing Video Terbaik di Hape Android

3 Aplikasi Editing Video Terbaik di Hape Android

8 Tips dan Trik Dasar Merekam Video Menggunakan Smartphone

8 Tips dan Trik Dasar Merekam Video Menggunakan Smartphone

Video Ini Pasti Bisa Buat Kamu Ternganga Karena Koreografinya yang Keren!

Video Ini Pasti Bisa Buat Kamu Ternganga Karena Koreografinya yang Keren!

Bikin Gebetan Kamu Terpukau dengan Aplikasi Video Sulap Keren Ini!

Bikin Gebetan Kamu Terpukau dengan Aplikasi Video Sulap Keren Ini!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal