Inilah 5 Game Buatan Anak Bangsa yang Unjuk Gigi di Dunia Internasional

6 December 2015

Sudah saatnya nih anak muda Indonesia menunjukkan taringnya di dunia internasional. Kalau dulu, men-develop game untuk platform komputer mungkin membutuhkan sumber daya dan dana yang besar dan sulit sekali mencari sponsor atau investor yang mau untuk bergabung. Nah sekarang, berkat adanya situs crowdfunding semacam Kickstarter, semuanya jadi lebih mudah.

Dari sekian banyak startup yang memanfaatkan Kickstarter sebagai sarana menggalang dana, tentu ada dong anak bangsa yang turut serta di dalamnya. Berikut ini ada daftar game keren dari lokal yang turut menggalang dana melalui Kickstarter. Ada banyak yang sukses, namun tentu ada yang butuh usaha lebih untuk mendapatkan dana dari publik. Mari kita mulai list-nya.

5 Game Buatan Anak Bangsa yang Unjuk Gigi di Dunia Internasional

1. Winterflame: The Other Side

game indonesia di kickstarter 1Ini nih salah satu game dari Indonesia yang sempat menggebrak di Kickstarter. Namanya Winterflame: The Other Side dan game tersebut bergenre puzzle adventure. Berkat prospeknya yang bagus, alhasil game ini mendapatkan dana sejumlah total Rp 760 juta. Artoncode sebagai developer dari game ini rencananya akan merilis Winterflame secara komersil pada 2016. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa melihatnya melalui halaman Kickstarter milik mereka di sini.

2. Boma Naraka Sura

game indonesia di kickstarter 2Game yang dibesut oleh Anantarupa Studio ini diilhami oleh cerita Bomasura. Di cerita tersebut, tokoh Boma merupakan karakter dengan peran antagonis. Namun daripada harus mengangkat sifat yang bertentangan tersebut, tim developer berusaha untuk mengangkat sisi lain dari Boma dan menjadikannya karakter dengan latar belakang yang kompleks dan penuh dengan intrik. Game yang membutuhkan donasi sebesar $25.000 ini akhirnya berhasil mendapatkan uang yang memadai, bahkan melebihi ekspektasi yaitu $26.745 hingga tulisan ini diturunkan.

3. Celestian Tales: Old North

game indonesia di kickstarter 3Satu lagi game yang muncul dari bumi parahyangan. Celestian Tales: Old North merupakan game yang dikembangkan oleh Ekuator Games yang berbasis di kota Bandung, Jawa Barat. Game ini mengangkat kisah mengenai dunia fantasi dengan unsur RPG yang kuat dan adegan pertarungan pedang. Celestian Tales menggunakan pendekatan roll playing games klasik yang membuat para pemain dapat bernostalgia sekaligus menikmati grafik yang memukau melalui keterampilan tangan para pembuatnya. Proses pendanaan untuk game ini berlangsung pada tahun lalu dan berhasil meraih total dana $60.630, melebihi ekspektasi yaitu $30.000.

4. Legends of Fire & Steel

game indonesia di kickstarter 4Game ini sebenarnya tidak digarap sepenuhnya oleh orang Indonesia, namun digarap secara kolektif oleh berbagai orang di seluruh penjuru Asia Tenggara. Boomzap Entertainment sebagai pengembang dari Legends of Fire & Steel merupakan perusahaan yang bermarkas di Singapura, namun mengandalkan karyawan dari multi-negara, termasuk salah satunya Indonesia. Sayangnya game keren nan ambisius ini gagal untuk terealisasi karena dalam kurun waktu 30 hari, mereka hanya mendapatkan donasi sebesar $3.401 dari eskpektasi $50.000. Padahal Legend of Fire & Steel berusaha menyajikan gameplay yang inovatif karena menggabungkan strategi dengan kartu.

5. Vimala: Defense Warlords

game indonesia di kickstarter 5Ada game lagi dari developer asal Bandung lho, Namanya Vimala: Defense Warlords. Game yang digarap oleh Masshive Media ini merupakan game RPG dengan tampilan klasik yang tentunya tetap memukau. Di dunia penuh fantasi, kamu akan menjelajahi banyak tempat dan bertarung dengan berbagai macam lawan yang siap untuk menunggu. Akan tetapi sayang beribu sayang, proyek ini juga mengalami nasib yang sama dengan Legends of Fire & Steel yang harus gagal dalam penggalangan dana.

Artikel Menarik Lainnya:

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar