12 Tips Penting Untuk Mencegah Android Kamu Di-hack Melalui WiFi dan Bluetooth

20 September 2016

Kini dengan perangkat sebesar telapak tangan, kamu sudah bisa melakukan berbagai macam hal yang dulu bahkan tidak pernah kamu pikirkan sama sekali. Dari yang hanya sebatas menelepon teman dekat hingga men-transfer uang ke keluarga di kampung.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, maka ancaman terhadap kemudahan tersebut juga semakin banyak. Banyak orang-orang tidak bertanggung jawab juga ingin mencuri informasi dari smartphone kamu yang berharga tersebut. Ingin tahu bagaimana cara mencegahnya? Ikuti tips dari Joy of Android yang kami rangkum berikut ini ya.

12 Tips Penting Untuk Mencegah Android Kamu Di-hack Melalui WiFi dan Bluetooth

1. Hindari Gunakan Koneksi WiFi Umum

Menggunakan WiFi di tempat umum seperti kafe dan taman sih memang asyik ya. Tapi di dalamnya tersembunyi berbagai ancaman serius yang bisa menyelinap ke dalam smartphone kamu, seperti pencurian data pribadi dan rekening. Jadi usahakan untuk tidak membuka rekening bank atau email kamu di saat menggunakan koneksi WiFi publik ya.

2. Matikan Bluetooth

Ingat, jangan menyalakan koneksi Bluetooth secara terus menerus. Hacker juga dapat menyisipkan berbagai macam benda jahat melalui fitur tersebut, mulai hanya sebatas spam hingga Trojan yang merekam segala aktifitas kamu.

3. Jangan Simpan Password Kamu

Menyimpan Password di device memang dapat membuat hidup lebih mudah, karena dapat mempersingkat proses saat kamu membuka akun media sosial maupun situs lainnya. Tapi selalu ingat bahwa itu merupakan tindakan yang kurang aman karena orang-orang tertentu bisa saja mencurinya.

4. Gunakan Security Lock

Android yang kamu miliki dilengkapi dengan fasilitas lock screen yang sebenarnya cukup mumpuni. Mulai dari pin, pattern, fingerprint, dan sebagainya. Meskipun sederhana, langkah ini merupakan langkah yang cukup ampuh untuk menghindari tangan-tangan jahil mencuri kesempatan dalam kesempitan.

5. Kunci Aplikasi Kamu

Untuk aplikasi-aplikasi sensitif seperti e-banking dan aplikasi chat, disarankan untuk membubuhkan proteksi lebih seperti menggunakan Applock yang dapat mengunci aplikasi tersebut dengan PIN. Ini merupakan langkah lebih lanjut untuk menjaga identitas kamu tidak mudah dibobol oleh orang lain.

6. App Permission

Tidak semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store itu aman. Selalu pastikan bahwa sebelum kamu menginstal aplikasi apapun di sana, bacalah terlebih dahulu app permission-nya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui aplikasi tersebut bisa mengakses fitur apa saja di smartphone kamu.

7. Baca Terlebih Dahulu Review Pengguna Sebelum Menginstal Aplikasi

Fitur komentar di Google Play Store memang dapat menjadi penyelamat berharga kamu. Melalui bagian tersebut, kamu bisa mengetahui keamanan dari sebuah aplikasi, berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak, dan info-info penting lainnya.

8. Tetap Jaga Smartphone Kamu Untuk Selalu Terbackup Secara Rutin

Membuat back-up secara berkala merupakan tindakan yang sangat penting agar kamu tidak kehilangan barang-barang berharga kamu di Android. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan tentunya gratis.

9. Hindari Menyimpan File Berharga Di Smartphone

Kamu seharusnya tidak menyimpan berbagai file berharga di smartphone ataupun SD Card, mengingat device ini yang bersifat mobile dan rentan hilang. Apabila terpaksa, kamu harus mengunci file tersebut dengan aplikasi pengaman seperti Folder Lock.

10. Gunakan VPN

VPN merupakan pilihan bagus tidak hanya dalam membuka website yang diblok, namun juga untuk memproteksi kamu ketika menggunakan WiFi publik. Ada berbagai macam aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya adalah DroidVPN dan Hotspot Shield.

11. Gunakan Antivirus

Siapa yang akan tahu kalau smartphone kamu akan selalu aman dari ancaman virus? Aplikasi antivirus memang membutuhkan RAM yang tidak sedikit, namun untuk kamu yang selalu waswas terhadap penyusup di smartphone, maka aplikasi ini dapat menjadi solusi. Selain itu, pada antivirus-antivirus kebanyakan, mereka juga sudah dilengkapi dengan anti-theft yang dapat memberi tahu lokasi smartphone apabila hilang.

12. Hapus History Internet Kamu

Jangan sepelekan tips yang berikut ini. Setiap website yang kamu buka pasti akan terekam dalam history dari browser yang kamu gunakan. Selain itu, Ia juga akan menyimpan cookie dan cache secara berkala. Untuk mengamankan data berharga kamu, jangan lupa untuk menghapusnya secara rutin ya.

Sumber: Joy of Android

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar