J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Pertanda PC Crash dan Solusinya

10 Pertanda PC Crash dan Solusinya

Rabu, 11 Sep 2013, 10:00 WIB
PC Crash dapat disebabkan berbagai hal, baik software maupun hardware yang bermasalah. Ketahui pertanda PC crash dari awal untuk mencegah PC rusak permanen.

Seringkali, komputer crash terjadi tanpa adanya peringatan jelas. Saat hal itu terjadi, tidak banyak yang bisa kamu lakukan kecuali reboot secara manual atau reset komputer secara paksa. Tidak adanya peringatan menyebabkan komputer kamu bisa saja tiba-tiba crash ketika digunakan untuk bekerja, yang tentunya bakal mengganggu pekerjaan kamu.

Namun, ternyata sebagian besar komputer crash sebenarnya tidak terjadi tanpa peringatan. Terdapat sejumlah peringatan yang muncul. Sebagian besar merupakan masalah kecil yang mungkin tidak ditanggapi serius oleh banyak orang, tetapi merupakan tanda dari sebuah permasalahan besar yang dapat muncul di komputer kamu. Kewaspadaan dan pengetahuan akan hal ini dapat membantu kamu menemukan permasalahan sebelum benar-benar merusak PC kamu.

Berikut ini 10 Pertanda PC Crash dan Solusinya :

Hardware Conflict

Pc Crash Windowsdevicemanager
Terkadang 2 komponen dalam sebuah PC akan menggunakan resource yang sama untuk menjalankan sebuah fungsi. Hal ini menyebabkan hardware conflict dan biasanya menyebabkan permasalahan ketika menjalankan fungsi tertentu. Contohnya audio conflict, yang bisa jadi menyebabkan audio tidak berfungsi pada sebagian program namun tetap berfungsi pada program lainnya. Tidak semua hardware conflict dapat menyebabkan crash pada PC, namun dapat menyebabkan ketidakstabilan yang dapat berujung pada Blue Sreen of Death dan/ atau reboot.

Kamu dapat mengetahui ada tidaknya hardware conflict melalui Windows Device Manager. Hardware yang mengalami konflik akan memiliki tanda seru berwarna kuning. Untuk mengatasinya, install ulang driver untuk hardware tersebut dan jika masih terjadi conflict, maka kamu bisa mencoba disable salah satu dari hardware yang mengalami conflict tersebut. Jika masih bermasalah, maka kamu perlu melepas salah satu komponen tersebut dari PC kamu.

Permasalahan Corrupt Program atau File

Pertanda paling jelas akan adanya masalah adalah program atau file yang corrupt secara acak. File yang biasanya bisa kamu akses dengan normal mendadak menjadi corrupt, atau bisa dibuka sesekali. Beberapa hal dapat menyebabkan masalah ini. Pertama, pastikan antivirus kamu berjalan normal dan sudah terupdate, kemudian jalankan scan malware full system.

Virus terkadang dapat menyebabkan masalah corrupt file. Penyebab lainnya adalah kerusakan hard drive, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan hard drive. Jika hal tersebut masih belum mengungkapkan penyebab permasalahan corrupt tersebut, periksa kemungkinan hardware conflict melalui Windows Device Manager.

Hard Drive Lambat atau Berisik

Pc Crash Harddrive1
Hard Drive bisa jadi merupakan sumber permasalahan crash pada PC. Meski berkembang menjadi semakin baik, namun hard drive memiliki komponen mekanis yang pada akhirnya akan rusak dan hal ini merupakan kenyataan yang harus siap kamu terima.

Jika kamu menemukan program yang membutuhkan waktu lama untuk loading, file yang tidak selalu dapat dibuka, atau hard drive yang menghasilkan suara bising ketika digunakan, bisa jadi hard drive kamu sudah mendekati ajalnya . Lakukan pemeriksaan drive dan backup data untuk menjamin keamanan.

Boot Error

Pc Crash Windowsbooterror 590x362
Pertanda pasti akan adanya masalah pada PC kamu adalah munculnya peringatan error ketika booting PC berikut : "boot device not found". Windows terkadang gagal booting dan terkadang dapat berjalan dengan normal setelah kamu reset. Hal ini adalah pertanda adanya kerusakan pada hard drive kamu, atau instalasi Windows yang corrupt. Hal ini biasanya dapat diatasi dengan mengganti hard drive atau install ulang Windows.

Namun sebelum menjalankan salah satu dari kedua hal tersebut, pastikan kamu mencolokkan hard drive USB karena sebagian PC bisa jadi menjalankan boot melalui USB sebelum hard drive, yang dapat menyebabkan boot error.

Performa Buruk

Performa buruk PC secara keseluruhan, mulai dari menjalankan program, nonton video YouTube dan bermain game seringkali merupakan hasil dari banyaknya software yang diinstall pada PC kamu. Jika tidak berhati-hati, bisa jadi kamu menginstall terlalu banyak software yang melebihi kemampuan PC kamu sendiri dan menyebabkan penurunan performa komputer. Hal ini dapat kamu atasi dengan membersihkan Windows namun bisa jadi kamu harus menginstall ulang Windows jika sudah terlalu berat. Apabila masalah masih tetap muncul setelah install ulang Windows, maka kemungkinan penyebabnya adalah hardware. Cobalah untuk menggunakan program benchmark, simpan hasilnya dan gunakan hasil tersebut untuk menentukan komponen apa yang menyebabkan PC kamu lambat dan komponen apa yang harus diganti.

Koneksi Internet atau Ethernet yang Lambat

Pc Crash Ethernetadapter
Biasanya, permasalahan koneksi internet lambat yang ternyata tidak disebabkan oleh ISP atau router kamu adalah pertanda buruk adanya masalah berat pada PC kamu. Hal ini berarti WiFi atau adapter Ethernet kamu bermasalah, atau bisa jadi pertanda adanya malware yang menyedot bandwith kamu. Pada akhirnya, masalah ini menyebabkan koneksi internet menjadi teramat sulit dilakukan dan jika penyebabnya adalah malware, PC kamu bisa mengalami kerusakan permanen.

Download bandwith meter untuk mengetahui berapa besar koneksi yang kamu gunakan. Jika bandwith terpakai bahkan ketika kamu tidak menggunakan komputer, maka kemungkinan besar sumber masalahnya adalah malware. Jika kamu tidak menemukan penggunaan bandwith yang tidak wajar, maka permasalahan disebabkan oleh kerusakan adapter yang artinya perlu kamu ganti.

Kerusakan Video

Pc Crash Videoartifact
Video yang kamu putar menggunakan PC pada dasarnya adalah arus data yang diubah menjadi gambar. Kerusakan pada data dapat menyebabkan kerusakan gambar, seperti munculnya garis, atau hilangnya sebagian gambar. Hal ini adalah pertanda adanya permasalahan pada processor grafis PC kamu yang seringkali disebabkan oleh panas berlebih. Biasanya kamu hanya perlu membersihkan komputer dari debu yang sudah bersarang. Jika masih belum menghilangkan masalah, maka GPU kamu sepertinya perlu diganti.

Pada waktu tertentu, bisa jadi kamu kesulitan menentukan apakah kerusakan gambar disebabkan oleh video card atau bug dalam game atau bahkan karena masalah compression video. Pengujian stabilitas video card dapat membantu menentukan sumber permasalahan ini.

Suara Kipas System yang Bising

Pc Crash Coolingfan7
Suara fan atau kipas yang lebih bising dari biasanya merupakan teriakan minta tolong dari komputer kamu karena komponennya menjadi terlalu panas, hal ini dapat berujung pada crash bahkan kerusakan hardware. Gunakan tool monitoring seperti SpeedFan untuk mencari tahu permasalahan dan ketahui suhu CPU dan GPU kamu.

Jika komponen komputer terlalu panas, buka casing komputer kamu dan coba bersihkan fan atau kipas menggunakan air compressor. Bagi pengguna laptop, kamu bisa coba membersihkan lubang exhaust atau membeli cooling pad untuk mendinginkan laptop kamu.

Software dan/ atau Adware Bermunculan

Pc Crash Adware
Software yang berjalan tanpa ijin pengguna merupakan petunjuk adanya malware. Seringkali program tersebut akan terhubung dengan iklan. Hardware seperti webcam terbuka dengan sendirinya juga merupakan pertanda adanya aktivitas malware. Pada akhirnya, gangguan semacam ini dapat menyebabkan PC kamu corrupt.

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan instalasi ulang Windows. Pastikan kamu melakukan backup data sebelum melakukannya.

Windows Crash Tanpa Disadari

Bisa jadi komputer kamu mengalami crash tanpa kamu sadari, misalnya saja ketika dalam sleep mode atau saat ditinggalkan menyala dimalam hari. Karena PC tidak mengalami crash saat kamu gunakan, kemungkinan hal ini disebabkan oleh permasalahan driver atau hardware yang muncul pada saat tertentu. Lakukan pemeriksaan hardware conflict untuk memastikannya.

Jika tidak ada hardware conflict, lakukan update driver untuk video card, sound card, motherboard dan adapter WiFi atau Ethernet. Jika permasalahan masih muncul, jalankan benchmark untuk mengetahui penyebabnya, kemudian apabila masih tetap muncul juga, lakukan pemeriksaan dengan disable komponen satu per satu. Selanjutnya, periksa apakah ada software yang kamu jadwalkan untuk berjalan pada waktu tertentu yang bisa jadi menyebabkan crash.

Kesimpulan

10 hal diatas adalah tanda crash PC yang paling umum muncul dan masih terdapat banyak hal lainnya yang dapat menandakan crash PC. Apakah kamu mengetahui tanda-tanda PC crash dan solusi lainnya? Silakan share disini.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Tips Membersihkan dan Mempercepat Performa PC

5 Tips Membersihkan dan Mempercepat Performa PC

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

4 Cara Percepat Performa Komputer

4 Cara Percepat Performa Komputer

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal