10+ Aplikasi Augmented Reality (AR) di Android dan iOS Terbaik 2016

1 August 2016

Belakangan ini demam Pokemon Go menjadi sangat fenomenal dan populer terutama bagi pencinta Kartun Pokémon yang sudah ada dari dulu. Tanpa kalian sadari Game Pokemon Go menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) atau sejenis fitur tambahan yang hanya muncul dengan bantuan kamera smartphone berupa gambar 3D hingga tulisan. AR biasanya muncul pada bidang-bidang khusus tergantung fungsi dari teknologi AR tersebut.

Ternyata bukan hanya Pokemon Go yang memiliki fitur AR. Di Google Play ada juga aplikasi lain yang menggunakan teknologi AR dengan fitur berbeda yang tentunya lebih bermanfaat dan menyenangkan.

10+ Aplikasi Augmented Reality di Android dan iOS Terbaik 2016

1. Google Translate (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Google juga telah terlebih dahulu menerbitkan aplikasi Augmented Reality terbaik, salah satunya adalah Google Translate. Aplikasi ini menggunakan teknologi AR untuk membantu kamu menerjemahkan berbagai tulisan yang ada di dinding maupun objek tulisan umum di luar negeri. Terkadang kita kesulitan untuk mengerti tulisan apa yang disampaikan di dinding atau bahkan di papan tanda di luar negeri. Aplikasi ini juga dapat digunakan meski tidak ada koneksi internet atau offline.

2. Crayola Color Alive (Android, iOS) (Free, in-app purchases)

masukkan deskripsi gambar disiniAR juga dapat digunakan untuk anak-anak, khususnya untuk mengembangkan kreativitas mereka. Aplikasi dari Crayola ini memungkinkan anak-anak untuk mewarnai, mendesain, dan menggambar sebuah objek interaktif berbentuk 3D dari AR. Aplikasi ini dapat berjalan pada objek buku gambar Crayola juga. Aplikasi Crayola Color Alive dapat mengembangkan imajinasi anak-anak dengan cara yang lebih interaktif.

3. Yelp (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disiniAplikasi Augmented Reality di Android ini memungkinkan kamu untuk mengetahui review kafe, restoran, dan bar. Aplikasi Yelp menggunakan kamera untuk menampilkan review dari lokasi terdekat kamu. Tentunya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari rekomendasi tempat hangout yang tepat.

4. Wikitude (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi link disini

Sama seperti aplikasi Yelp, bedanya Wikitude menampilkan tempat rekomendasi sesuai keyword yang kamu masukkan. Seperti "Restoran Jepang"; atau "Tempat bersejarah"; yang akan ditampilkan dengan gambar. Tidak hanya restoran atau kafe, tetapi aplikasi Augmented Reality terbaik ini juga dapat menampilkan hasil pencarian lainnya seperti tempat-tempat bersejarah di lokasi sekitar.

5. Mybrana (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Bagi kamu yang sangat menyukai bidang desain baik berupa gambar animasi atau video animasi, wajib mencoba aplikasi Mybrana ini. Mybrana memungkinkan kamu untuk berkreativitas dengan seni mengedit gambar atau video pendek menggunakan stiker, animasi pendek maupun animasi 3D yang tentunya terdapat fitur AR-nya.

6. Aurasma (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Aplikasi unik ini memungkinkan kamu untuk mencetak gambar kamu ditambah dengan efek aura yang dihasilkan oleh teknologi Augmented Reality di Android. Aurasma dapat mengubah gambar kamu menjadi lebih keren untuk dibagikan ke teman kamu.

7. Blippar (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Pernah tidak berpikir untuk memainkan permainan dari objek nyata yang kita sorot dengan kamera dan AR? Blippar hadir untuk kamu yang ingin "memainkan" objek nyata di smartphone kamu. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang bosan menunggu pesanan makanan di restoran atau di tempat umum lainnya.

8. Layar (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Layar dapat memberikan informasi produk, poster, halaman majalah, katalog, bahkan poster film. Layar dapat menampilkan fitur dan informasi tambahan yang tidak ditampikan di objek nyata. Bahkan Layar dapat menampilkan trailer sebuah film jika kita mengarahkan kamera ke gambar poster film tersebut.

9. Ingress (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Sebelum terkenalnya game Pokemon Go, Niantic terlebih dahulu memiliki game yang berbasis GPS AR pertama yaitu Ingress. Sama seperti Pokemon Go yang mengharuskan kita untuk berjalan keluar ruangan, Ingress mengharuskan kita untuk pergi dan mengeksplorasi ke landmark tertentu untuk menguasai portal dan mengambil alih. Dalam game ini terdapat dua kubu yaitu Enlightened dan Resistance yang dikontrol oleh Exotic Matter.

10. Sunseeker (Android, iOS) (Rp 98.910)

masukkan deskripsi gambar disini

Sunseeker merupakan aplikasi profesional yang dapat menampilkan arah sinar matahari, kompas sinar matahari, dan posisi bangunan. Aplikasi berbayar ini dapat membantu kamu yang seorang petani, arsitek, fotografer, maupun traveler untuk menentukan arah sinar matahari dengan akurat. Dengan bantuan AR, Sunseeker dapat membantu kamu untuk lebih memperhitungkan arah sinar matahari lebih baik lagi.

11. Theodolite (iOS) ($5.99)

masukkan deskripsi gambar disini

Aplikasi yang satu ini menggabungkan berbagai macam alat navigasi seperti GPS, kompas, inclinometer, pengintai dan fitur pemetaan. Theodolite dikhususkan untuk pendaki gunung, traveler, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat berbagi lokasi dengan teman jika kamu tersesat. Semua itu tentunya dapat dibagikan secara real time dan tentunya menggunakan teknologi AR.

Download Theodolite di AppStore

12. Field Trip (Android, iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disini

Field Trip adalah aplikasi AR yang berfungsi seperti pemandu wisata mobile. Pengguna dapat memilih berbagai kategori lokasi yang kamu inginkan, seperti bangunan bersejarah, museum, atau hanya tempat terdekat untuk makan. Field Trip memberitahu kamu jika dekat dengan lokasi yang ingin dituju dengan pemberitahuan yang unik. Pengguna juga dapat melihat lokasi pada peta dan dapat men-tag lokasi tersebut sebagai favorit untuk dikunjungi di kemudian hari. Field Trip juga memiliki fitur perintah suara yang dapat kamu gunakan saat berkendara.

13. Inkhunter (iOS) (Free)

masukkan deskripsi gambar disiniInkhunter adalah aplikasi Augmented Reality di Android yang memungkinkan kamu untuk melihat tattoo apa yang akan terlihat pada kulit kamu. Arahkan kamera iPhone-mu ke diri sendiri, dan Inkhunter akan menunjukkan preview dinamis dan desain tato dengan kemampuan untuk memutar dan menyesuaikan desain. Kamu dapat mencoba berbagai macam desain preset atau meng-upload gambar sendiri, dan pastikan kamu tidak akan menyesal memiliki tattoo itu.

Download Inkhunter

Ternyata tidak hanya Pokemon GO saja yang menggunakan teknologi AR, banyak aplikasi smartphone lainnya yang lebih bermanfaat dan tentunya lebih banyak hal menarik yang dapat dilakukan dengan teknologi AR. Gimana, tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar