2 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lama dan Baru, Biar Tidak Diblokir!

Default

Baik pengguna baru maupun pengguna lama perlu tahu cara registrasi kartu Telkomsel. Hal ini dikarenakan seluruh pengguna kartu provider wajib melakukan registrasi kartu SIM prabayar.

Aturan tersebut ditetapkan melalui Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 dan bertujuan untuk melindungi pelanggan dari penyalahgunaan data serta memudahkan penyediaan layanan, misalnya untuk transaksi online.

Hingga saat ini belum ada cara registrasi kartu Telkomsel tanpa KK dan KTP, karena kamu membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sudah terdaftar di Dukcapil. Agar lebih yakin, kamu bisa cek NIK KTP secara online terlebih dahulu.

Nah, supaya kamu lebih paham bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel SMS

Cara Registrasi Kartu Telkomsel 4556a
Sumber foto: Telkomsel

Sebenarnya, cara registrasi semua provider kurang lebih sama, yaitu melalui SMS dan website provider masing-masing.

Tenang saja, kamu tidak akan dikenakan biaya ketika melakukan registrasi alias gratis, sehingga tidak perlu mencari cara hutang pulsa Telkomsel jika sedang kehabisan pulsa.

Registrasi kartu Telkomsel lewat SMS dibagi menjadi menjadi pengguna baru dan pengguna lama. Hanya ada sedikit perbedaan format di antara keduanya.

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru

Registrasi kartu Telkomsel bagi pelanggan baru bisa dilakukan melalui SMS dengan mengetik format REG<spasi>NIK#Nomor KK# dan kirim ke 4444.

Contohnya, REG 1234567891234567#3212345678987654# dan selanjutnya tinggal kamu kirim ke nomor tersebut.

Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan SMS balasan bahwa proses registrasi telah berhasil. Namun, jika registrasi kartu Telkomsel gagal, pastikan kembali bahwa NIK dan Nomor KK yang kamu masukkan sudah benar.

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lama

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, pengguna Telkomsel lama bisa registrasi melalui SMS dengan mengetik format ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# dan kirim ke 4444.

Contohnya, ULANG 1234567891234567#3212345678987654# dan selanjutnya tinggal kamu kirim ke nomor tersebut.

Jika kamu ingin tahu apakah kartumu sudah berhasil didaftarkan, cara cek registrasi kartu Telkomsel bisa dilakukan melalui alamat website https://telkomsel.com/cek-prepaid.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Online

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru 3abf2
Sumber foto: Telkomsel

Selain melalui SMS, pengguna Telkomsel juga bisa mendaftarkan nomornya secara online, tepatnya melalui website provider masing-masing. Oleh karena itu, cara registrasi kartu Tri dan Telkomsel secara online tentu berbeda.

Caranya, kunjungi situs https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid dan isi nomor HP, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK pada kolom yang tersedia. Setelah semua data yang kamu isikan sudah benar, selanjutnya klik Kirim untuk menyelesaikan proses registrasi.

Telkomsel menyarankan para penggunanya agar proses registrasi dilakukan sendiri supaya keamanan data tetap terjaga.

Tapi, kalau kamu mengalami kesulitan, kamu bisa mengunjungi gerai GraPARI terdekat atau menghubungi customer service melalui Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot, dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Jika suatu saat kamu ingin membatalkan pendaftaran alias unreg, caranya tidak kalah mudah dengan registrasi, kok. Kamu bisa simak cara unreg kartu Telkomsel di bawah ini.

Cara Unreg Kartu Baa7c
Cara Unreg Kartu Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Dan Tri | Terbaru 2021
Simak selengkapnya cara Unreg kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren di artikel ini. Paling baru dan lengkap 2021!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu dia cara registrasi kartu Telkomsel, baik untuk pengguna baru maupun lama. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, yaitu melalui SMS atau secara online. Bisa dibilang cara registrasi lewat SMS lebih praktis karena gratis dan tidak membutuhkan jaringan internet.

Hampir sama dengan langkah-langkah di atas, cara registrasi kartu Telkomsel Merdeka Belajar juga singkat dan mudah, sehingga para pelajar bisa segera memanfaatkannya untuk mengakses aplikasi pendidikan.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek Kk Online 3fcc8
3 Cara Cek KK Online di Situs Resmi Pemerintah (Update 2020)
Untitled Design 2021 01 22t111737 929 Fd055
Cara Registrasi Kartu AXIS Untuk Pelanggan Baru dan Lama, Gampang!
Cara Registrasi Kartu By 38801
Cara Registrasi Kartu by.U Terbaru 2020, Paket Internet Murah Meriah!
Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel 2020 Ee0e1
3 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel 2020, Internetan Non Stop!
Cats F908c
4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel untuk Kartu As, simPATI, Loop Lengkap
Cara Mendaftar Pulsa Gratis A48d7
Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud | Untuk Telkomsel, Indosat, XL, Tri
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal