7 Fakta Menarik Usai Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF 2020, Siap Juara!

Default

Euforia kemenangan Tim Nasional (Timnas) Indonesia atas Singapura di semifinal leg ke-2 Piala AFF 2020 seakan masih terasa.

Bermain di Stadion National pada Sabtu (25/12/2021), tim Garuda sukses mengakhiri laga dengan skor 4-2 setelah melewati drama yang menegangkan selama 120 menit jalannya pertandingan.

Laga tersebut memang penuh drama, geng. Pasalnya, ada tiga pemain Singapura yang dihadiahi kartu merah oleh wasit, yakni Safuwan Baharudin pada menit 45+2, Irfan Fandi pada menit 67, dan Hassan Sunnyi pada menit 119.

Sementara itu, keempat gol Indonesia dicetak oleh Ezra Walian pada menit ke-11, Pratama Arhan pada menit 97, gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-92, dan Egy Maulana Fikri pada menit 105+2.

Adapun dua gol singapura dicetak oleh Song Ui-young di menit ke-45+4 serta lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.

Berkat kemenangan ini, Indonesia berhasil unggul dengan total agregat 5-3 atas Singapura serta memastikan satu tempat di partai final, geng.

Di partai puncak nantinya, skuad Garuda telah dipastikan akan bertemu dengan Thailand, setelah tim Gajah Putih tersebut unggul dengan agregat 2-0 atas Vietnam di partai semifinal yang lain.

Nah, langkah Indonesia yang berhasil melaju ke partai final ini sebenarnya menyisakan beberapa fakta menarik yang harus kamu tahu, geng.

Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

1. Partai Final yang Keenam

Indonesia Final Piala Aff A038b

Sumber foto: AFP/Bay Ismoyo

Indonesia tercatat sudah enam kali berhasil menembus partai final Piala AFF atau yang dulunya dikenal dengan Piala Tiger, yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, serta saat ini 2020.

Sayangnya, tak sekali pun dari semua laga final itu berhasil dimenangkan oleh Indonesia. Sebanyak lima babak final itu pula, Garuda harus selalu puas dengan finis sebagai runner-up turnamen.

Final yang keenam kali ini tentu harus dimenangkan oleh skuad asuhan Shin Tae-yong. Jika tidak, maka julukan sebagai spesialis runner-up Piala AFF akan terus melekat bagi Timnas Indonesia ke depannya.

2. Final Ketiga Melawan Thailand

Indonesia Vs Thailand 14bd7

Sumber foto: Antara

Sebelumnya, Indonesia sudah tiga kali bertanding melawan Thailand di partai final Piala AFF, geng. Seperti yang sudah diketahui, ketiganya memang berakhir dengan kekalahan.

Final pertama melawan Thailand berlangsung pada Piala AFF edisi tahun 2000. Ketika itu, Garuda harus takluk dengan skor 1-4 di Stadion Rajamangala.

Dua tahun berselang, Indonesia kembali lolos ke babak final, dan lawan yang harus dihadapi lagi-lagi adalah Thailand.

Setelah skor 2-2 terus bertahan hingga waktu normal selesai, maka pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Hasilnya, Indonesia kembali kalah dengan skor 2-4.

Untuk yang ketiga kalinya, Thailand berhasil memupus harapan Indonesia untuk merengkuh gelar juara Piala AFF. Tepatnya pada tahun 2016, Abduh Lestaluhu dkk menyerah dengan agregat 2-3 di partai final.

Kala itu, Indonesia sebenarnya sudah berhasil unggul 2-1 pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor.

Namun kala bertandang ke Stadion Rajamangala pada leg kedua, skuad Garuda justru kalah dengan dua gol tanpa balas.

3. Skuad Paling Muda

Pemain Muda Timnas Indonesia C8160

Sumber foto: AFP/Roslan Rahman

Perlu diketahui bahwa Timnas Indonesia memiliki rata-rata usia pemain paling muda dibandingkan dengan negara-negara kuat lainnya yang bertanding di Piala AFF 2020.

Rataan usia pemain Indonesia sendiri berada di angka 23,8 tahun. Di Grup B saja, rataan tersebut masih lebih muda dari Malaysia (26.8 tahun) dan Vietnam (24,7 tahun).

Sementara calon lawan di babak final saja, Thailand, memiliki rataan usia pemain di angka 27,10 tahun. Adapun Singapura di angka 27,6 tahun, serta Filipina 25,11 tahun.

Usut punya usut, ini adalah skuad termuda Indonesia sejak keikutsertaannya di Piala ADD 1996. Dengan kata lain, Piala AFF 2020 memang dimaksudkan untuk membentuk generasi baru bagi Timnas senior.

4. Tim Tersubur

Timnas Indonesia Di Piala Aff 45e0f

Sumber foto: PSSI

Selain menurunkan mayoritas pemain berusia muda, Indonesia juga mencatatkan rekor sebagai tim tersubur di Piala AFF 2020 sejauh ini. Evan Dimas dkk telah menorehkan 18 gol dari enam pertandingan yang sudah dijalani.

Menariknya, semua gol tersebut tidak hanya dicetak oleh satu atau dua pemain saja, geng, melainkan hingga 10 pemain banyaknya.

Berikut ini adalah daftar pemain yang sudah menyumbangkan golnya untuk Indonesia sejauh ini:

  • Irfan Jaya (3 gol)
  • Ezra Walian (2 gol)
  • Evan Dimas (2 gol)
  • Pratama Arhan (2 gol)
  • Rachmat Irianto (2 gol)
  • Witan Sulaeman (2 gol)
  • Asnawi Mangkualam (1 gol)
  • Elkan Baggott (1 gol)
  • Ramai Rumakiek (1 gol)

5. Formasi Sesuai Kondisi

Shin Tae Yong C7699

Sumber foto: Suhaimi Abdulllah/AFP

Sejak memulai laga di Piala AFF tahun ini, Shin Tae-yong sepertinya memang sengaja tidak memiliki formasi atau strategi yang pakem untuk Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut biasanya akan menyesuaikan formasi sesuai dengan kondisi tim dan karakter lawan yang akan dihadapi saat itu.

Seperti saat melawan Kamboja di laga pembuka Grup B, Indonesia menggunakan formasi 4-1-4-1. Hasilnya, Garuda berhasil menang dengan skor 4-2.

Kemudian saat melawan Laos di laga selanjutnya, formasi yang diterapkan berubah menjadi 4-3-3 dengan taktik sangat menyerang. Skor berakhir 5-1 untuk kemenangan Indonesia.

Namun saat melawan tim kuat Vietnam di laga ketiga, Shin Tae-yong justru menerapkan strategi serba bertahan dengan formasi 3-5-2. Taktik itu berhasil meredam serangan Vietnam sehingga laga berakhir imbang 0-0.

Melawan Malaysia yang di atas kertas lebih seimbang, Indonesia kembali memainkan formasi 4-1-4-1 sebelum diubah menjadi 3-5-2 di babak kedua. Malaysia pun terpaksa menyerah dengan skor 4-1.

Begitu juga dalam dua laga semifinal Piala AFF kontra Singapura. Pada leg pertama, Shin Tae-yong tampak sengaja bermain bertahan dengan formasi 5-4-1.

Kemudian pada leg kedua, formasi kembali diubah menjadi 4-2-3-1. Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil menyingkirkan negara tetangga tersebut dengan agregat 5-3 dan melaju ke babak final.

6. Elkan Baggott Melawan Negara Kelahirannya

Elkan Baggott 5b525

Sumber foto: PSSI

Nama Elkan Baggott memang cukup menjadi sorotan di Piala AFF kali ini. Seperti yang diketahui, pemain muda berpostur 1,94 meter itu merupakan pemain keturunan Inggris-Indonesia dari kedua orang tuanya.

Hanya saja, Elkan sendiri sebenarnya lahir di Bangkok, Thailand. Dengan kata lain, Elkan akan melawan negara kelahirannya di partai final mendatang. Kita doakan semoga Elkan bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia, ya, geng!

7. Asnawi yang Tak Tergantikan

Asnawi Mangkualam Dcf52

Sumber foto: AFF

Ada yang menarik dari sosok bek kanan Timnas Indonesia, yakni Asnawi Mangkualam. Pasalnya, ia adalah pemain yang selalu menjadi andalan sejak Indonesia memulai laga pertama di Piala AFF 2020, geng.

Di satu sisi, skill olah bola serta stamina Asnawi memang tak perlu diragukan lagi. Ia pun merupakan tipikal bek kanan modern yang cukup fleksibel dengan apa pun gaya permainan yang diterapkan oleh pelatih.

Tidak hanya itu, pemain yang berkiprah di Liga Korea Selatan itu juga terbilang sangat kuat baik dari segi bertahan maupun menyerang. Ia pun kini didapuk sebagai wakil kapten saat Evan Dimas tidak bermain dari menit awal.

Lebih dari itu, Asnawi pada dasarnya memiliki dua peran sekaligus dalam taktik yang diterapkan oleh Shin Tae-yong, lho.

Ia memang lebih sering dipasang sebagai bek kanan, namun sesekali ikut diminta untuk masuk lebih ke dalam layaknya melakoni peran sebagai seorang gelandang tengah.

Dengan perannya itu, skuad Garuda seolah menjadi lebih leluasa saat sedang menguasai bola. Bahkan, kebanyakan serangan Indonesia juga dimulai dari kaki seorang Asnawi Mangkualam, geng.

Salah satu gol penting Indonesia yang lahir dari kontribusi sang MVP adalah saat ia berhasil memberikan assist kepada Witan Sulaeman ketika Indonesia bersua Singapura di semifinal leg pertama.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi sejumlah fakta menarik usai Indonesia berhasil memastikan diri melaju ke partai final Piala AFF 2020, geng. Tentu kita semua berharap agar Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di pertandingan puncak nanti, ya, geng!

Baca juga artikel seputar Sport atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Link Live Streaming Liga Inggris MU vs Newcastle: Laga Beda Kondisi!

Salut! Bocah 6 Tahun Mampu Beli Rumah Rp9 Miliar dari Menyisihkan Uang Jajan

11 Potret Penumpang Ojek Online dengan Tingkahnya yang Ngawur, Bikin Ngelus Dada!

Mengenal Johny Indo, Perampok Berjuluk Robin Hood Indonesia yang Disayangi Rakyat Miskin

Menang Arsitektur Terbaik di Dunia, Inilah 9 Potret Megahnya Masjid Raya Sumbar

9 Potret Terkini DJ Una yang Kini Berstatus Janda, Justru Tambah Cantik dan Mempesona!

ARTIKEL TERKAIT
Bein Sports Jalantikus
10 Situs Live Streaming Bola Terlengkap, Full Bein Sports 1-3
Live Streaming Bola 7f2be
20+ Situs Live Streaming Bola Gratis Terlengkap 2022, OTW Final Liga Champions!
Live Streaming Liga Champions B53a1
Nonton Live Streaming Liga Champions Terbaru 2022 Praktis dan Gratis, Lebih Seru!
15 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah Dan Efektif Streaming Lancar Jaya 1b151
15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Mudah, Streaming Lancar Jaya!
12121 F9fe7
10 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik di Android, Buat Live Streaming!
Untitled 1 D4e32
10 Layanan Streaming Film 100% Gratis Untuk Menemani Libur
Tags Terkait: indonesia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal