Kisah 5 Wanita yang Menyamar Jadi Pria Demi Menggapai Mimpi, Cerdas dan Berani!

Default

Perjuangan wanita untuk menghilangkan batasan dan larangan yang diterapkan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan adalah salah satu sejarah perjuangan terpanjang yang pernah ada.

Dari dulu, selalu ada larangan bagi wanita untuk melakukan hal-hal tertentu - hanya karena mereka adalah seorang wanita.

Tak diizinkan berpartisipasi dalam pertandingan, menghadapi diskriminasi gender di tempat kerja, hingga tak boleh ikut serta dalam acara musik adalah beberapa contohnya.

Namun, tak semua wanita pasrah dengan keadaan tersebut.

Ada wanita-wanita hebat yang tetap mengejar mimpi di tengah ketidaksetaraan gender, meski harus menyamar sebagai laki-laki.

Siapa saja mereka? Yuk, kita simak!

1. Dorothy Lucille Tipton

Dorothy Lucille Tipton 1 5608f

Billy Tipton adalah salah satu musisi jazz dan pemimpin band paling terkenal yang pernah ada di dunia.

Musisi terkenal yang lahir pada tahun 1914 ternyata terlahir sebagai seorang gadis di Kansas City, Missouri.

Di masa mudanya, ia sangat menyukai musik dan ingin bergabung dengan band sekolah, tetapi kebijakan sekolah tidak mengizinkan anak perempuan untuk tampil di band sekolah.

Dorothy Lucille Tipton 2 8c648

Itulah hal yang membuat Dorothy Lucille Tipton nekat berpura-pura menjadi pria demi mengembangkan karirnya dalam musik jazz sejak tahun 1933 hingga bakatnya diakui beberapa tahun kemudian.

Setelah berhasil menyembunyikan identitasnya selama 56 tahun, akhirnya jenis kelamin Tipton yang sebenarnya terkuak oleh dokter yang mengobati penyakit tukak lambungnya.

2. Rena Rusty Kanokogi

Rena Rusty Kanokogi 1 52334

Lahir pada tahun 1935 di Brooklyn, Rena Rusty Kanokogi telah terpesona oleh judo sejak masa remajanya.

Hanya saja, ambisinya untuk mengikuti kompetisi judo mengalami kemunduran setelah pemilik klub mengatakan kepadanya bahwa judo dibatasi hanya untuk pria, dan wanita terlalu lemah untuk olahraga ini.

Tak mau menyerah, Kanokogi lantas memutuskan memotong rambutnya pada tahun 1959 dan tampil sebagai seorang pria agar dapat mendaftar di turnamen judo YMCA di New York.

Rena Rusty Kanokogi 2 0d7af

Ia membuktikan keterampilan judo-nya dengan mengalahkan semua kontestan pria dan berhasil memenangkan medali emas.

Namun, seorang penyelenggara yang mencurigainya membuat Kanokogi mengakui identitas aslinya sehingga medali tersebut harus dikembalikan.

Karena tak mampu mengubah aturan judo bagi wanita di AS, Kanokogi bertolak ke Tokyo untuk berlatih judo dengan sesama wanita.

3. Kathrine Switzer

Kathrine Switzer 1 F6573

Pada tahun 1960-an, wanita tidak diizinkan untuk lari maraton atau perlombaan yang lebih dari 1.500 meter, tetapi aturan tersebut tidak menghentikan langkah Kathrine Switzer.

Pada tahun 1967, Kathrine melakukan sesuatu yang mendobrak sejarah, di mana ia menjadi wanita pertama yang berlari di Maraton Boston.

Hal itu dapat dilakukan karena ia berpura-pura menjadi kontestan pria meski seorang petugas kemudian menyadari bahwa ada wanita yang mengikuti lomba lari sejauh 42 kilometer tersebut.

Kathrine Switzer 2 2ce96

Kathrine pun dikejar oleh petugas yang memintanya berhenti, bahkan mencoba menangkapnya karena ia terus berlari dengan kencang.

Namun, kenekatannya ini membuahkan hasil lantaran larangan mengikuti lomba lari maraton untuk wanita secara resmi dicabut pada tahun 1972.

4. Deborah Sampson

Deborah Sampson 1 B73f2

Sebelum menyembunyikan identitasnya sebagai wanita, Deborah Sampson yang lahir pada tahun 1760 adalah seorang guru.

Deborah kemudian mengadopsi nama Robert Shurtleff demi bergabung dengan pasukan Patriot pada tahun 1782 untuk terjun dalam Perang Revolusi Amerika.

Saat bekerja untuk militer, Deborah memimpin 30 prajurit infanteri dalam ekspedisi, menggali parit, dan menembak menggunakan meriam.

Deborah Sampson 2 66440

Selama dua tahun pengabdiannya, ia berhasil menyembunyikan identitasnya, hingga ia dilarikan ke rumah sakit di Philadelphia karena jatuh sakit dan kehilangan kesadaran selama wabah.

Deborah kemudian dipulangkan secara terhormat atas keberaniannya pada tahun 1783 dan menjadi satu-satunya wanita dalam sejarah yang mendapat pensiun militer penuh.

Bahkan, saat ini ada patung yang dibuat sebagai penghormatan atas dirinya.

5. Hannah Snell

Hannah Snell 1 9f7e6

Salah satu tentara Inggris yang terkenal ini memiliki bernama asli Hannah Snell yang lahir pada tahun 1723.

Ia sebelumnya menikah dengan seorang pria bernama James Summs serta memiliki seorang anak perempuan, tetapi anaknya meninggal setelah setahun dan suaminya tiba-tiba menghilang.

Snell berhasil mendapatkan pakaian kakak iparnya, James Gray, dan menyamar dengan nama tersebut untuk bergabung dengan tentara Inggris setelah dia mendengar rumor tentang keterlibatan Summs dalam dinas militer.

Ternyata, sang suami dijatuhi hukuman mati karena tuduhan pembunuhan. Meskipun begitu, Hannah memutuskan untuk tetap bergabung di militer hingga karirnya melejit.

Hannah Snell 2 2fbc5

Selama bertugas dengan Marinir, Snell terluka 12 kali, termasuk cedera selangkangan yang parah, yang dia rawat sendiri agar identitasnya tidak ketahuan.

Akhirnya, pada tahun 1750, Snell mengungkapkan jenis kelamin aslinya kepada anggota unit lainnya dan ia dibebastugaskan dengan hormat serta diberikan dukungan finansial.

Akhir Kata

Wih, kuat dan luar biasa banget geng, wanita-wanita di atas. Siapa yang menyangka bahwa seorang wanita bisa 'segitunya' demi menggapai mimpi?

Sedikit banyak, 5 wanita di atas telah menjadi contoh dan mengubah stigma kaum laki-laki terhadap perempuan, geng.

Seiring berjalannya waktu, gerakan dan kampanye yang mendukung kesetaraan gender juga semakin digalakkan hingga wanita saat ini bisa lebih berdaya dari wanita-wanita di masa lalu.

Baca juga artikel seputar *Sejarah** atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 26t173425 645 D3f44
Ini Laptop Pertama di Dunia, Berbobot 24 Kilogram dan Dibanderol Seharga Mobil!
Page2 B8c01
7 Orang Asia Ini Berhasil Cetak Sejarah dalam Oscar 2021, Menang Besar!
Banner 6e293
7 Virus Paling Mematikan Sepanjang Masa, Virus Corona Paling Parah?
Banner A4ebf
7 Film Tentang Perang Dunia II yang Menyayat Hati, Sejarah Gelap & Kelam Manusia
6 Inovasi Teknologi Yang Merubah Total Sejarah Video Game 3b1ad
6 Inovasi Teknologi yang Mengubah Total Sejarah Video Game, Visioner Banget!
Gempa Bumi Terdahsyat 55312
10 Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal