J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Untung Rugi Jokowi Izinkan Asing Gali Harta Karun Indonesia | Sejarah Hilang Demi Uang?

Jumat, 5 Mar 2021, 16:30 WIB
Jokowi mengeluarkan Perpres yang menizinkan pihak asing mengeruk harta karun di Indonesia. Apa saja untung dan ruginya bagi negara?

Melalui aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah membuka 14 dari 20 jenis izin investasi.

Salah satu izin yang baru-baru ini jadi polemik adalah izin mengangkat barang berharga atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di Indonesia.

Pasalnya, Asosiasi Perusahaan Pengangkatan dan Pemanfaatan BMKT Indonesia (APPP BMKTI) menaksir jumlah harta karun bawah laut Indonesia mencapai 12,7 miliar dollar AS atau Rp127,6 triliun.

Seluruh harta karun tersebut tersebar di 464 titik lokasi kapal tenggelam yang berada di wilayah perairan di Indonesia.

Setiap lokasi BMKT tersebut, dari sisi ekonomi bernilai 80 ribu-18 juta dollar AS atau Rp258 juta-Rp1,1 triliun!

Jika dimanfaatkan sebagai sarana mendukung pariwisata, maka dapat menghasilkan 800-126 ribu dollar AS (Rp11,5 juta-Rp1,8 miliar) per bulan per lokasi harta karun.

Perlu Adanya Batasan Kebijakan

Harta Karun Indonesia Ada Dimana 84c66

Raja Oloan Saut Gurning, Pengamat Maritim asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), menyebut sebelum menentukan untung rugi kebijakan ini, wajib diketahui jika izin investasi dibuka untuk tiga tahap pengangkatan BMKT di antaranya tahap survei, pengangkatan, dan pemanfaatan.

Raja Oloan menganggap jenis investasi yang keluar dari DNI biasanya berarti investor boleh membuka badan usaha di Indonesia dengan ketentuan tertentu.

Kalau pemanfaatan diberikan secara bebas untuk investor asing dari awal hingga akhir, akan banyak ruginya daripada manfaat atas kebijakan Jokowi itu.

Tidak cuma nilai ekonomisnya akan lebih banyak dikeruk asing, tetapi negara ini juga harus rela kehilangan nilai sejarah, budaya, dan pengetahuan tak ternilai!

"Saya belum tahu, tapi kalau boleh investasi ketiganya itu jelas merugikan negara, kepentingan asing kalau UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya itu pengangkatan tidak diperkenankan oleh pribadi/badan usaha asing nah jadi harus dalam negeri," kata Raja seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Pemanfaatan nilai ekonomis bisa saja dilakukan, akan tetapi harus ada batasan yang tegas. Seperti seluruh jenis BMKT, hanya jenis tertentu yang boleh diangkat oleh swasta.

Potensi Hilangnya Sejarah dan Pengetahuan

Hukum Menemukan Harta Karun Di Indonesia D0303

Selan itu, barang yang dengan nilai sejarah tinggi dan identitas negara tidak boleh dijual bahkan dilelang kepada swasta atau dunia internasional.

Ekonom Indef, Tauhid Ahmad, bahkan merasa khawatir mengenai izin investasi ini akan berakhir pada eksplorasi berlebihan oleh pihak swasta.

Perpres yang dikeluarkan Jokowi sendiri di dalamnya tidak dirinci syarat yang diwajibkan kepada investor.

Menurut Tauhid, harusnya isi Perpres tidak ditutup-tutupi. Mestinya disampaikan kepada publik batasan apa saja yang dibolehkan kepada investor.

"Harus didiskusikan mana batasan-batasan yang boleh mana yang tidak, kalau tidak orang jadinya menafsir-nafsir sendiri ini apa sih?" tambahnya.

Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sempat mengonfirmasi kalau investor diperbolehkan 'mencari' harta karun di perairan Indonesia.

Namun, Bahlil mengklaim, kalau investasi ini, izinnya tidak diberikan secara mudah, harus ada tahap dan syarat tertentu yang bisa dipenuhi.

Sayangnya, penjelasan Bahlil ini, sama seperti Perpres, tidak dijelaskan lebih jauh syarat serta batasan apa saja yang diperbolehkan.

Tauhid mengingatkan jangan sampai lantaran demi mengoptimalkan sisi ekonomis BMKT, pemerintah malah kebablasan dengan memperjualbelikan sejarah Indonesia.

Apalagi pasar internasional, khususnya Eropa, akan sangat tertarik jika kesempatan ini dibuka.

"Repotnya dari sisi ekonomi mungkin bermanfaat, tapi sisi budayanya dan ilmu pengetahuan suatu saat akan hilang," katanya.

Tauhid melihat selama ini memang salah satu hal yang menghalangi pemerintah Indonesia menggali sendiri adalah adanya anggaran yang terbatas.

Pemerintah melalui Kementerian KKP pernah mencoba lakukan pengangkatan, tetapi beberapa proyek malah terbengkalai dan tak kunjung selesai.

Baca artikel mengenai Ragam atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

15 Situs Penghasil Uang Tercepat dan Terpercaya, Auto Kaya!

6 Aktris Indonesia Keturunan Jepang | Cantiknya Kawaii!

25 Film Psikopat Terbaik dan Tersadis 2021 Wajib Tonton, Bikin Insomnia!

Cara Daftar & Aktivasi m-Banking BCA Tanpa ke ATM, Aman & Cepat!

ARTIKEL TERKAIT
Roket Spacex Untuk Ke Mars Meledak Saat Landing Banner Ef2a9
Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret Banner 187c7
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret, Apakah Berbahaya?
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang Iphone Ini Alasannya Banner 0055f
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang iPhone, Selamat Datang di Tim Android!
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal