J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Tragedi Kapal Selam Paling Menyedihkan di Dunia, Terakhir KRI Nanggala-402!

Rabu, 28 Apr 2021, 15:05 WIB
Biarpun terbilang jarang terjadi, namun bencana tenggelamnya kapal selam selalu menyita perhatian publik karena banyaknya korban yang gugur.

Bencana kapal selam sudah beberapa kali terjadi di dunia. Walaupun bisa dikatakan jarang, tapi tragedi ini langsung menyita perhatian publik, mengingat banyaknya korban awak kapal yang gugur dalam tugas.

Faktor penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari human error hingga kesalahan teknis yang berakibat fatal pada badan kapal selam.

Di bawah ini, Jaka berhasil mengumpulkan deretan bencana kapal selam terburuk sepanjang sejarah dunia. Berikut info selengkapnya!

1. USS Thresher (1963)

Tragedi Kapal Selam 1 Ece5f

Di balik kecanggihan teknologi Amerika Serikat, negara adidaya ini ternyata juga pernah terpuruk akibat tragedi kapal selam terburuk di negara tersebut.

Pada tanggal 10 April 1963, kapal selam bertenaga nuklir USS Thresher mengalami permasalahan listrik yang fatal, menyebabkan armada ini meledak, pecah, kemudian tenggelam di Samudera Atlantik.

Akibat kejadian ini, sebanyak 16 perwira angkatan laut AS, 96 pelaut, serta 17 warga sipil tewas dalam bencana tersebut. Amerika pun sangat terpukul dan langsung membenahi alutsista kelautan mereka.

2. USS Scorpion (1968)

Tragedi Kapal Selam 2 E9b1f

Pada tahun 1967 dan 1968, tragedi kapal selam terjadi secara beruntun di beberapa kawasan dunia. Salah satunya yang paling viral adalah tragedi yang menimpa kapal selam Angkatan Laut AS, USS Scorpion.

Armada kebanggaan Amerika Serikat ini secara misterius menghilang di Samudera Atlantik pada tanggal 22 Mei 1968. Waktu itu, USS Scorpion membawa 99 awak kapal.

Yang menyedihkan, bangkai kapal tersebut ditemukan sekitar 5 bulan kemudian pada kedalaman 3000 meter. Seluruh awak kapal gugur dalam tugas, dan peristiwa ini menjadi tragedi non-perang terburuk dalam sejarah militer Amerika.

3. Eurydice (1970)

Tragedi Kapal Selam 3 Dc4da

Prancis juga menjadi salah satu negara yang terpukul akibat bencana tenggelamnya kapal selam Eurydice (S644) pada tanggal 4 Maret 1970.

Peristiwa ini terjadi secara mendadak saat armada tersebut sedang menyelam di sekitar laut Mediterannia. Yang menyedihkan, sampai sekarang tidak diketahui apa yang terjadi di dalam kapal, sehingga penyebab tenggelamnya masih misterius.

Sebanyak 57 awak kapal gugur dalam tugas. Bangkai kapal pun ditemukan sudah dalam kondisi pecah pada kedalaman 660 hingga 1100 meter, mengindikasikan bahwa kapal meledak sebelum akhirnya tenggelam.

4. K-278 Komsomolets (1989)

Tragedi Kapal Selam 4 5280c

Rusia, negara dengan kekuatan militer terbesar di Eropa dan Asia, juga sempat terpuruk dengan beberapa tragedi kapal selam, salah satunya adalah K-278 Komsomolets.

Pada tanggal 7 April 1989, kapal selam bertenaga nuklir yang membawa 49 awak ini mengalami permasalahan serius pada mesinnya, menyebabkan kebakaran hebat yang meluluhlantakkan seisi armada.

Akibat peristiwa ini, sebanyak 42 dari 49 awak gugur dalam tugas. Selain tewas karena terjebak di dalam kapal, sebagian lagi tewas membeku saat berusaha berenang ke tepian.

5. K-141 Kursk (2000)

Tragedi Kapal Selam 5 B5d4e

Selain K-278 Komsomolets, Rusia juga berduka atas tragedi yang menimpa kapal selam K-141 Kursk. Tragedi ini bahkan menjadi yang terburuk dalam sejarah militer Rusia.

Kapal selam bertenaga nuklir ini meledak dan tenggelam pada tanggal 12 Agustus 2000 setelah salah satu torpedonya mengalami kebocoran dan meledak sebelum diluncurkan.

Bencana ini menewaskan 118 awak kapal. Yang menyedihkan, saat kapal ini tenggelam, masih ada 23 awak yang masih bertahan hidup di kompartemen 9. Sayang, mereka pun gugur karena kekurangan oksigen.

6. ARA San Juan (2017)

Tragedi Kapal Selam 6 1cd24

ARA San Juan merupakan kapal selam bertenaga diesel milik Angkatan Laut Argentina. Armada ini terbilang cukup canggih dan menjadi andalan negara di Amerika Latin tersebut.

Naas, pada tanggal 15 November 2017, ARA San Juan menghilang secara tiba-tiba saat sedang berpatroli. Saat ini kapal membawa 44 awak.

Kemungkinan besar, kapal selam tersebut tenggelam karena adanya kesalahan listrik fatal di dalamnya. Bangkai kapal pun baru ditemukan setahun kemudian, memupuskan harapan akan adanya awak yang masih hidup.

7. KRI Nanggala-402 (2021)

Tragedi Kapal Selam 7 12f78

Terakhir, dunia dikejutkan dengan tragedi yang menimpa KRI Nanggala-402 asal Indonesia. Armada andalan TNI-AL ini sempat mengalami black out dan hilang kontak pada hari Rabu, 21 April 2021 pada pukul 3 dini hari.

Padahal waktu itu, armada sedang bersiap untuk melakukan latihan tempur rutin. Setelah dilakukan pencarian selama 4 hari, TNI pun menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 tenggelam.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan temuan badan kapal selam di kedalaman 858 meter. Sebanyak 53 awak gugur dalam tugas.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai deretan tragedi maut kapal selam di dunia. Semoga peristiwa ini bisa jadi catatan bagi pihak-pihak terkait untuk mencegah tragedi tersebut terulang lagi di masa depan.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal