Ternak Domba Gibas, Pemuda Milenial Kantongi Omzet Hingga Rp200 Juta Per Bulan

Default

Menjadi peternak adalah profesi yang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang, terutama bagi anak muda atau milenial masa kini.

Namun, berbeda halnya dengan pemuda asal Magelang ini. Menyadari akan pentingnya kelanjutan produksi pangan di Indonesia, pria ini justru bercita-cita menjadi pengusaha sukses di bidang pertanian.

Rayndra Syahdan Mahmudin, demikian nama pemuda tersebut. Cita-citanya itu sudah itu sudah ia pegang teguh sejak kecil.

Bahkan, ia sudah memulai kariernya sejak duduk di bangku kuliah, yakni saat ia menempuh pendidikan di Polbangtan Yoma Magelang.

Sembari kuliah, ketika itu ia sudah merintis berbagai macam usaha mulai dari ayam joper hingga berjualan sayur. Namun sayang, semua bisnisnya kala itu berakhir dengan kegagalan.

Tapi siapa yang bisa menyangka, belajar dari kegagalan sebelumnya, kini ia telah bangkit dan bisa dibilang sebagai peternak domba yang sukses.

Tidak tanggung-tanggung, sekarang pemuda ini bisa meraih omzet hingga Rp200 juta per bulan dari bisnisnya.

Bisnis Domba 1 6fb62

Saat ini, Rayndra sedang fokus untuk mengembangkan peternakan domba gibas miliknya. Bisnis domba itu terus ia kembangkan terutama dari sisi permodalan dan pemasarannya.

Tidak hanya itu, Rayndra juga cukup peduli dengan para petani lainnya. Ia juga memberdayakan petani di sekitar untuk menanam tanaman yang terkait dengan usaha ternak miliknya.

Biasanya, tanaman yang ditanam para petani itu antara lain adalah jagung dan kedelai.

"Nanti limbah pertaniannya bisa saya gunakan di peternakan. Ini sudah saya dampingi sekitar 200 petani," ujar Rayndra, dikutip dari kanal YouTube Kementerian Pertanian.

Dengan pemanfaatan limbah jagung itu, para petani yang saat musim kemarau tidak punya pendapatan bisa terbantu karena limbah jagung mereka dibeli oleh Rayndra.

"Kalau di luar Jawa, limbah jagung hanya dibuang, dibakar, padahal bisa digunakan untuk peternakan dan bisa menekan biaya pakan," katanya.

Lantas, dari sekian banyak kegagalan, mengapa Rayndra bisa meraih kesuksesan dengan beternak domba gibas?

Ternyata, jawabannya tak lain adalah karena hewan ternak itu lebih banyak diminati oleh masyarakat di Jawa Tengah. Di satu sisi, biaya pakan domba gibas juga terbilang murah lantaran bisa diambil dari limbah pertanian.

"Jadi menggunakan pohon jagung, kulit kedelai, ampas tahu, ketela, itu yang saya gunakan. Karena di dalam usaha peternakan, kita bisa menekan biaya produksi terutama di pakan, ini bisa menambah keuntungan," jelasnya.

Selain itu, Rayndra juga sengaja membuat kandang yang tidak perlu mengandalkan modal besar. Menurut Rayndra, hal itu dilakukannya agar para petani lain bisa meniru model kandang domba miliknya.

"Kalau petani desa mau belajar peternakan tapi investasi untuk kandangnya saja sudah mahal, mereka akan ragu untuk meniru saya," kata Rayndra.

"Meski kandangnya sederhana, tapi kita tetap memperhatikan pemeliharaannya agar sesuai SOP. Karena pada dasarnya prinsip kandang itu bisa digunakan untuk tempat berteduh dan hewan ternak merasa nyaman," tambahnya.

Dengan usahanya ini, Rayndra mengaku bisa menghasilkan omzet hingga Rp200 juta dalam sebulan. Bahkan jika menjelang Idul Adha, ia bisa meraup penghasilan sebesar Rp1,5 miliar per bulan.

"Buat teman-teman muda yang bingung mau kerja apa dan ingin sukses dengan cepat, sebenarnya dunia pertanian adalah salah satunya. Sekarang kita sedang krisis petani muda," pungkas Rayndra.

Kolom deskripsi: Ia ingin membuktikan kalau petani juga merupakan profesi yang menjanjikan.

BACA JUGA

13 Foto yang Saking Sempurnanya Sampai Dikira Hasil Editan | Kuncinya Adalah Timing!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Alih Profesi Sebagai Seorang Dosen | Dedikasi Pada Dunia Pendidikan!

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

7 Artis Ini Tak Mau Ekspos Wajah Anak di Hadapan Publik | Alasannya karena Privasi

ARTIKEL TERKAIT
Banner Sangkutifarm Memelele
Hahaha! Ini Dia 10 Meme Ternak Lele Kocak Yang Lagi Trending
Nisin Sunito Pemilik Peternakan Sapi Horz 36e7c 21c27
Kisah Pengusaha Indonesia Punya Peternakan Sapi Terbesar di Australia | Areanya Seluas Singapura!
Saipollembu05 Horz 8f61e
Pria Lulusan SD ini Sukses Jadi Peternak Sapi, Penghasilannya Kini Miliaran Rupiah
Cara Melihat Insight Instagram D699b
Cara Melihat Insight Instagram | Kelola Bisnis IG dengan Mudah!
Cara Menghitung Laba Dan Rugi 8a7ae B86c5
Cara Menghitung Laba Rugi | Bisnis Maju atau Mundur?
Tags Terkait: ternakhewanFinansial
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal