Ssstt... 6 Suku di Indonesia ini Ilmu Hitamnya Ngeri Banget! | Berani Nantangin?

Default

Menurut sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, tercatat ada 1.340 suku bangsa atau kelompok etnik di Indonesia yang semuanya tersebar ke berbagai penjuru Nusantara.

Semua suku di Indonesia punya karakteristik unik dan tradisi khas nya masing-masing, tetapi ada satu hal yang kompak dimiliki oleh beberapa suku.

Yup, hal tersebut adalah penggunaan ilmu hitam untuk mencapai tujuan tertentu, dari asmara hingga harta dan tahta.

Zaman yang semakin modern memang menggerus praktek ilmu hitam di banyak wilayah dan lapisan masyarakat, tetapi guna-guna nan keji ini nyatanya masih dapat ditemukan dengan mudah, loh.

Dari banyaknya suku di Tanah Air, setidaknya ada 6 suku yang diduga masih menguasai ilmu hitam. Dijamin bikin kamu nggak mau cari masalah, ini dia ulasannya!

1. Suku Baduy, Banten

Suku Baduy E8e8c

Sumber foto: Detik

Sudah berapa banyak cerita mulut ke mulut yang kamu dengar tentang kehidupan Suku Baduy yang tertutup dan jauh dari hiruk pikuk dunia modern?

Meski saat ini mereka sudah mulai membuka diri dengan dunia luar, budaya yang dimiliki Suku Baduy masih tetap terjaga, salah satunya ilmu-ilmu gaib.

Dari debus, santet, pelet, hingga bekal untuk menjadi ahli nujum, semuanya bisa dipelajari di sana.

Berkat banyaknya keterampilan gaib ini, kediaman suku Baduy udah cocok jadi "universitas" bagi mereka-mereka yang ingin menguasai ilmu hitam - biasanya sih, para penjahat.

Saking saktinya, seseorang harus siap-siap menyambut malapetaka kalau berani cari masalah dengan orang Baduy. Bisa jadi mereka tertimpa sakit, bahkan nyawa jadi taruhannya!

2. Suku Asmat, Papua

Suku Asmat Da92f

Sumber foto: Siaga Bencana

Menyinggung perasaan orang dari Suku Asmat sama saja meminta hadiah berupa penyakit, kemiskinan, kecelakaan, dan lainnya yang bisa mereka kirim dengan mudah.

Ilmu mistis yang dimiliki orang-orang Asmat tersebut nggak hanya dilakukan untuk membalas perlakuan tak menyenangkan, tetapi juga untuk menjaga alam agar tak dirusak.

Suku Asmat yang begitu menghormati leluhur akan marah jika ada alam yang dirusak, karena itu sama saja merusak tempat tinggal dewa-dewa mereka.

Selain sihirnya yang dahsyat, orang Asmat juga dapat menemukan barang hilang dengan gampangnya serta mendatangkan hujan petir. Wow!

3. Suku Dayak, Kalimantan

Suku Dayak C8691

Sumber foto: Borneo 24

Waduh, yang satu ini sih, udah terkenal banget akan kemampuan guna-gunanya yang bikin musuh Suku Dayak ketakutan sampai minta ampun.

Santet milik suku asli Kalimantan yang amat disegani ini efeknya luar biasa, bisa bikin lawan mati rasa, tubuh membiru, hingga linglung seperti zombie!

Salah satu kemampuan santet Dayak yang terkenal adalah mandau terbang, di mana sang empunya ilmu nggak perlu kejar-kejaran sama musuh untuk membalasnya, geng.

Sesuai namanya, cukup utus mandau untuk terbang menuju target yang diinginkan. Si mandau yang terbang sendiri itu akan 'mengurus sisanya'. Gokil, kan?

Nah, mandau terbang ini terkadang juga dikirim untuk melindungi orang-orang terdekat agar tetap aman saat berkelana menyusuri hutan, loh.

4. Suku Osing di Banyuwangi

Suku Osing Aba50

Sumber foto: Lokadata

Kalau Banten dirasa terlalu jauh untuk belajar santet, kampung tempat Suku Osing di Banyuwangi adalah pilihan tepat untuk jadi pro di bidang santet menyantet.

Suku yang mendiami Banyuwangi ini memang dikenal sebagai pusat dukun santet level dewa, geng. Pelet Jaran Goyang yang terkenal itu juga berasal dari sini, loh!

Kurikulum santet milik Suku Osing juga komplit dan detail, bahkan dibagi menjadi empat jenis.

Ada santet putih untuk melancarkan bisnis, santet kuning untuk membuat orang lain menyukai kita, santet merah untuk membalas dendam tanpa menewaskan musuh, hingga santet hitam untuk balas dendam hingga musuh tutup usia.

Hmmm, komplit banget dan bisa mengakomodir segala kebutuhan ya, geng. Kalau gitu, Jaka mau coba santet kuning biar banyak yang suka. Xixixi.

5. Suku Batak, Sumatera Utara

Suku Batak 94c3d
Sumber foto: Phinemo

Ilmu hitam juga bisa mencakup memelihara makhluk gaib, seperti yang dilakukan oleh sejumlah orang Suku Batak yang memelihara Begu Panjang.

Makhluk yang namanya berarti "Setan Panjang" tersebut memiliki rupa mirip manusia, namun memiliki tangan dan kaki yang panjang banget.

'Peliharaan' orang Batak ini dipercaya dapat mencabut nyawa. Siapapun yang melihat penampakannya, diyakini akan meninggal beberapa hari kemudian.

Para pemiliki Begu Ganjang biasanya mengutus peliharaannya untuk mendatangi orang yang mereka nggak suka. Baik-baik deh, sama Suku Batak!

Btw, pada tahun 2006 lalu, salah seorang wakil dari Suku Batak dinobatkan jadi ketua paranormal sedunia di Jerman, mengalahkan suku Voodoo yang terkenal itu. Horas, bah!!!

6. Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Suku Kajang 130db

Sumber foto: Good News From Indonesia

Daerah pedalaman Kabupaten Bulukumba juga punya suku bangsa yang nggak kalah sakti dalam dunia ilmu hitam, yakni Suku Kajang.

Masyarakat Kajang identik dengan baju serba hitam yang melambangkan kesederhanaan, kesetaraan, dan kematian yang dapat datang tiba-tiba. Filosofinya bagus banget, kan?

Namun, dibalik citra bijak dan kalemnya, orang Kajang punya ilmu andalan bernama doti yang bisa menciderai bahkan merenggut nyawa seseorang.

Tak perlu sudah-susah, cukup sediakan foto bertuliskan nama korban, seekor ayam putih, dan segelas air putih, lalu pasien disembur. Eh, maksudnya, korban dijamin meninggal!

Bukan cuma dapat mengambil nyawa orang lain dengan mudah, mereka juga punya ilmu kebal yang bikin musuh ketar-ketir kalau berantem. Bahaya banget, deh!

Akhir Kata

Waduh... Nggak main-main nih, ilmu hitam yang disebut-sebut masih dimiliki oleh orang-orang dari 6 suku di atas. Ngeri semua!

Walau zaman udah modern, jika rasa cinta atau benci begitu kental, tetap saja ilmu hitam jadi pilihan meski cara-cara keji harus ditempuh.

Ini sih judulnya cinta ditolak, dukun bertindak; benci meradang, santet siap menyerang!

Baca juga artikel seputar Suku atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Bajaudiver 1000x563 Stage Picsay D37e5
Punya Mata Super! 5 Suku di Dunia Ini Memiliki Kemampuan Ajaib, Ada Wakanda?
Untitled Design 2021 04 29t162232 081 Dc08f
Bekas Tragedi, Ukraina Perjuangkan Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO
Untitled Design 2021 04 28t154107 262 98a80
Rumah di Sicilia, Italia Dibanderol Seharga 1 Euro Saja | Gak Pusing Bayar Cicilan!
Untitled Design 2021 04 29t114719 434 3b90c
Hati-hati Pakai Telegram, Ada Trojan ToxicEye yang Bisa Hack Akun Kamu!
Untitled Design 2021 04 27t233612 272 Aa0fd
Wow, 7 Tanaman Ini Mirip Organ Tubuh Manusia | Ada Yang Bikin Salah Fokus!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal