Kenalan dengan Sudirno, Sosok Perancang Gambar Uang Rupiah | Kini Hidupnya Sederhana

Default

Apakah kamu pernah penasaran dengan sosok yang ada di balik desain uang rupiah yang selama ini kita gunakan sehari-hari?

Para perancang gambar uang rupiah sepanjang sejarah Indonesia jumlahnya cukup banyak. Salah satunya adalah seorang pria bernama Sudirno.

Dilansir Detik.com, Sudirno yang kini berumur 79 tahun tersebut merupakan salah satu sosok di antara puluhan anak bangsa yang berjasa dalam pembuatan uang rupiah.

Ia merupakan perancang gambar uang kertas. Beberapa gambar karyanya terbit di atas uang pecahan Rp1.000 bergambar dr Sutomo dan Rp10.000 bergambar RA Kartini. Kedua pecahan uang tersebut terbitan tahun 1980.

Baginya, alat pembayaran tersebut merupakan salah satu prasasti hidupnya. Bisa terlihat dengan jelas di pojok kiri bawah cetakan uang tersebut, tertulis :Sudirno Del.

"Del itu singkatan dari bahasa Latin Delinavit. Artinya perancang uang," kata Sudirno seperti dikutip dari Detik.com, Senin (16/8/2021).

Uang Pecahan 1000 Yang Rancangannya Dibuat Sudirno Detik Com Ff444

Berawal dari kerja di percetakan

Awal mula Sudirno bisa jadi seorang penggambar uang rupiah adalah ketika dirinya merantau ke Jakarta tahun 1965. Saat itu, Sudirno baru saja lulus SMA di Madiun.

Selepas sekolah, pria kelahiran Pacitan, 9 Juni 1942 ini mengadu nasib ke Jakarta. Saat itu ia dibantu oleh rekan kakaknya yang berstatus anggota Brimob.

Hanya berbekal ijazah SMA, Sudirno kerja serabutan. Ia tinggal sementara di asrama Brimob.

Sebagai perantau, ia belum memiliki pengalaman hidup di kota. Saat ingin melamar pekerjaan pun ia hanya bisa mengandalkan naluri dan keyakinan.

"Waktu itu kerjaan saya muter-muter (mencari lowongan) dan juga bantu-bantu orang sekitar asrama," papar Sudirno.

Kesulitan selama hidup di perantauan tak membuat Sudirno patah semangat. Usahanya pun membuahkan hasil. Ia mendapat pekerjaan di sebuah percetakan di kawasan Jakarta Selatan bernama Percetakan Kebayoran.

Cinta dengan kesenian

Berbekal kesukaan dan keahlian menggambar sejak kecil, ia pun melamar ke percetakan tersebut. Untungnya ia berhasil diterima. Saat itu ia menunjukkan karyanya berupa lukisan sketsa menggunakan pensil yang dibuat di atas kertas polos.

Usut punya usut, kantor percetakan tersebut merupakan kantor yang kelak jadi Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

"Waktu itu saya menggambar Jenderal Soedirman," tutur Sudirno.

Namun, ia tak serta merta dapat tugas menggambar desain uang. Tugas pertama Sudirno justru adalah bersih-bersih ruangan.

Setelah itu barulah perlahan ia ditugasi membuat desain uang. Sudirno pun seakan menemukan dunianya yang sejati. Ia mengaku kerap mendapatkan ide untuk desain uang ini dari perenungannya sendiri.

Ia memang punya kecintaan dalam terhadap seni rupa, termasuk menggambar. Itulah yang membuat Sudirno tekun menjalani profesinya ini hingga ia pensiun di tahun 2000 silam.

Bakat seni bapak 5 anak ini memang sudah tampak sejak kecil. Selama duduk di bangku SD saja, Sudirno kecil selalu meraih juara menggambar. Hal ini yang membuatnya tetap bisa menikmati pekerjaannya sebagai perancang desain uang kertas.

Sudirno tak hanya cinta pada aktivitas menggambar saja. Ia juga seorang yang multitalenta. Sudirno juga mahir bernyanyi dan menari. Bahkan, ia mengaku sempat beberapa kali tampil di Taman Ismail Marzuki.

Uang Hasil Rancangan Sudirno Pecahan 1000 Dan 10 000 Detik Com 67b02

Tetap mementingkan pendidikan

Di ruang tamu rumahnya yang sederhana, Sudirno memiliki banyak sekali koleksi buku dari beragam disiplin ilmu. Pemandangan itu seakan menggambarkan luasnya cakrawala pengetahuan sang pemilik.

"(Buku-buku) itu peninggalan waktu masih kuliah. Memang suka baca," tutur Sudirno.

Menikmati profesinya sebagai perancang gambar uang rupiah tak membuat Sudirno melupakan pendidikan. Ia tak mau hanya memiliki ijazah SMA. Alhasil ia pun berusaha melanjutkan pendidikan tinggi.

Ia berkuliah di Sekolah Tinggi Grafika Indonesia. Perguruan tinggi tersebut berada di bawah naungan Universitas Indonesia. Sudirno pun berhasil lulus dan mendapat gelar Insinyur Teknik Grafika.

Bukti kesuksesannya dalam hidup pun tak lupa ia pajang di rumahnya. Terdapat banyak deretan piagam penghargaan dan juga saksi bisu berupa potret Sudirno muda mengenakan seragam dan dasi.

Tak itu saja, ia juga pernah menjalankan tugas negara di berbagai negara. Misalnya, Amerika, Rusia, Inggris, serta sebagian besar negara di Asia dan Afrika.

Kini, Sudirno yang sudah pensiun cukup lama hanya menikmati hari tuanya dengan hidup sederhana di kampung halaman. Tepatnya di Dusun Selur, Desa Petungsinarang, Kecamatan Bandar, Pacitan, Jawa Timur.

Baginya, jadi perancang uang merupakan pengalaman berharga sekaligus tak terlupakan. Hal itu bukan sekadar untuk mencatatkan namanya dalam sejarah saja. Namun juga merupakan bentuk pengabdian pada Ibu Pertiwi.

"Pesan saya untuk generasi muda, jangan tinggal diam. Tiap sehari semalam harus ada yang bisa kita lakukan untuk bangsa kita," tutup Sudirno penuh semangat.

BACA JUGA

Jadi Tamu Pernikahan, 6 Artis Ini Malah Saingi Penampilan Pengantin! Gak Kalah Heboh

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

5 Penyanyi Dangdut yang Pernah Merasakan Kerasnya Kehidupan | Sampai Putus Sekolah?

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Bos Semut Rangrang Terjerat Utang Rp1,5 Triliun | Nyicil Rp1 Miliar Per Hari?

ARTIKEL TERKAIT
Mata Uang Terendah Di Dunia D7905
7 Mata Uang Terendah di Dunia, Ada Rupiah Indonesia!
Tak Cuma Bitcoin Ini 7 Mata Uang Digital Yang Paling Bernilai Di Dunia
Tak Cuma Bitcoin, Ini 7 Mata Uang Digital yang Paling Bernilai di Dunia
41ad941b247fca666b538680e938b95e
Ternyata Gak Cuma Bitcoin, Ini 4 Mata Uang Virtual Paling Bernilai Lainnya
Aplikasi Desain Grafis Banner 2d5fe
10 Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Android dan PC | Download Gratis!
Page5 Eedd9
Lama Menghilang, 5 Aktor Terkenal Ini Ternyata Diam-Diam Sudah Pensiun!
Aplikasi Baca Novel Gratis C5342
17 Aplikasi Baca Novel Online Terbaik & Terlengkap 2021, Gratis!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal