7 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia, Indahnya Seperti di Surga!

Default

Selain Tujuh Keajaiban Dunia Baru yang pernah Jaka tulis di artikel ini, kamu juga harus mengetahui dan memahami lebih banyak tentang daftar Situs Warisan Dunia.

Diinisiasi oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Situs Warisan Dunia hendak mempromosikan tempat yang mencerminkan suatu budaya dan alam, serta warisan luhur para pendahulu untuk generasi selanjutnya.

Situs Warisan Dunia UNESCO sendiri dikelompokkan dalam tiga kategori utama, yakni situs budaya, situs alam, dan campuran di antara keduanya.

Indonesia sendiri patut berbangga karena banya destinasi wisata terbaiknya masuk dalam Situs Warisan Dunia. Penasaran di mana saja? Berikut beberapa di antaranya!

1. Taman Nasional Gunung Leuser - Aceh & Sumatera Utara

Situs Warisan Dunia 1 A8955

Situs Warisan Dunia pertama yang harus kamu kunjungi terletak di perbatasan provinsi Aceh dan Sumatera Utara bernama Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Taman nasional yang punya luas 1.094.692 hektar ini menjadi rumah bagi orang utan Sumatera. Tidak hanya itu, gajah Sumatera juga banyak yang hidup dan berkembang biak di sini.

Nggak heran, kawasan TNGL menjadi pusat riset para ilmuwan terhadap orang utan dan gajah khas Sumatera. Jadi tak hanya alamnya yang indah, potensi pengembangan ilmu pengetahuan di sini juga sangat besar.

2. Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto - Sumatera Barat

Situs Warisan Dunia 2 48189

Percayakah kamu bahwa bekas tambang batubara juga menjadi salah satu Situs Warisan Dunia? Yap! Cobalah kamu mengunjungi Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang terletak di Sumatera Barat.

Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2019, kamu bisa menemukan perpaduan ilmu teknik pertambangan Eropa dengan ilmu kearifan lingkungan lokal.

Tidak hanya itu, desain tambang bisa dikatakan bagus dan instagenik. Kamu bahkan bisa berfoto-foto di dalamnya sambil mengagumi kecerdasan nenek moyang kita di saat itu.

3. Candi Borobudur - Jawa Tengah

Situs Warisan Dunia 3 03871

Siapa sih yang nggak familier dengan Candi Borobudur? Bangunan bersejarah yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini sudah sangat terkenal hingga ranah internasional, loh!

Memiliki luas 123x123 meter, candi Buddha terbesar di dunia ini didirikan pada masa Dinasti Mataram Kuno sekitar abad ke-7 hingga 8 Masehi.

Borobudur ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Arca dan reliefnya menjadi pembelajaran kebudayaan yang sangat berharga di masa kini.

4. Situs Manusia Purba Sangiran - Jawa Tengah

Situs Warisan Dunia 4 2cc2a

Bagi kamu yang gemar mempelajari tentang kehidupan manusia purba, maka kamu wajib banget mengunjungi Situs Manusia Purba Sangiran yang berada di provinsi Jawa Tengah.

Bahkan menurut laporan UNESCO di tahun 1995, Sangiran menjadi situs terpenting di dunia untuk mempelajari manusia purba, bahkan lebih baik dibanding situs-situs purbakala lainnya, seperti di Zhoukoudian (Cina), Willandra Lakes (Australia), bahkan Sterkfontein (Afrika Selatan).

Di sinilah, para arkeolog menemukan manusia purba Homo erectus berjenis Pithecanthropus erectus dan Meganthropus palaeojavanicus yang sangat langka. Menakjubkan!

5. Cultural Landscape Subak - Bali

Situs Warisan Dunia 5 D2933

Bali memang terkenal sebagai surganya tempat wisata, mulai dari situs peribadatan hingga alamnya tak pernah bosan untuk dikunjungi. Tak hanya itu, sawahnya yang berundak-undak juga tak kalah indahnya!

Nah, pada tahun 2012 lalu, UNESCO secara resmi menetapkan lanskap pedesaan dan sawah bertingkat di Bali sebagai Situs Warisan Dunia. Konsep penataan sawah yang bernama subak ini memang unik dan penuh dengan makna simbolis tentang persatuan antara Sang Pencipta dan ciptaan-Nya.

Beberapa tempat yang masuk sebagai Situs Warisan Dunia adalah persawahan Tegallalang, Pura Tirta Empul, Pura Pegulingan, Pura Mangening, dan Candi Gunung Kawi yang terletak di kawasan Subak Pakerisan.

6. Taman Nasional Komodo - NTT

Situs Warisan Dunia 6 98a9b

Seperti namanya, pulau yang berlokasi di ujung barat Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjadi tempat tinggal hewan endemik khas Indonesia, yakni komodo.

Tidak hanya dapat melihat hewan ini dari jarak dekat, kamu juga bisa melihat berbagai macam penelitian intensif mengenai komodo sekaligus eksistensinya sejak zaman purba.

Yang paling penting, kamu bisa menikmati pemandangan alamnya yang paripurna, salah satunya adalah pantai berpasir pink yang disebut sebagai Pink Beach.

7. Taman Nasional Lorentz - Papua

Situs Warisan Dunia 7 04412

Taman Nasional Lorentz adalah salah satu Situs Warisan Dunia terindah yang dimiliki Indonesia. Berlokasi di Papua, kawasan seluas 2,4 juta hektar tersebut merupakan gerbang masuk menuju Puncak Cartenz, puncak tertinggi di Indonesia.

Kerennya lagi, Puncak Cartenz sejauh ini adalah satu-satunya tempat di Indonesia di mana kamu bisa melihat salju abadi dan gletser, mengingat titik bekunya sudah di atas 0 derajat Celcius.

Jika mendaki ke Puncak Cartenz bukan agendamu, kamu masih bisa menyaksikan deretan pemandangan alam yang asri, lengkap dengan flora dan faunanya yang cantik dan indah.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai daftar Situs Warisan Dunia yang berada di Indonesia. Tunggu apalagi, segera atur budgetmu untuk berwisata ke sana!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal