5 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Indonesia, Termasuk Kerajaan Ubur-Ubur!

Sepanjang sejarah Indonesia, tercatat sudah ada beberapa sekte sesat yang meresahkan publik. Sekte-sekte ini dianggap menyimpang dari nilai moral, budaya, serta agama yang dianut.

Tidak hanya itu. Tokoh-tokoh sekte kerap membuat gempar Indonesia karena melakukan tindakan-tindakan yang membuat warga panik. Nggak heran mereka kerap diringkus bersama pengikut mereka.

Nah, kali ini Jaka sudah berhasil mengumpulan daftar sekte sesat yang pernah ada dan berkembang di Indonesia. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Kerajaan Lia Eden

Sekte Sesat 1 C9e15

Masih ingat kasus Lia Eden sekitar tahun 2000an? Saat itu, perempuan bernama asli Lia Aminudin ini membuat gempar masyarakat mengaku sebagai penyebar wahyu Tuhan dan reinkarnasi Bunda Maria.

Berkat pengakuan ini, ia berhasil mengumpulkan 100 penganut pada awal pendiriannya. Yang lebih mencengangkan, para pengikutnya terdiri dari cendekiawan, artis, hingga pelajar, loh!

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah melarang perkumpulan ini di tahun 1997. Lia Eden pun sudah beberapa kali sampai masuk penjara karena terbukti menyebarkan aliran sesat. Konon peristiwa ini jadi inspirasi beberapa film Indonesia tentang agama. Menarik sekali ......

2. Sekte Satria Piningit Weteng Buwono

Sekte Sesat 2 59804

Pada tahun 2005, masyarakat Indonesia juga dihebohkan dengan sebuah sekte sesat yang bernama Satria Piningit Weteng Buwono.

Sekte ini didirikan oleh seorang pria bernama Agus Imam Solihin. Yang bikin lebih heboh, ia mengaku sebagai tuhan dan 'Imam Mahdi'. Ia juga mengaku sebagai keturunan Soekarno.

Yang mengerikan, ia mengajarkan kepada pengikutnya untuk meninggalkan salat dan puasa. Ia bahkan mengajak pengikutnya melakukan hubungan seksual ramai-ramai dalam satu ruangan.

Tentu saja, sekte ini sudah dilarang keras oleh Pemerintah. Agus akhirnya menyerahkan diri setelah menjadi buron. Ia diadili dengan hukuman penjara 2 tahun 6 bulan.

3. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)

Sekte Sesat 3 8d4a3

Sekte ini pertama kali muncul ke publik saat Bareskrim Polri menerima laporan tentang adanya aliran sesat pada 14 Januari 2016.

Sekte ini dipimpin Ahmad Musadeq. Ia mendirikan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sambil mengklaim bahwa dirinya adalah nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

Yang mengejutkan, Gafatar mengklaim memiliki anggota dengan jumlah yang banyak, mulai dari 40 sampai 50 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekte ini dianggap meresahkan, mengingat banyaknya orang dilaporkan hilang setelah ikut Gafatar, sehingga sekte ini dilarang oleh Pemerintah.

4. Kerajaan Ubur-Ubur

Sekte Sesat 4 3a607

Ketika mendengar namanya, kita sekilas teringat dengan kartun favorit Spongebob Squarepants. Kenyataannya, nama sekte ini memang betul-betul ada di Indonesia.

Sekte ini didirikan oleh pasangan suami istri bernama Rudi dan Aisyah. Aisyah sendiri mengaku sebagai Ratu Kidul yang menganut agama Sunda Wiwitan, yang mana mengakui Alquran dan Allah SWT.

Uniknya, Aisyah percaya jika Allah SWT memiliki makam menyerupai petilasan. Ia pun juga meyakini kalau Nabi Muhammad berjenis kelamin perempuan.

Kebanyakan anggota aliran sesat ini merupakan warga Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut polisi, mereka diduga adalah sindikat penipuan yang membawa-bawa agama.

5. Hakekok

Sekte Sesat 5 8017b

Nah, yang paling baru adalah aliran Hakekok. Muncul ke permukaan pada awal 2021, aliran ini dipimpin oleh seorang pria bernama Arya asal Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Uniknya, aliran ini mengharuskan pengikutnya telanjang dan mandi bersama-sama dalam 1 tempat. Konon ritual mandi bersama ini merupakan bagian dari ajaran Balatasuta dengan mengadopsi dari ajaran Hakekok.

Tentu saja aliran ini sudah dinyatakan terlarang oleh Pemerintah, dan para pengikutnya yang berjumlah sekitar 16 orang beserta si pendiri sedang dibina lebih lanjut.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka sekte-sekte sesat yang pernah ada dan eksis di Indonesia. Tetap berhati-hati, ya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

5 Penemuan Aneh Tapi Jenius Banget, Bikin Hidup Anti Ribet!

Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?

7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal