Gara-gara Saham Meta Anjlok, Mark Zuckerberg Kehilangan Rp417 Triliun

Default

Mark Zuckerberg, CEO Facebook kehilangan harta kekayaannya sebesar USD29 miliar atau sekitar Rp417 Triliun pada Kamis (03/02/2022). Kerugian yang ia alami terjadi lantaran saham Meta merosot.

Dikutip Reuters, saham Meta Platforms Inc. menandai rekor penurunan satu hari menyusul perkiraan pendapatan mengecewakan yang mengguncang lanskap teknologi global.

Saham Meta anjlok sebesar 26%, menghapus lebih dari USD200 miliar dalam penghapusan nilai pasar satu hari terbesar yang pernah ada untuk perusahaan AS. Ini menurunkan kekayaan bersih pendiri dan Chief Executive Officer Zuckerberg menjadi USD85 miliar, menurut Forbes.

Mark Zuckerberg memiliki sekitar 12,8% dari raksasa teknologi yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook.

Tercatat dalam sejarah bahwa penurunan kekayaan tidak hanya dialami oleh Mark Zuckerberg. Elon Musk pun pernah mengalami nasib yang sama.

Penurunan kekayaan dalam satu hari adalah salah satu yang terbesar yang pernah ada dan terjadi pada bos Tesla Inc itu, di mana ia kehilangan dalam satu hari senilai USD35 miliar pada November 2021.

Musk, orang terkaya di dunia, kemudian mensurvei pengguna Twitter apakah dia harus menjual 10% sahamnya di pembuat mobil listrik. Saham Tesla belum pulih dari aksi jual yang dihasilkan.

Kembali lagi ke Zuckerberg, setelah penghapusan USD29 miliar, suami dari Priscilla Chan itu berada di tempat kedua belas dalam daftar miliarder real-time Forbes.

Metaverse1 Custom 46a2c
Sumber foto: Fossbytes

Website Businessinsider mengungkapkan, Meta, yang sebelumnya bernama Facebook mengatakan pada Rabu malam bahwa saingan seperti TikTok memakan pendapatannya dan bahwa jumlah pengguna di situs media sosial telah jatuh untuk pertama kalinya dalam catatan.

Jika pelemahan saham terus berlanjut, Zuckerberg kemungkinan akan keluar dari daftar 10 orang terkaya dunia untuk pertama kalinya sejak 2015, menurut data dari Bloomberg Billionaires Index.

Kendati ia kehilangan sejumlah besar kekayaannya, namun Zuckerberg masih jauh lebih kaya dibandingkan sebelum pandemi virus corona dimulai pada Februari 2020, saat kekayaan bersihnya mencapai sekitar USD77 miliar. Ia memperoleh hampir semua kekayaannya dari 14% saham di Meta.

Konsep Metaverse yang Digaungkan Meta

Metaverse ialah istilah yang merujuk pada dunia virtual, di mana umat manusia bisa melakukan segala macam aktivitas di sana layaknya kehidupan nyata berkat bantuan teknologi canggih.

Istilah tersebut menjadi semakin trending setelah Mark Zuckerberg mengumumkan penggantian nama perusahaan teknologi miliknya, Facebook, menjadi Meta yang terinspirasi dari nama jagad semesta maya baru itu.

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun saling terhubung satu sama lain, di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Istilah "metaverse" sendiri bisa ditemukan di beberapa novel sci-fi jadul, misalkan saja Snow Crash garapan Neal Stephenson yang rilis pada 1992, atau yang terbaru seperti Ready Player One karya Earnest Cline di 2011.

Konsep dunia komunitas virtual semacam ini bukan hal yang baru. Sejak kemunculan dan perkembangan internet di 1990-an, beragam komunitas online bermunculan lewat beberapa platform media sosial yang eksis saat itu, contohnya AOL Instant Messenger.

Perkembangan internet yang kian pesat juga mendukung kemunculan game-game berbasis dunia virtual, salah satunya yang pertama muncul adalah World of Warcraft (WoW) yang berjaya pada awal dekade 2000-an.

Baca juga artikel seputar Tokoh, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Serangan DDoS Hacker AS Bikin Lumpuh Internet di Korea Utara, dalam Rangka Balas Dendam?.

Apa Itu The Picture NASA Took on My Birthday yang Viral di Media Sosial? Begini Cara Membuatnya

Apa Itu Nationality Challenge? Tren Filter Terbaru yang Seru, Viral di Instagram dan TikTok

Selain Elon Musk, Jack Sweeney Lacak Pesawat Jeff Bezos, Donald Trump, dan Ratusan Lainnya!

NASA Tunda Roket Artemis 1 untuk Luncurkan Manusia ke Bulan, Apa Alasannya?

Stasiun Luar Angkasa Bakal Berakhir di 2031, Diceburkan ke Laut!

ARTIKEL TERKAIT
Aset Kripto Paling Cuan Cce6f
4 Aset Kripto Berbasis Metaverse yang Menjanjikan, Tips Biar Cuan Banyak!
Cara Membeli Tanah Di Metaverse Aef41
Bisa Jadi Investasi, Ini Cara Mudah Membeli Tanah Virtual di Metaverse!
Toko Virtual Samsung 71948
Buka Toko Virtual di Decentraland, Samsung Kini Ikut Bergabung Ke Metaverse!
Msi Seri Laptop Gaming Dan Creator Baru 2022 1e385
Daftar dan Spesifikasi Laptop MSI Terbaru 2022 Indonesia, Siap Akomodasi Gamer dan Kreator Metaverse!
Google Siapkan Kacamata Pintar 07c39
Google Akuisisi Perusahaan Kacamata Pintar North, Tanda Gabung Metaverse?
Next Earth 1a1bf
Next Earth: Metaverse dengan Tanah Virtual Sebagai NFT Menjanjikan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal