Cerita Perjalanan 16 Jam Naik Bus ke Rute Paling Sunyi dan Berbahaya di Dunia, Dalton Highway

Seorang penulis travel bernama Brendan Sainsbury membagikan ceritanya bepergian menaiki bus ke rute paling sepi di dunia melalui sebuah artikel BBC.

Perjalanan tersebut dilakukan menggunakan layanan bus paling utara di Amerika Utara, yaitu Dalton Highway Express yang menempuh jarak 500 mil atau 805 kilometer dari Fairbanks, Alaska, hingga ke sebuah pemukiman bernama Deadhorse.

Ekspedisi yang memakan waktu 16 jam itu pertama-tama membawa Sainsbury melintasi daerah tundra yang dingin, luas, tanpa pohon, dan terasa mencekam.

Dalton Highway 1 13d2e

Suasana mengerikan semakin terasa kala dirinya menjadi satu-satunya penumpang di dalam bus, setelah seorang penumpang asal Kanada turun beberapa jam sebelumnya di sebuah daerah bernama Coldfoot.

Bus tersebut berkendara ke utara melintasi perkemahan terakhir dan pohon-pohon cemara yang tampaknya begitu putus asa, sampai-sampai ditandai "jangan ditebang".

Dalton Highway merupakan jalan interkoneksi di bagian paling utara Amerika yang membentang sejauh 414 mil dari Livengood di utara Fairbanks ke ladang minyak Prudhoe Bay di Deadhorse.

Tak hanya terletak paling ujung, Dalton Highway juga dapat dikatakan sebagai yang paling berbahaya.

Dalton Highway 4 4ca3b

Jalanannya yang tak beraspal biasa dilintasi truk-truk besar dengan 18 roda, badai Arktik yang dapat mengurangi jarak pandang hingga hampir nol, belum lagi cuacanya yang bisa menjadi sangat dingin.

Bahkan, Cat Prospect Camp yang berada di sebelah selatan Coldfoot pernah mencatat suhu paling rendah di Amerika Serikat pada tahun 1971, mencapai angka -62 derajat celsius.

Dalton Highway dibangun pada tahun 1974 sebagai jalur transportasi untuk ladang minyak Teluk Prudhoe yang merupakan sumber kehidupan ekonomi Alaska dan pemasok hampir 85% dari anggaran negara bagian.

Awalnya jalan raya tersebut hanya digunakan sebagai jalur angkut oleh truk, tetapi pemerintah kemudian membuka jalanan itu untuk kendaraan pribadi pada tahun 1994.

Meski demikian, pengemudi mobil tak dapat berharap perjalanan yang dilalui akan menjadi mudah karena jalanan itu memang didesain untuk kendaraan besar dan berat yang mampu berjalan di atas kerikil lepas.

Dalton Highway 3 4ffbc

"Mengemudi di Jalan Raya Dalton bisa menjadi ekstrem di musim panas atau musim dingin," kata John Rapphahn, penjaga taman dan manajer Pusat Pengunjung Antarlembaga Arktik di Coldfoot.

"Di musim panas, truk mengeluarkan debu dan jalan berlumpur dapat membuat permukaan licin. Musim dingin penuh dengan es dan longsoran salju. Dengan hanya sekitar seperempat jalan yang diaspal, pengendara harus bersiap untuk satu atau dua ban kempes," lanjut Rapphahn.

Ia juga menuturkan pernah bertemu dengan pasangan yang terjebak di selokan saat musim dingin mencapai suhu -30 derajat fahrenheit dan harus membayar senilai 1.200 dolar AS atau sekitar 17 juta rupiah untuk diderek.

Selain kondisinya yang ekstrem, Dalton Highway juga sehari-harinya cukup sepi dan biasanya diramaikan oleh para wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Antara awal Juni dan akhir Agustus, perusahaan menjalankan layanan pengembalian dua kali seminggu antara Fairbanks dan Deadhorse yang menempuh jarak 500 mil hanya dalam 16 jam.

Sepanjang Dalton Highway diwarnai dengan kesunyian, hingga Sainsbury mengaku dirinya seolah-olah tengah transit di dunia baru yang asing.

Dengan tidak adanya layanan medis dan minimnya sinyal telepon genggam, pengemudi bus beserta perusahaannya harus mampu menghadirkan rasa aman dan kepercayaan.

Dalton Highway 2 0aff4

Jalanan Dalton Highway pun tak selamanya datar. Di luar Coldfoot, Dalton mendaki Brooks Range yang terpencil sebelum mencapai Atigun Pass setinggi 4.739 kaki dan turun ke North Slope yang menakutkan, salah satu jalan paling terpencil di Bumi.

Saking berbahayanya, bahkan sang pengemudi bus tampaknya diam-diam terpesona saat dirinya dengan terampil melewati tanjakan yang curam dan tikungan yang tajam.

Meski berbahaya dan sangat sunyi, pemandangan Dalton sangatlah menarik seiring dengan perjalanan yang kian mengarah ke utara.

Dataran monoton tundra digantikan dengan semak willow, lumut rusa, lousewort merah muda, dan anemon biru. Satwa liar yang ada juga begitu beragam, seperti rusa, lynx, berang-berang, serigala dan beruang grizzly menghuni daerah boreal dan pegunungan. Di North Slope yang suram, lembu kesturi dan karibu dapat terlihat.

Menurut Sainsbury, melewati Dalton Highway selama 16 jam melintasi bebatuan di sekujur tubuh jalan dan lumpur setengah beku terasa begitu menantang.

Sesampainya di ujung jalan, rasa lega menyelimutinya - bahkan ia mengaku ingin memberi piala dan tip kepada sang pemudi yang berhasil mengantarkannya dengan selamat.

Mendengar cerita ini, kamu berminat nggak untuk melintasi Dalton Highway? Hihi.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Calon Mertua Minta Mahar Rp100 Juta, Pria Ini Ikhlas Lepas Kekasihnya | Saya Hanya Kuli

Download TikTok 18 Plus MOD APK 5.1.7 Terbaru 2021 | Khusus Dewasa

7 Artis Dadakan yang Kini Menghilang | Kini Hidupnya Miris!

Download Higgs Domino MOD APK v1.72 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

Ternyata Ini Bayaran Kakek Sugiono dan Bintang Film Dewasa Jepang Sekali Syuting

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 06 14t120834 688 43e2b
Foto Lawas dari 121 Tahun yang Lalu Ini Bikin Merinding, Ada Tangan Hantu Tertangkap Kamera?
Untitled Design 2021 06 14t104444 158 67b93
Wanita Afrika Selatan Lahirkan 10 Bayi Kembar Prematur, Bakal Pecahkan Rekor Dunia?
Kkooo 63825
Crazy Rich Kabur ke Laut Pakai Kapal Pesiar Selama Pandemi, Rogoh Kocek Hingga 20 Triliun!
Untitled Design 2021 06 11t103824 525 C9ebd
Nekat Jual Motor Bapaknya Demi Ketemu Teman Mabar FF, Gadis Ini Terdampar di Bandara
Untitled Design 2021 06 11t143630 109 9735a
Calon Mertua Minta Mahar Rp100 Juta, Pria Ini Ikhlas Lepas Kekasihnya | Saya Hanya Kuli
Untitled Design 15 4f7c4
Es Krim BTS Meal Buatannya Bikin Army Meraung, Sisca Kohl: Aku Tidak Beli Terlalu Banyak...
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal