5 Perairan Indonesia Paling Angker | Segitiga Bermuda Kalah Horor

Default

Laut memiliki keindahan yang luar biasa. Berlayar di laut lepas beserta hamparan perairan biru yang luas pastinya jadi pengalaman yang menakjubkan.

Organisme laut pun kerap mengundang rasa penasaran manusia. Tak heran apabila ilmu pengetahuan terus berusaha mengungkap rahasia laut hingga ke dasarnya.

Faktanya, memang baru 10% dari keseluruhan dasar laut di dunia yang diketahui. Namun, di balik keindahan dan misterinya, laut turut menyimpan bahaya yang mengancam nyawa.

Sejumlah di antaranya juga dijuluki sebagai laut dengan tingkat paling berbahaya di dunia lantaran terjadinya banyak kecelakaan kapal.

Rupanya di Indonesia juga punya perairan yang dikenal sangat angker. Banyak kejadian aneh bahkan mengerikan yang kerap terjadi dikaitkan dengan mitos lokal.

Kecelakaan pesawat terbang hingga kapal laut kerap terjadi di lokasi-lokasi ini. Mengutip dari Good News From Indonesia berikut ini adalah daftarnya:

1. Segitiga Masalembo

Laut Iblis Bdc57

Segitiga Masalembo dapat disebut segitiga bermuda milik Indonesia. Seperti halnya segitiga bermuda, di lokasi ini kerap terjadi kecelakaan kapal laut hingga kapal udara.

Misalnya, tenggelamnya kapal Tampomas II di tahun 1981 atau kapal Senopati Nusantara pada tahun 2006. Kemudian ada pesawat Adam Air yang jatuh di sana pada tahun 2007.

Aliran air di kawasan ini disebut punya arus air berbeda dengan kawasan lainnya. Bahkan, kerap terjadi badai mengerikan secara tiba-tiba.

Sedangkan berdasarkan kepercayaan lokal Segitiga Masalembo merupakan sebuah kerajaan jin mengerikan. Mereka kerap menenggelamkan apa saja yang melewati kawasan ini.

2. Selat Karimata

Kedalaman Laut Masalembo Cde66

Selat yang berdasarkan cerita jadi salah satu perairan yang tergolong angker. Konon selat ini memiliki penguasa bernama Ratu Junjung Buih yang memimpin kerajaan Selat Karimata.

Tercatat banyak terjadi kecelakaan di sini yang dinilai sangat tidak wajar. Seperti tahun 2014 lalu saat pesawat Air Asia jatuh dan hingga ratusan korban jiwa di dalamnya meregang nyawa.

Meski sejumlah penyebab ilmiah jatuhnya pesawat ini telah dibeberkan, tetapi masyarakat sekitar masih percaya terdapat hal mistis ikut berperan pada jatuhnya pesawat Air Asia di Selat Karimata.

3. Selat Bali

Segitiga Masalembo Wikipedia 84047

Menurut cerita setempat, selat ini menyimpan banyak makhluk gaib yang dengan senang hati siap menarik korbannya ke dasar laut.

Seperti kecelakaan pada tahun 2016 yakni sebuah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Rafelia 2 karam di Selat Bali. Terbaru, tenggelamnya KRI Nanggala 402 pada awal tahun 2021.

Hasil investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), penyebab tenggelamnya Rafelia 2 lantaran stabilitas kapal ketika berangkat tidak memenuhi kriteria stabilitas yang baik.

4. Laut China Selatan

Segitiga Masalembo Film Df4dd

Wilayah yang kerap dipermasalahkan lantaran posisinya yang saling bersinggungan dengan beberapa negara ini rupanya terkenal cukup menyeramkan.

Bahkan, terhitung beberapa tahun terakhir sudah ada terjadi ratusan kecelakaan kapal di perairan ini.

Sejumlah cerita lokal yang berkembang menyebutkan kalau Laut China Selatan lebih horor dibandingkan Segitiga Bermuda.

Kawasan Laut China Selatan punya iklim yang tak stabil. Bahkan bisa terjadi badai mengerikan setiap saat yang bisa membuat kapal hingga pesawat karam ke lautan.

Para peneliti turut mendapati kontur dasar laut mengerikan di dasar perairan ini. Seperti lubang naga atau "Dragon hole" yang salah satu sinkhole terdalam di dunia.

5. Laut Selatan

Segitiga Masalembo Adam Air E5666

Sudah bukan rahasia lagi, Laut Selatan atau "Segoro Kidul" dikenal sangat angker sekaligus berbahaya. Sudah banyak korban terseret menuju dalam laut ini.

Orang setempat juga sering melakukan Larung Laut dengan memberikan sesajen dan tumbal untuk sosok yang dianggap penguasa laut ini, yakni Nyi Roro Kidul demi tujuan tolak bala.

Akhir Kata

Nah, demikian daftar perairan di Indonesia yng menurut legenda atau mitos punya aura mistis yang teramat mendalam. Menurutmu laut mana yang paling angker dalam daftar ini?

Apakah ada laut angker di Indonesia lainnya yang perlu ditambahkan? Berikan pendapatmu dalam kolom komentar juga, ya.

Baca juga artikel seputar Fakta Uniks atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

1Baru Saja Bertambah Usia, 7 Orang Terkenal Ini Berpulang Tepat di Hari Ulang Tahunnya

Mengintip Potret Rumah Sederhana Milik Ibunda Luna Maya di Bali | Jauh dari Kesan Mewah

Download Capcut Pro MOD APK v3.7.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: Alam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal