5 Pekerjaan yang Diprediksi akan Punah pada Tahun 2030 | Siap-Siap Cari Bidang Pekerjaan Baru!

Default

Kemajuan teknologi saat ini ibarat pisau bermata dua. Ya, teknologi pada dasarnya memang akan memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun di sisi lain, teknologi juga akan menggantikan sejumlah tugas yang biasa dilakukan manusia, termasuk di bidang pekerjaan.

Hal tersebut juga berarti bahwa teknologi lambat laun akan semakin memengaruhi manusia dalam mencari nafkah.

Lihat saja, banyak industri yang semakin mengurangi lapangan pekerja akibat adanya teknologi yang bisa menggantikan tugas manusia.

Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI telah melakukan kajian terkait beberapa jenis pekerjaan yang diprediksi akan punah di periode tertentu, seperti yang dilansir dari Solopos, Selasa (29/06/2021).

Menurut Kepala Pusat Data dan Ketenagakerjaan Kemnaker, Suhartono, akan ada empat pekerjaan yang permintaannya mulai menurun hingga tahun 2025 mendatang.

Keempat pekerjaan itu diantaranya adalah resepsionis, teller bank, biro perjalanan, dan operator mesin.

Pada periode selanjutnya atau hingga tahun 2030, profesi yang terancam hilang kemungkinan besar adalah ahli las, akuntan, operator mesin, ahli mesin, dan supir truk.

Sementara dilansir dari Elite Readers pada Selasa (29/06/2021), biro pekerjaan di Amerika Serikat juga merilis 200 jenis pekerjaan yang mengalami perkembangan buruk dari tahun 2014 hingga 2024.

Hasilnya, diketahui bahwa ada sejumlah pekerjaan yang diprediksi akan mengalami penurunan drastis dalam dekade mendatang.

Itu artinya, pada tahun 2030 nanti, sejumlah pekerjaan yang dimaksud bisa saja akan menghilang atau punah.

Penasaran apa saja bidang pekerjaan yang diprediksi bakal punah menurut biro pekerjaan Amerika Serikat? Simak artikel ini sampai habis, geng.

1. Pembaca Meteran

Pembaca Meteran Pln Mulai Turun Ke Lapangan M 195722 73507

Pernah dengar nama pekerjaan tersebut? Seperti namanya, tugas dari profesi ini adalah untuk membaca dan mencatat meteran air atau listrik yang berada di pemukiman-pemukiman masyarakat.

Akibat bisa digantikan oleh perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang kini semakin memangkas bidang pekerjaan pembaca meteran tersebut.

Salah satu teknologi yang dapat menggantikannya yaitu berupa sebuah aplikasi, yang mana mampu mengakses data sehari-hari yang dikonsumsi oleh penduduk.

Oleh karena itu, bidang pekerjaan ini sangat mungkin untuk digantikan oleh teknologi.

2. Jasa Ketik

Keyboard 690066 640 F745c

Jika kamu sedang bekerja sebagai jasa pengetikan, maka sebaiknya kamu sudah harus memikirkan bidang pekerjaan yang baru.

Betapa tidak, jasa atau pekerjaan mengetik ini akan semakin tergerus akibat banyaknya teknologi baru yang bisa menyalin ulang sebuah dokumen secara otomatis.

Keberadaan perangkat lunak semacam itu bahkan semakin mudah ditemukan di masa sekarang. Hal itu tentunya membuat profesi ini akan semakin tidak dibutuhkan lagi di masa depan.

3. Disk Jockey (DJ)

Headphones 4595492 640 Cc4b8

Dalam sebuah pesta atau acara-acara tertentu, kehadiran disk jockey atau DJ memang sangat penting untuk memeriahkan suasana dengan lantunan musik yang dimainkannya.

Namun, profesi yang sering ditemukan di klub-klub malam tersebut tampaknya akan semakin menghilang dalam beberapa tahun mendatang.

Pasalnya, peran seorang DJ saat ini sudah bisa digantikan dengan adanya aplikasi layanan streaming musik seperti Spotify atau iTunes.

4. Pengantar Surat

Via POS 5aea9

Pekerjaan sebagai pengantar surat atau kurir pengirim surat hampir dipastikan akan punah seiring pesatnya perkembangan teknologi.

Bagaimana tidak, fungsi surat sendiri sudah bisa digantikan oleh adanya surat elektronik atau email. Terlebih, hampir seluruh wilayah sepertinya juga sudah terjangkau oleh jaringan internet.

Jika profesi pengantar surat bakal punah, tentunya ini merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan pengirim surat.

Setidaknya, para perusahaan di bidang tersebut dapat terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

5. Underwriter Insurance

Laptop 3196481 640 5343b

Buat yang belum tahu, underwriter insurance adalah bidang pekerjaan yang memiliki tugas untuk menilai atau meninjau berbagai risiko pemegang asuransi.

Nah, menurut data statistik, bidang pekerjaan ini lambat laun juga akan menghilang atau punah.

Seiring perkembangan zaman, tugas yang biasa dilakukan oleh seorang underwriter insurance sudah bisa digantikan oleh perangkat lunak maupun teknologi terkini yang jauh lebih efisien.

Akhir Kata

Jadi itu tadi, geng, 5 jenis pekerjaan yang diprediksi akan punah pada tahun 2030 mendatang. Tentu hal tersebut tidak akan jauh berbeda dari apa yang bakal terjadi di Indonesia.

Kemajuan teknologi mungkin akan menggantikan sejumlah bidang pekerjaan, tapi dengan adanya teknologi, sejumlah pekerjaan baru mungkin akan semakin bermunculan.

Tugas kita adalah harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, bukankah begitu?

BACA JUGA

8 Karakter Cowok yang Diperankan Aktris Cantik | Gak Nyangka, Nipu Banget!

10 Foto Indah Detail Permukaan Bulan yang Diambil Bocah 16 Tahun

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Download DutaFilm APK 2.7.4 Terbaru 2021: Nonton Film Sub Indo Gratis Sepuasnya

9 Adik Artis yang Lebih Populer Dibandingkan Kakaknya | Ada Pemeran Milea Juga, Lho!

ARTIKEL TERKAIT
Gambar Hasil Seniman Profesional Banner
10 Ilustrasi Gokil Tantangan Untuk para Seniman Profesional
Klub Sepak Bola Profesional Dengan Divisi Esports 95179
10 Klub Sepak Bola Profesional Ini Bentuk Divisi Esports, Ikut Tren Abis!
Perbandingan Foto Fotografer Profesional Dan Amatir Banner2
11 Perbandingan Hasil Foto Profesional dan Amatir, Mana yang Lebih Keren?
Pageatlet 87c0c
5 Artis Indonesia yang Dulunya Berprofesi Sebagai Atlet
5 Fakta Tentang Profesi Game Tester Banner
5 Fakta Penting Tentang Pekerjaan GAME TESTER
6bcfb2cc1eb8f673f4e3b95affce2d35
7 Pekerjaan Ini Pasti Nggak Guna Jika Komputer Dan Ponsel Menghilang
Tags Terkait: prediksiPekerjaan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal