5 Orang yang Menjadi Bagian Sejarah Secara Kebetulan, Forrest Gump Versi Asli!

Default

"My momma always said, 'Life was like a box of chocolates. You never know what you re gonna get.'". Begitulah penggalan kutipan yang paling terkenal dalam film Forrest Gump.

Meskipun analogi kotak cokelat berfungsi untuk menggambarkan kehidupan seseorang yang tidak dapat diprediksi, ada kalanya beberapa orang mendapatkan kotak cokelat yang isinya lebih menarik daripada milik orang lain.

Nah, mirip film Forrest Gump, kelima tokoh ini secara gak sengaja menjadi bagian dalam kejadian-kejadian bersejarah. Ada yang karena untung, ada juga yang malah sial, geng.

Kira-kira siapa aja, ya? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

1. Yang Kyoungjong

1 F6b1e

Yang Kyoungjong adalah seorang pria Korea di abad ke-20, yang artinya kehidupannya gak pernah lepas dari peperangan.

Saat pecahnya Perang Dunia II, Yang ditangkap oleh pasukan Jepang yang menyerang dan dipaksa untuk bertugas di pasukan mereka.

Dalam "masa penugasan" barunya tersebut, ia dipaksa berperang melawan Soviet. Naas, ia ditangkap lagi dan dipaksa menjadi tentara Soviet.

Berperang untuk 2 negara berbeda ternyata belum cukup. Yang ditangkap lagi oleh Nazi Jerman dan terpaksa menjadi prajurit Nazi.

Akhirnya, Yang ditangkap oleh Amerika, yang memutuskan bahwa dia sudah cukup berjuang dan mengirimnya ke kamp penahanan sebagai gantinya.

Kalau dihitung, Yang sudah berperang untuk Jepang, Soviet, dan Jerman. Wah, udah kaya transfer klub bola saja ya, geng?

2. Tsutomu Yamaguchi

2 8ae91

Berbeda dengan Yang Kyoungjong yang gak sengaja menjadi bagian sejarah karena kesialan, pria asal Jepang satu ini malah hoki banget.

Tsutomu Yamaguchi adalah satu-satunya manusia di bumi yang secara kebetulan berada di 2 lokasi bom atom, Hiroshima dan Nagasaki, namun tetap selamat.

Tsutomu berada di Hiroshima ketika bom pertama menghantam dan bertahan dengan melompat ke selokan. Ia lalu kembali ke keluarganya di Nagasaki untuk mencari ketenangan.

Berprofesi sebagai tentara, Tsutomu kembali bertugas di kampung halamannya tersebut. Gak taunya, bom atom Amerika yang ke-2 meluluhlantakkan Nagasaki.

Tsutomu berhasil menyelamatkan diri dengan berlindung di bawah tangga berlapis beton dan baja. Keluarganya pun turut selamat dalam peristiwa tersebut.

Tsutomu hidup hingga usia 93 tahun. Hingga kini, orang pun masih berdebat apakah Tsutomu adalah orang terhoki atau malah terapes di dunia.

3. Nicholas Lawson

3 63ede

Nicholas Lawson mungkin saja adalah tokoh sejarah paling berpengaruh yang tidak pernah didengar oleh kebanyakan orang.

Lawson lahir di Norwegia, tetapi akhirnya menetap di Inggris. Ia memulai karirnya sebagai tentara angkatan laut Inggris, namun kemudian ditangkap bajak laut dan pindah ke Kanada.

Dari sana, ia pun pindah lagi ke Valparaiso di Chili agar lebih dekat dengan lautan. Pekerjaannya kemudian memindahkannya lagi di sebuah daerah terpencil yang bernama Kepulauan Galapagos.

Lawson menjabat sebagai wakil gubernur Kepulauan Galapagos sejak 1832 hingga 1837 dan menjadi gubernur sementara ketika Charles Darwin dan HMS Beagle mengunjungi pulau-pulau tersebut pada bulan September 1835.

Lawson mengatakan kepada Darwin bahwa kura-kura di setiap pulau terlihat berbeda, yang menurut Darwin layak untuk dilihat. Berkat Nicholas Lawson, teori evolusi Darwin pun berhasil lahir, geng!

4. Wilmer McLean

4 2ecef

Wilmer McLean sukses menjadi bagian sejarah secara tidak sengaja karena lokasi rumahnya yang strategis banget. Namun, bukan strategis yang positif ya, geng.

Wilmer McLean adalah seorang pedagang dari Virginia, AS. Rumahnya yang berada di dekat Manassas, Virginia, menjadi lokasi awal perang sipil Amerika pada tahun 1861.

Setelah pertempuran itu, dia pindah ke Appomattox, Virginia untuk melarikan diri dari perang. McLean berpikir kalau kepindahannya tersebut bakal membuatnya jauh dari perang.

Gak taunya, rumah baru McLean di Appomattox tersebut malah jadi tempat di mana Jenderal Robert E. Lee menyerah kepada Ulysses S. Grant pada tahun 1865.

Akibat hal tersebut, nama Wilmer McLean pun tercatat dalam sejarah sebagai orang yang rumahnya menjadi lokasi awal dan akhir perang sipil Amerika.

5. George Robert Twelves Hewes

5 Ea158

George Robert Twelves Hewes menjalani kehidupan yang sama menariknya dengan namanya. Ia secara kebetulan berada di beberapa peristiwa penting dalam sejarah Amerika.

Hewes tercatat berada di lokasi terjadinya peristiwa "Boston Massacre" dan ikut terluka akibat kekacauan tersebut.

Selanjutnya, Hewes juga tercatat dalam sejarah ketika menemukan seorang tentara Inggris bernama John Malcolm yang sedang mencambuk seorang anak laki-laki.

Hewes meminta Malcolm untuk berhenti, namun Malcolm malah gak terima dan memukuli Hewes. Penduduk sontak mengamuk kemudian menangkap Malcolm dan mempermalukannya dengan hukuman "tarring and feathering".

Buat kamu yang gak tau, tarring and feathering adalah sebuah hukuman di mana tubuh seseorang dilumuri tar panas dan dilempari bulu angsa atau ayam sehingga menempel di tubuh orang tersebut.

Hukuman yang menimpa Malcolm ini menjadi satu-satunya peristiwa tarring and feathering yang dipublikasikan secara besar-besaran lewat surat kabar.

Gak mau cuma jadi pelaku pasif dalam sejarah Amerika, Hewes kemudian memimpin sebuah perahu untuk membuang teh ke pelabuhan dalam peristiwa "Boston Tea Party".

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 orang biasa yang secara gak sengaja menjadi bagian dalam sejarah dunia. Entah beruntung atau sial, kelima orang ini bakal selalu dikenang dalam buku sejarah.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel Ragam atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

Download GB WhatsApp Apk Terbaru

Jarang Muncul, Penampilan Anak Ariel NOAH di Lebaran Curi Perhatian

300+ Nama IG Keren Terbaru 2021, Followers Dijamin Nambah!

Wajah Cantik Bak Bidadari, 5 Artis Indonesia Ini Dulunya Cowok!

ARTIKEL TERKAIT
Bos Teknologi Habiskan Uang C31ca
10 Cara Unik Bos Teknologi Menghabiskan Uang, Orang Kaya Bebas!
Kelakuan Aneh Jeff Bezos Beade
Makan Iguana?! Ini 5 Kelakuan Aneh Jeff Bezos, Orang Terkaya Dunia 2018
Untitled Design 2021 01 08t190006 637 De940
Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Bumi dalam Semalam, Kalahkan Jeff Bezos!
Untitled Design 2021 02 17t101205 416 A6747
Jeff Bezos Berhasil Rebut Gelar Orang Terkaya di Dunia dari Elon Musk
Elon Musk Perjalanan Ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah
Elon Musk : Perjalanan ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah?
Untitled Design 2021 03 17t132450 868 9c7ed
5 Tips Ampuh Jadi Orang Kaya dan Sukses dari Milyarder Dunia, Wajib Catat!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal