Heboh, Nelayan NTT Temukan Hiu Berwajah Mirip Manusia | Awalnya Sempat Dibuang Karena Takut

Seorang nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), tak sengajakan menemukan seekor anak hiu yang punya wajah tidak lazim.

Nelayan bernama Abdullah Ferroh itu diketahui sempat ketakutan dan langsung membuang anak hiu yang punya wajah seperti mausia itu.

Mendengar kabar tersebut, Kapolsek Rote Timur Ipda Daniel Bessie beserta anggotanya langsung menuju lokasi dan menanyakan penemuan hiu berwajah mirip manusia itu kepada Ferros.

Menurut penuturan dari Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna Budhiaswanto, awalnya Ferros bersama rekannya seperti biasa mencari ikan di perairan Papela, sekitar pukul 19.00 WITA.

Mereka yang mencari ikan menggunakan pukat, kemudian menarik pukatnya sekitar pukul 22.00 WITA.

Nah, ketika itu mereka memang mendapatkan beberapa jenis ikan, termasuk seekor hiu berukuran besar dan seekor hiu berukuran sedang.

Mereka kemudian kembali ke pinggir pantai untuk menyimpan tangkapan tersebut ke dalam cool box, sementara ikah hiu berukuran besar tetap disimpan di perahu mereka.

Pada esok harinya, keduanya kembali ke pantai dengan tujuan untuk mengambil ikan hiu yang disimpan di atas perahu. Mereka pun terkejut ketika memotong hiu itu menjadi beberapa.

"Pada saat dipotong, yang bersangkutan menemukan bayi ikan hiu yang berada di dalam perut sebanyak 2 ekor," kata Kombes Krisna seperti yang dikutip dari Detik, Februari 2021 lalu.

Anak Ikan Hiu Berwajah Mirip Manusia 72181

Salah satu anak hiu tersebut ternyata memiliki wajah yang mirip manusia. Ferros yang terkejut sebenarnya sempat membuang anak hiu itu, tapi kemudian diambilnya kembali untuk disimpan.

"Namun salah satu bayi ikan hiu itu punya bentuk yang berbeda, sehingga yang bersangkutan langsung membuangnya karena takut," ujar Kombes Krisna.

"Karena penasaran, rekannya yang bernama Hasan Hanasin langsung mengambil bayi hiu tersebut untuk disimpan di rumahnya," imbuhnya.

Terkait penemuan hiu berwajah aneh itu, ahli oseanografi dari Universitas Dipenogoro, Prof Agus Hartako, menduga hiu tersebut mengalami kelainan genetik.

Hal itu berdasarkan kondisi bayi hiu tersebut yang ditemukan dari dalam perut induknya. Ada kemungkinan bahwa induk hiu tersebut sebelumnya sempat memakan sesuatu yang beracun di dalam laut.

"Kalau itu dari perut ikan bisa jadi karena kerusakan genetik. Bisa karena penyakit, parasit, pencemaran logam berat, atau kimiawi," jelas Prof Agus.

Bayi ikan hiu yang ditemukan di dalam perut hiu dewasa memang berjumlah dua ekor.

Namun, hanya satu anak hiu yang memiliki bentuk wajah tak wajar. Sementara sisa satunya lagi memiliki bentuk layaknya ikan hiu pada umumnya.

Penemuan ini pun membuat heboh masyarakat di Rote Ndao.

Betapa tidak, jika mata hiu biasanya berada di bagian samping, namun anak hiu yang satu ini punya mata yang terlihat bulat di bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya.

BACA JUGA

Danau Sentani di Papua Surut, Benda Peninggalan Zaman Purbakala Muncul ke Permukaan

Disambut Karpet Merah Bak Artis Hollywood, Video Wanita ini Mendadak Viral | Kabarnya Selebgram Asal Aceh

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

5 Artis Indonesia yang Koleksi Perhiasan Bernilai Fantastis | Bisa Seharga Rumah!

ARTIKEL TERKAIT
Hadiah Natal Unik Bertema Teknologi Banner
5 Gadget Canggih yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Kado Natal
Superhero Hewan
NGAKAK! Begini Jadinya Kalau Superhero Digantikan dengan Hewan
Anak Artis Yang Super Imut D8980
10 Anak Artis yang Paling Dinantikan Tumbuh Dewasa | Imut dan Memesona!
Cvr2 Horz 13a9d
10 Artis yang Diam-diam Membagikan Foto Pasangannya Saat Sedang Tidur
87150 C5f6b
Review 47 Meters Down Uncaged: Hiu Makan Orang Lagi
Cats5 Ae665
10 Film Tentang Ganasnya Hiu yang Meneror Lautan, Dijamin Menegangkan!
Tags Terkait: hewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal