J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Orang Terkaya Dunia yang Jatuh Miskin dan Bangkrut | Karena Boros?

Sabtu, 17 Apr 2021, 11:00 WIB
Para miliarder dunia ini jatuh miskin dan bangkrut selepas terjerat beragam kasus penipuan dan kejadian yang menghancurkan kerajaan bisnisnya.

Menjadi orang kaya tentu tidak mudah, apa yang terlihat di luar belum tentu menampilkan usaha dan kerasnya perjuangan untuk meraih kesuksesan itu.

Bahkan untuk mempertahankan kesuksesan ini membutuhkan cara kreatif. Apalagi kita tahu kalau dunia ini dipenuhi dengan godaan untuk menghabiskan kekayaan yang dimiliki.

Kekayaan tentu ada batasnya, apalagi dalam memanfaatkan dan menggunakannya harus menghitung dan mengerti aturannya.

Setidaknya kita perlu berkaca dari para mantan miliarder berikut ini, bahwa kekayaan itu tidak selamanya akan bertahan. Berikut adalah para mantan orang terkaya atau miliarder dunia yang jatuh miskin.

1. Bernard Lawrence "Bernie" Madoff

Cerita Orang Kaya Sombong Jatuh Miskin D6963

Bernie awalnya adalah pengusaha juga mantan kepala bursa saham NASDAQ. Selama hampir lebih dari 20 tahun, dirinya dikenal sebagai "raja modern" bisnis Ponzi, sebelum akhirnya ditangkap pada tahun 2008.

Bernie dijatuhi dakwaan tuduhan penipuan sekuritas. Pada 12 Maret 2009, dirinya pun mengaku bersalah atas 11 tuduhan kejahatan dengan menipu ribuan investor melalui skema Ponzi secara besar-besaran.

Krisis keuangan tahun 2008 membuat rencana Bernie gagal menarik lebih banyak klien. Padahal likuiditas minimum dalam pasar membuat data investigasi Federal yang menemukan nilai penipuan senilai 64,8 miliar dolar AS atau Rp91,8 triliun!

Bisa diperkirakan selama bertahun-tahun melancarkan operasinya, Madoff sukses meraup miliaran dolar untuk kekayaan pribadinya.

2. Elizabeth Holmes

Orang Kaya Yg Jatuh Miskin Di Indonesia C062e

Pada tahun 2015, Elizabeth Holmes, penemu dan pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat, pernah dinobatkan sebagai miliarder perempuan termuda di dunia.

Ketika itu, perusahaan teknologi perawatan kesehatan miliknya, Theranos, sukses memiliki valuasi hingga 9 miliar dolar AS (Rp127,5 triliun) serta tentu saja, menghasilkan keuntungan yang besar.

Holmes seketika saja menjadi selebritas mengikuti dirinya terdaftar dalam 100 orang paling berpengaruh di majalah TIME tahun 2015.

Namun, kejayaannya cuma berlangsung singkat, lantaran hasil penyelidikan federal membayangi perusahaannya, Theranos, dengan tuduhan bisa berpotensi menyesatkan investor.

Karena tuduhan ini, kredibilitas serta kekayaan pribadinya sampai-sampai terpukul serius. Forbes bahkan mendevaluasi kekayaan pribadinya menjadi nol dan Fortune melabeli Holmes sebagai "Pemimpin Dunia yang Paling Mengecewakan".

Holmes turut dilarang dari posisi apa pun di perusahaannya kurang lebih selama dua tahun oleh Pusat Layanan Medicare dan Medicaid!

3. Allen Stanford

Mantan Orang Kaya Yang Jatuh Miskin 8efa0

Allen Stanford selama ini dikenal sebagai orang kaya jenius yang memiliki aset setidaknya 8,5 miliar dolar AS (Rp120,4 triliun).

Hal ini diketahui dari salah satu anak perusahaannya, Stanford International Bank, yang mengklaim memiliki aset yang dikelola dari setidaknya 30 ribu klien di lebih dari 136 negara yang berbeda.

Sejumlah orang bertanya bagaimana Stanford memperoleh kekayaannya tersebut. Ternyata, dia tak hanya jenius tetapi juga seorang penipu ulung dalam memperoleh kekayaan orang lain dengan cara ilegal.

Stanford biasa memboroskan hartanya dengan bergaya hidup cukup mewah, termasuk di antaranya membeli penthouse dan jet pribadi.

Kini dirinya terkurung di balik jeruji penjara federal Amerika Serikat lantaran tertangkap secara ilegal menjual sertifikat deposito high-yiled dalam skema Ponzi hingga senilai 8 miliar dolar AS (Rp113,3 triliun) dirinya pun dihukum 110 tahun kurungan.

4. Bjorgolfur Gudmundsson

Orang Kaya Indonesia Yang Bangkrut 7131d

Krisis keuangan dunia dan perbankan pada 2007-2008 ternyata juga ikut mempengaruhi Islandia. Hal ini terjadi saat tiga bank utama di Islandia gagal membayar pinjaman mereka di akhir 2008.

Akhirnya hal tersebut membuat kerusuhan ekonomi dan politik besar di Islandi hampir selama tiga tahun kemudian.

Sosok Bjorgolfur Gudmundsson yang juga salah satu orang terkaya di Islandi sebelum krisis melanda, setidaknya memperoleh 45 persen saham Landsbanki, salah satu daru tiga bank tersebut sejak tahun 2002.

Berdasarkan dari Forbes pada Maret 2008, Bjorgolfur menempati peringkat 1.014 pada daftar orang terkaya di seluruh dunia yang memiliki total kekayaan hingga 1,1 miliar dolar AS (Rp15,5 triliun)!

Lantaran krisis keuangan yang terjadi di negara ini, Bjorgolfur harus kehilangan posisinya di Landsbanki pada tahun 2008 hingga menyatakan kebangkrutan dirinya setahun kemudian.

Ironinya, hanya kurang dari satu tahun kekayaan pribadinya anjlok drastis dari 1,1 miliar dolar AS menjadi nol dolar AS tak bersisa.

Thor Bjorgolfsson, putra dari Bjorgolfur yang juga sempat terpukul selama krisis keuangan di 2007-2008 bisa kembali bangkit dan masuk dalam daftar miliader di 2015. Thor hingga kini menjadi satu-satunya miliarder asal Islandia.

5. Eike Batista

Mantan Pejabat Yang Jatuh Miskin A9697

Eike Batista, pengusaha berkebangsaan Brasil sempat merasakan dan kehilangan kekayaan multimiliar dolar AS pada industri pertambangan juga eksplorasi minyak dalam dua dekade.

Kekayaan miliknya ditaksir capai 30 miliar dolar AS (Rp425,2 triliun) pada 2011, Batista juga menjadi orang terkaya ke-8 di dunia serta yang terkaya di Brasil kala itu.

Akhir sepak terjang Batista sebagai miliarder dimulai selepas adanya kecelakaan mendadak di industri pertambangan juga runtuhnya salah satu raksasa perusahaan, OGX.

Dua tahun kemudian di tahun 2013, Forbes melaporkan kalau Eike Batista sudah kehilangan setidaknya 20 miliar dolar AS (Rp283,4 triliun) dalam kurun satu tahun.

Hanya dalam waktu setahun berikutnya, disebabkan jumlah utangnya yang sangat besar serta saham perusahaan yang terus jatuh, kekayaan pribadinya menjadi turun drastis dari 200 juta dolar AS (Rp2 triliun) menjadi negatif.

Hingga akhirnya pada Januari 2017, Eike Batista ditangkap oleh otoritas Brasil pada kasus pencucian uang yang ditaksir senilai 100 juta dolar (Rp1,41 triliun)!

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka deretan orang terkaya di dunia yang jatuh miskin dan bangkrut. Rata-rata dari mereka karena terjerat kasus penipuan!

Semoga kita diberikan rezeki yang baik dan tidak menyebabkan kita jatuh dalam masalah yang buruk juga, ya!

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Pemilik Kuku Terpanjang Akhirnya Potong Kuku Setelah Nyaris 30 Tahun

30+ Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2021, Goyang Makin Asyik!

Kumpulan Foto Anak Anggun C Sasmi yang Selama Ini Ditutupi | Menawan Seperti Ibunya!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.6.4 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

9 Pangeran Ganteng yang Masih Jomblo | Pangeran Harry Lewat!

ARTIKEL TERKAIT
Desain Rumah Paling Nyeleneh A1869
Kumpulan Foto Desain Rumah Nyeleneh dan Kocak | Waduh, Jadi Salah Fokus!
Kata Kata Senja 2fe13
100+ Kata-Kata Senja Terbaru 2021 | Satukan Suka & Duka dalam Rasa!
Lagu Galau Indonesia 0f8b8
100+ Lagu Galau Indonesia Terbaik 2021, Hampa & Pilu!
Foto Artis Korea 0c6c5
50+ Kumpulan Foto Artis Korea Tertampan dan Tercantik untuk Wallpaper
Nonton Film Orang Kaya Baru 3a8fb
Nonton Film Orang Kaya Baru, Tajir Melintir dalam Semalam
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal