Makhluk Mitologi Paling Populer di Dunia, Indonesia Punya Banyak yang Mengerikan!

Default

Istilah "mitologi" biasanya dikaitkan dengan kajian atau himpunan kisah-kisah yang dipercaya (bisa juga disebut mitos) oleh suatu golongan tertentu.

Sebuah mitologi biasanya menjelaskan penciptaan dunia dan seisinya, cerita tradisional, legenda suatu tempat, dan kisah lainnya yang memiliki peran penting dalam suatu masyarakat.

Hampir setiap negara atau wilayah di dunia memiliki mitologinya masing-masing dan tak sedikit pula dari elemen-elemen itu yang terkait dengan agama, seperti Arab dengan Islam serta India dengan Hindu.

Sementara itu, makhluk mitologi adalah makhluk yang keberadaannya diceritakan dalam kisah-kisah mitologi, umumnya memiliki kemampuan khusus dan rupa yang tak lazim serta identik dengan nuansa mistis.

Kali ini, yuk kita bahas beberapa makhluk mitologi paling terkenal yang berasal dari beberapa negara dan kepercayaan di dunia.

Sudah siap mendengar ajaibnya makhluk dari mitologi-mitologi di dunia? Berikut pembahasan selengkapnya!

Makhluk Mitologi Indonesia

Akhluk Makhluk Mitologi 50712

Mitologi di Indonesia sendiri dipenuhi oleh banyak nilai-nilai, petuah kehidupan, dan biasanya disebarkan dari mulut ke mulut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tersebarnya mitologi di Nusantara adalah penyebaran agama Hindu dan Buddha yang dibawa oleh para pedagang di masa lalu.

Makanya, banyak cerita-cerita di Indonesia yang memuat barata, dewa, bidadari, raksasa, dan makhluk-makhluk lainnnya.

Adaptasi yang dilakukan pun tak hanya sampai di situ, geng. Sebagai contoh, orang Jawa mengadopsi dewa-dewi Hindu sebagai dewa-dewi Jawa, bahkan mereka juga percaya bahwa mitos-mitos yang beredar terjadi di Jawa.

Sebagai gudangnya tradisi dan kepercayaan terhadap mitologi, Indonesia punya banyak makhluk mitologi dengan bentuk yang bikin mata terbelalak, geng.

Yuk, kita bahasa beberapa di antaranya!

1. Nyi Roro Kidul

Makhluk Mitologi 698e9

Siapa yang nggak kenal dengan makhluk mitologi Jawa yang satu ini, geng?

Dikenal dengan parasnya yang cantik, Nyi Roro Kidul tak pernah berhenti mencari prajurit untuk kerajaannya dengan menyeret orang-orang yang mengenakan pakaian hijau di Laut Selatan ke dalamnya lautan.

Kamu percaya nggak, dengan mitos ini?

2. Leak

Makhluk Mitologi Jawa 62829

Sumber foto: Bali Free Information

Bali punya makhluk supernatural mengerikan bernama Leak yang merupakan penyihir jahat, geng.

Mereka tak segan-segan pergi ke kuburan untuk menggali organ-organ tubuh manusia yang tersisa untuk dijadikan ramuan.

Meski di siang hari mereka terlihat seperti manusia normal, para Leak bisa berubah menjadi monster mengerikan dengan lidah panjang dan gigi tajam!

3. Ahool

Makhluk Mitologi Indonesia F4b82

Ahool adalah kelelawar seukuran anak-anak dengan lebar sayap mencapai 3,5 meter dan berbunyi "Ahoooool" ketika muncul.

Konon katanya, seorang ahli ornitologi bernama Dr. Ernest Bartels pernah menjumpai Ahool yang tengah berkeliaran di Gunung Salak.

Bayangin deh, kalau kamu nggak sengaja melihat makhluk ini terbang didekatmu. Apa nggak teriak?

Nggak cuma ada 3, masih banyak makhluk mitologi terseram asal Indonesia yang bisa bikin bulu kuduk berdiri, geng. Kalau masih penasaran, yuk baca selengkapnya di artikel Jaka di sini!

Banner 196d1 0fb9c
10 Makhluk Mitologi Indonesia Yang Mendunia, Bikin Merinding Dan Penasaran!
Nama makhluk mitologi Indonesia berikut sudah terkenal tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Ada yang seram, cantik, bahkan keren!
LIHAT ARTIKEL

Makhluk Mitologi Yunani Terkuat

Makhluk Mitologi Yunani Kuno 74961

Di era Yunani Kuno, kisah-kisah mengenai sosok dewa, pahlawan, dan makhluk-makhluk ajaib sangat berkembang dan telah menjadi bagian dari kepercayaan masyarakat Yunani.

Uniknya, mitologi Yunani seringkali mengisahkan hubungan cinta antar makhluk, misalnya manusia dengan dewa atau dewa dengan makhluk tertentu, sehingga dapat menghasilkan makhluk-makhluk yang mengerikan, geng.

Bukan hanya dituangkan dalam bentuk sastra, kumpulan cerita ini juga terlihat pada lukisan vas dan benda ritual, bahkan arkeolog juga banyak menemukan gambar dewa dan pahlawan di berbagai artefak.

Kepercayaan Yunani ini bisa dibilang orisinil, sebab tak ada pengaruh dari negara-negara lain yang membentuk kisah-kisah mistis tersebut.

Bahkan, mitologi Yunani telah mempengaruhi budaya, seni, dan sastra dunia Barat serta menjadi inspirasi penyair, seniman, bahkan pembuat film!

Makhluk-makhluk yang muncul dalam setiap kisah juga umumnya punya kekuatan super yang membuatnya kuat banget, geng! Kita bahas beberapa, yuk.

1. Hydra

Makhluk Mitologi Terkuat A8a26

Naga besar dengan satu kepala saja sudah cukup ketar-ketir, eh naga yang satu ini punya sembilan kepala yang bakal tumbuh lagi jika dipotong, geng!

Hydra dikisahkan sebagai hewan mitologi yang suka keluar dari sarangnya demi menciptakan ketakutan bagi masyarakat di sekitarnya.

Monster berukuran super besar ini adalah anak dari Zeus sang dewa petir, loh.

2. Typhon

Makhluk Mitologi Yunani Terkuat 52f11

Typhon pantas menyandang sebutan sebagai makhluk mitologi terkuat lantaran bentuknya yang merupakan naga bersayap berkepala seratus dengan tinggi melebihi gunung. Serem banget nggak, tuh?

Makhluk yang dapat menyemburkan api ini juga merupakan bapak dari para makhluk mengerikan dalam kepercayaan Yunani, sebut saja Cerberus dan Chimera.

3. Pegasus

Makhluk Mitologi Baik 3a65b

Sosok makhluk mistis nggak semuanya seram dan jahat loh, lihat saja Pegasus yang merupakan makhluk mitologi baik nan menggemaskan.

Jjangan salah, Pegasus adalah kuda pemberani yang mengantarkan seorang pahlawan untuk mengalahkan Chimera, geng.

Meski berbentuk kuda bersayap, ia adalah anak dari dewa laut, Poseidon dan Medusa, wanita berambut ular. Hmmm, nggak mirip, ya?

Ingin tahu tentang makhluk-makhluk mitologi Yunani lainnya yang punya sejarah sambung menyambung dan seru banget untuk diikuti? Simak artikel Jaka berikut deh, dijamin betah kepoin sampai bawah!

Untitled Design 2021 05 03t203324 784 4407a
10 Makhluk Mitologi Yunani Paling Terkenal | Ada Yang Menyeramkan Dan Baik!
Makhluk mitologi Yunani berikut punya kekuatan yang luar biasa dan kisah yang menarik, geng. Bahkan, nggak semuanya mengerikan, loh!
LIHAT ARTIKEL

Makhluk Mitologi Nordik

Makhluk Mitologi Nordik 0e48b

Sebelum agama Kristen datang ke negara-negara Eropa Utara, masyarakat di sana memiliki kepercayaan dan legenda yang terhimpun dalam mitologi Nordik dan tertulis di Edda, geng.

Salah satu hal yang membedakan mitologi Nordik dengan mitologi lainnya adalah adanya kosmologi, di mana ada sembilan dunia yang dihubungkan oleh pohon Yggrasil.

Itulah mengapa ada tempat bernama Asgard, Midgard, Jotunheimr, Niddhavellir, dan lainnya - yang ditempati oleh jenis makhluk yang berbeda-beda pula.

Diketahui, ada tiga golongan makhluk dalam kepercayaan ini yang paling berkuasa, yakni Aesir dan Vanir yang merupakan golongan Dewa, dan Jotun (raksasa).

Meski demikian, masih banyak loh makhluk-makhluk lain yang serupa dengan mitologi Yunani karena bentuknya yang nggak terduga akibat persilangan antar makhluk, geng.

Mendengar nama-nama makhluk yang ada di mitologi asal negara Skandinavia ini pasti nggak akan asing, karena sudah banyak yang diangkat di film, loh! Ini diantaranya:

1. Kraken

Makhluk Mitologi Terseram 925fb

Ini dia makhluk yang eksis di berbagai judul film dan digambarkan kerap mengamuk dan menghancurkan kapal para pelaut!

Kraken diyakini tinggal di lepas pantai Norwegia dan Greenland serta berbentuk mirip gurita dengan ukuran yang besar banget.

Kalau nggak lagi ngamuk, ia seringkali diam saja dan bagian atas kepalanya mencuat di tengah laut sehingga terlihat seperti pulau. Duh, kalau ada kapal yang malah berlabuh pasti serem banget!

2. Hela

Makhluk Mitologi Yang Cantik E90e4

Meski berwujud seorang wanita, Hela bukanlah makhluk mitologi cantik dan baik seperti beberapa dewi lainnya. Ia malah merupakan ratu orang mati.

Hela terlihat mengerikan dengan tubuhnya yang memiliki setengah kerangka terbuka dan sifatnya yang kasar dan kejam.

Pernah melihatnya digambarkan sebagai adik dari Thor dan Loki? No, no, Hela yang asli adalah anak dari Loki, geng!

3. Elf

Makhluk Mitologi Cantik Dan Baik B7ca8

Elf atau Peri yang pernah kamu lihat di "The Lord of the Rings" merupakan salah satu makhluk supernatural yang berakar sejarah dari kepercayaan Jerman dan Skandinavia.

Mereka biasanya identik dengan wajah rupawan, berkulit terang, dan tak pernah menua, tetapi ternyata ada juga Elf yang tak rupawan, bahkan disamakan dengan Dwarf.

Belum lagi dugaan sifat-sifat buruk seperti merayu dan menculik bayi manusia. Nggak nyangka, kan?

Masih banyak, loh, makhluk-makhluk unik dalam kepercayaan Nordik yang siap bikin kamu takjub bahkan ngeri! Simak artikel selengkapnya, deh:

Untitled Design 2021 05 05t123928 617 Bdb66
10 Makhluk Mitologi Nordik Paling Unik Dan Mengerikan, Banyak Yang Tampil Di Film!
Mungkin kamu belum tahu kalau banyak makhluk mitologi Nordik ada dalam film yang kita tonton selama ini. Unik dan menakjubkan banget!
LIHAT ARTIKEL

Makhluk Mitologi Arab yang Ada Dalam Al-Qur'an

Makhluk Mitologi Adalah 6185d

Mitologi Islam adalah sebuah kepercayaan yang terkait dengan Islam dan Al-Qur'an mencakup peristiwa penciptaan, visi kehidupan setelah kematian, serta makhluk-makhluk ajaib.

Dalam kitab suci Al-Qur'an sendiri, salah satu peristiwa yang menjadi bagian mitologi adalah Isra Mi'raj, yakni perjalanan Nabi Muhammad SAW menembus langit ke tujuh dengan menunggang Buraq.

Selain peristiwa, ada pula beberapa nama makhluk mitologi dalam Islam yang disebutkan dalam surat-surat tertentu, geng.

Bukan hanya memiliki wujud dan ciri khas yang tak lazim, makhluk-makhluk tersebut juga diyakini menjadi pertanda akan terjadi peristiwa penting, misalnya Kiamat.

Penampakan mereka juga sungguh mengerikan dan bikin siapa saja takut, terutama mereka yang menurut ajaran Islam tak mengamalkan agamanya dengan baik. Nih, Jaka bocorin sedikit:

1. Dabbat al-Ard

Makhluk Mitologi Dalam Al Quran 901e3

Salah satu hewan yang diyakini umat Islam akan muncul di hari Kiamat adalah Dabbat al-Ard yang akan membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman serta mampu berbicara dalam berbagai bahasa.

Diriwayatkan, Ibnu Zubair menjabarkan bahwa Dabbat Al-Ard memiliki kepala seperti kerbau, mata yang mirip mata babi, telinga seperti telinga gajah, bertanduk seperti rusa jantan, memiliki leher seperti leher burung unta, dada menyepupai bentuk dada singa, warna kulit seperti harimau, panggul seperti kucing, ekor mirip ekor biri-biri jantan dan memiliki kaki seperti kaki unta; namun riwayat lain menyebutkan ia adalah hewan melata, geng.

Dalam Al-Qur'an, hewan ini akan muncul setelah Ya'juj dan Ma'juj mati dan matahari terbit dari barat.

2. Buraq

Makhluk Mitologi Arab 1c695

Hewan mitologi yang satu ini dikisahkan menjadi kendaraan Nabi Muhammad SAW selama peristiwa Isra Mi'raj dari Masjidil Haram menuju Masjid Al-Aqsha.

Nama Buraq sendiri memiliki arti "cahaya" atau "kilat", dan dinamai demikian karena makhluk ini dapat berlari secepat kilat.

Buraq berwujud hewan berkaki empat yang berukuran lebih kecil daripada bagal dan lebih besar dari keledai, serta memiliki kepala perempuan dengan paras yang sangat cantik.

Mau tahu lebih banyak tentang makhluk mitologi dalam Al Qur'an lainnya? Ada yang tadinya baik tetapi menjadi jahat hingga dihukum oleh Allah, geng.

Jangan sampai kamu melewatkan untuk membaca artikel Jaka berikut yang bakal bikin wawasan kamu makin luas. Cekidot!

2045 Legendary6 3031d
5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran
Suka nonton film? Pastinya, kamu ngga asing dengan makhluk mitologi Yunani. Makhluk yang muncul di film identik dengan legenda dan memiliki wujud serta kemampuan yang fantastis.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Percaya nggak, kalau makhluk mitologi yang sudah Jaka himpun di atas masih belum mencapai 10% dari total yang ada di dunia?

Saking banyaknya, mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk membaca kisah-kisah mitologi yang menakjubkan beserta makhluk-makhluk di dalamnya.

Menurutmu, mitologi dari negara mana yang punya makhluk paling aneh dan bikin kamu terkejut, geng?

Baca juga artikel seputar Makhluk Mitologi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 196d1 0fb9c
10 Makhluk Mitologi Indonesia yang Mendunia, Bikin Merinding dan Penasaran!
Untitled Design 2021 05 03t203324 784 4407a
10 Makhluk Mitologi Yunani Paling Terkenal | Ada yang Menyeramkan dan Baik!
Untitled Design 2021 05 05t123928 617 Bdb66
10 Makhluk Mitologi Nordik Paling Unik dan Mengerikan, Banyak yang Tampil di Film!
2045 Legendary6 3031d
5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran
Page Dde7b
10 Film tentang Dewa Mitologi Terbaik, Seru dan Menegangkan
Ba8b2a58ccccb654fbe537914e9c7739
5 Game Mitologi Paling Seru yang Bisa Menambah Wawasan Sejarah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal