J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Makhluk Mitologi Yunani Paling Terkenal | Ada yang Menyeramkan dan Baik!

Selasa, 4 Mei 2021, 09:00 WIB
Makhluk mitologi Yunani berikut punya kekuatan yang luar biasa dan kisah yang menarik, geng. Bahkan, nggak semuanya mengerikan, loh!

Yunani adalah salah satu negara dengan mitos dan legenda paling kental di dunia, terutama karena adanya kisah-kisah dewa, pahlawan, serta makhluk mitologi Yunani kuno.

Saking detail dan pentingnya, mitologi Yunani dapat membantu sejarawan untuk mengetahui kondisi politik, agama, dan peradaban di Yunani Kuno, loh.

Nah, mungkin kamu sudah pernah menyaksikan film-film yang menampilkan makhluk-makhluk mitos khas Yunani dengan penampilan yang aneh-aneh, geng.

Banyak dari makhluk tersebut sudah sangat populer di telinga kita atau berulangkali disebut dalam legenda Yunani karena keterlibatannya di mana-mana.

Tak semuanya memiliki rupa mengerikan, ini dia ulasannya!

1. Hydra

Nama Hewan Mitologi Yunani 06116

Salah satu makhluk mitologi Yunani Kuno yang paling dikenal luas adalah Hydra.

Hewan yang satu ini berbentuk ular atau naga yang memiliki sembilan kepala.

Seolah belum cukup mengerikan, setiap kali satu kepala Hydra dipotong, kepala tersebut akan membentuk satu atau dua buah kepala baru, geng.

Hydra yang diceritakan hanya tinggal di rawa-rawa sekitar danau Lerna ini hanya keluar dari sarangnya untuk menebar teror mengerikan bagi penduduk.

Menurut mitologi, hanya ada satu pahlawan yang mampu mengalahkan monster dengan darah beracun ini; yaitu Herakles, anak dari Zeus dan Alkmene.

2. Chimera/Khimaira

Makhluk Mitologi Yunani Kuno 26175

Apa makhluk mitologi Yunani terkuat? Kemungkinan, salah satu jawaban yang tepat adalah Chimera atau Khimaira yang dalam bahasa Yunani berarti "kambing betina". Kayaknya nggak mengerikan, ya?

Padahal, Chimera ini merupakan makhluk dengan kepala singa dan kambing dengan ekor ular yang mampu mengeluarkan api dari mulut dan hidungnya, geng.

Khimaira adalah anak dari Typhon dan Echidna serta merupakan saudara dari Hydra dan Cerberus, loh!

Kekuatan Chimera yang mengerikan membuatnya dijadikan sebagai "lambang kekuatan setan".

Walaupun kuat banget, makhluk ini berhasil dikalahkan oleh Bellerophon dengan menunggang Pegasus.

3. Cerberus

Makhluk Mitologi Yunani E3af9

Julukan makhluk mitologi yunani yang menyeramkan juga disandang oleh Cerberus, anjing berkepala tiga penguasa dunia bawah yang dapat menyemburkan api.

Tujuan penjagaan Cerberus adalah agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah - jika sampai ada, mereka mampu melacak dan menemukan arwah tersebut.

Hewan yang juga disebut sebagai anjing Hades ini merupakan keturunan Echidna dan Typhon, pasangan penghasil makhluk-makhluk menyeramkan.

Asal-usul nama Cerberus sendiri adalah dari kata berbahasa Yunani, "Kerberos" yang memiliki arti "iblis dari liang".

Serem banget ya, geng. Kalau ada di dunia nyata beneran, pasti udah bikin heboh seperti monster mengerikan yang tertangkap kamera di artikel Jaka, geng.

4. Minotaur

Makhluk Mitologi Yunani Yang Menyeramkan 320c5

Jaka yakin, Minotaur adalah nama hewan mitologi Yunani yang sudah sering kamu dengar sebelumnya. Bahkan, namanya ini sudah diadaptasi ke berbagai karakter film dan game.

Seperti yang digambarkan secara luas, Minotaur adalah monster dengan bentuk manusia berkepala banteng yang dikutuk oleh Minos, Raja Kreta.

Minotaur tidak berkeliaran dengan bebas karena dikurung di sebuah labirin yang rumit.

Meski masih separuh manusia, anak dari Pasifae dan seekor banteng ini suka memakan manusia sehingga masyarakat Athena harus menunjuk tujuh pemuda dan tujuh gadis untuk dijadikan tumbal setiap tahunnya.

Monster mengerikan ini berhasil dikalahkan oleh seorang pahlawan Yunani bernama Theseus yang awalnya menyamar menjadi salah satu tumbal.

5. Medusa

Makhluk Mitologi Yunani Siren 3fa30

Alkisah, ada wanita cantik yang merupakan seorang pendeta wanita di kuil milik Athena bernama Medusa

Namun, suatu saat ia menjalin asmara dengan Poseidon yang membuat Athena murka sehingga mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk agar siapapun yang menatap matanya akan menjadi batu.

Begitulah bagaimana seorang gadis rupawan berakhir menjadi makhluk mitologi Yunani berambut ular.

Makhluk yang namanya memiliki arti "penjaga" atau "pelindung" ini adalah satu-satunya Gorgon yang tidak abadi, berbeda dengan saudara-saudaranya, Stheno dan Euryale.

Maka dari itu, Medusa dapat dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes yang meminta kepala Medusa untuk dijadikan hadiah.

6. Gorgon

Makhluk Mitos Yunani 5599f

Sebenarnya, Gorgon dalam setiap literatur berbeda-beda, tetapi yang paling umum mengacu pada tiga saudari dengan rambut ular berbisa dan mampu mengubah siapapun jadi batu ketika menatap matanya.

Gorgon yang dimaksud adalah Medusa dan kedua saudaranya yang abadi, Stheno dan Euryale.

Bukan tanpa alasan Gorgon disebut makhluk mitologi yunani paling mengerikan geng, karena namanya yang berasal dari bahasa Yunani "gorgos" juga berarti "mengerikan".

Dalam mitologi, Gorgon adalah makhluk yang populer dan dipercaya memiliki pandangan mata yang ajaib sehingga sering dipasang pada benda atau bangunan dengan tujuan perlindungan.

7. Typhon

Makhluk Makhluk Mitologi Yunani 86ac8

Sudah menghitung berapa makhluk menyeramkan yang adalah keturunan dari Typhon?

Sebagai ayah dari para makhluk menyeramkan, tentulah Typhon bisa dikatakan sebagai makhluk mitologi Yunani terseram dibanding makhluk lainnya.

Ia berwujud naga raksasa berkepala seratus yang memiliki sayap dan berukuran sangat besar, bahkan tingginya melebihi gunung - Typhon juga dapat menyemburkan api.

Saking menyeramkan dan sulit dikalahkan, hanya Zeus satu-satunya dewa Olimpus yang berani menghadapi Tifon - itupun ia harus kalah pada awalnya, geng.

Akhirnya, Zeus mampu mengalahkan Typhon dengan bantuan putranya, Hermes, dan mengurung monster raksasa ini di bawah Gunung Etna di pulau Sisilia.

Kayaknya Typhon bisa jadi salah satu karakter untuk dijadikan film tentang makhluk mengerikan kayak di artikel yang pernah Jaka tulis deh, geng.

8. Triton

Makhluk Mitologi Yunani Terkuat 6a6e0

Jika makhluk-makhluk mitologi Yunani lainnya memiliki perwujudan yang mengerikan dan lebih mirip monster, Triton sebagai seorang dewa laut memiliki wibawanya sendiri.

Triton merupakan putra dari pasangan dewa-dewi laut, Poseidon dan Amfitrit yang digambarkan memiliki cangkang keong yang ditiup seperti terompet.

Jangan salah loh, suara terompetnya yang mampu menenangkan atau menaikkan gelombang itu bisa membuat raksasa ketakutan sampai terbang, karena begitu mencekam seperti auman binatang buas.

Dewa berwujud duyung ini dijuluki sebagai dewa penguasa laut yang mengerikan dan perkasa, sehingga namanya diadaptasi menjadi benda-benda yang kuat dan besar, seperti mobil Mitsubishi Triton.

9. Siren

Makhluk Mitologi Yunani Paling Mengerikan 437ce

Berbeda dengan yang lain, makhluk mitologi Yunani Siren tampil dengan wajah cantik dan suara nyanyian yang mempesona hingga mampu memikat dan memperdaya para pelaut di dekatanya.

Buaian lagu-lagu milik Siren seringkali menyebabkan kapal para pelaut menabrak karang hingga tenggelam.

Siren hidup di tempat-tempat dengan batu karang dan tebing di sebuah pulau bernama Sirenum Scopuli, meski beberapa tradisi Siren juga hidup di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, dan tempat lainnya dengan karakteristik serupa.

Dahulu, Siren diyakini berupa sosok perempuan berkaki burung, dengan atau tanpa sayap, yang memainkan berbagai alat musik seperti harpa dan kecapi.

Sejak Abad Pertengahan, sosok Siren digambarkan sebagai putri duyung yang abadi, geng.

10. Pegasus

Makhluk Mitologi Negara Yunani 80b0a

Dikenal sebagai makhluk dengan wujud yang cukup rupawan, Pegasus seringkali dianggap sebagai makhluk mitologi Yunani yang baik dan tidak menakutkan, geng. Bahkan ia juga tampil dalam film Barbie.

Namun, Pegasus sendiri sebenarnya adalah makhluk yang menggambarkan adanya hubungan antara dewa-dewa dan iblis atau monster dalam dunia kuno dan klasik, loh.

Tahukah kamu bahwa Pegasus adalah anak dari Poseidon dan Medusa?

Hewan yang berbentuk kuda bersayap ini juga merupakan makhluk yang ditunggangi Bellerophone saat mengalahkan Chimera.

Ngomong-ngomong, sudah baca artikel Jaka tentang makhluk mitologi yang berasal dari Al-Qur'an belum, geng? Ada yang mirip Pegasus, loh!

Akhir Kata

Itu dia makhluk mitologi Yunani dengan berbagai keajaibannya, geng. Ternyata nggak semuanya mengerikan, kok.

Kalau membaca dongeng mitologi, karakternya saling sambung-menyambung ya geng, bikin kepo ingin baca tentang tokoh lainnya!

Jadi, mana nih yang menurut kamu paling menyeramkan dan powerful?

Baca juga artikel seputar Makhluk atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
2045 Legendary6 3031d
5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran
Page 83a2b
7 Karakter Anime yang Nggak Bisa Mati, Dipenggal Masih Bisa Ngomong!
Film Makhluk Mengerikan Terinspirasi Kisah Nyata Cd3e5
7 Film tentang Makhluk Mengerikan yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
Banner Jadi Lagi C93bc
7 Makhluk Paling Menjijikkan di Anime Sepanjang Masa, Sampe Mual Pas Nonton!
Venom Di Dunia Nyata C35d2
5 Fenomena Venom yang Ada di Dunia Nyata! Berani Liat?
Header 29 59226
10 Monster Mengerikan yang Tertangkap Kamera. Asli Atau Hoax?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal