5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia | Bikin Mual dan Geli, Mendingan Puasa Aja!

Default

Mempelajari beragam kuliner di seluruh dunia itu nggak ada habisnya, apalagi kalau menyertakan makanan-makanan yang tak lazim.

Kalau sebelumnya kita pernah membahas tentang makanan paling berbahaya di dunia, kali ini Jaka akan membahas makanan-makanan yang ekstrem abis.

Ekstrem yang dimaksud di sini bisa jadi secara tampilan, proses memasak, atau bahkan konsep dari hidangan itu sendiri.

Jaka jamin, makanan berikut bakal bikin kamu gelay dan jijay, geng. Hanya saja, ada aja loh, orang yang suka memakannya!

Penasaran makanan ekstrem apa yang jadi kearifan lokal masing-masing negara? Cekidot geng, awas mual melihatnya!

1. Casu Marzu

Casu Marzu 1 571b9

Dalam bahasa Sardinia, casu marzu artinya "keju busuk", bahkan hidangan yang satu ini juga dikenal sebagai keju belatung.

Makanan ini berasal dari Italia, tepatnya dari Sardinia dan terbuat dari keju Pecorino yang dijemur di bawah sinar matahari.

Bayangin aja geng, keju yang lagi dijemur akan didatangi oleh lalat-lalat Piophila casei, kemudian mereka bertelur di situ.

Casu Marzu 2 B9540

Telur lalat tersebut akan menetas dan menjadi belatung yang nanti ikut dimakan bersama keju bertekstur lunak itu.

Saking ekstremnya, makanan ini udah dilarang di negara-negara Eropa dan kini bisa ditemukan di pasar-pasar gelap Sardinia karena berbahaya banget untuk kesehatan pencernaan.

2. Balut

Balut 1 Ec1d9

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang makanan yang secara luas dikonsumsi di Filipina dan Vietnam ini, geng.

Bisa dibilang, balut adalah salah satu olahan telur paling 'nggak banget' yang pernah ada di dunia. Kelihatan dari bentuknya, kan?

Balut 2 Cea73

Balut adalah telur ayam atau bebek yang berisi embrio yang hampir sempurna (hampir jadi janin), lalu direbus, dan dimakan.

Jika kamu ingin mencicipi balut, siap-siap menyaksikan isi telur yang mencakup tubuh kecil calon ayam atau bebek dengan tulang, bulu, paruh, dan bagian tubuh lainnya. Berani, nggak?

3. Smalahove

Smalahove 1 91e77

Norwegia barat punya cara unik dan ekstrem untuk menikmati sajian domba, yakni dengan menyajikan kepalanya secara utuh yang mereka namai smalahove.

Secara harfiah, smalahove sendiri berarti "kepala domba" dalam bahasa Norwegia.

Kepala yang hendak disantap direbus atau dikukus selama kurang lebih tiga jam dan disajikan dengan sayuran rutabaga dan kentang tumbuk.

Smalahove 2 Ea89c

Bagian otak biasanya dibuang, tetapi dalam beberapa kasus otak juga ikut dimakan, geng.

Kamu tega nggak, kalau disuruh makan kepala domba sambil melihat wajahnya? Jaka, sih, no :(

4. Sup Kelelawar

Sup Kelelawar 1 E2e73

Hidangan sup kelelawar yang kadang disebut juga "pasta kelelawar" adalah makanan lezat bagi orang-orang China, Thailand, dan Guam.

Cara memasaknya adalah dengan memasukkan seekor kelelawar hidup ke dalam panci berisi air mendidih menggunakan api kecil, kemudian ditambahkan bumbu dan rempah-rempah.

Sup Kelelawar 2 F48ae

Biasanya, kelelawar yang digunakan adalah kelelawar vampir dan kelelawar buah.

Namun, makan sup ini harus hati-hati karena kelelawar membawa beragam penyakit yang berpotensi mematikan, geng. Yah, kirain bakal bisa jadi Batman :(

5. Stinkheads

Stinkeads 1 71390

Salmon adalah makanan pokok bagi penduduk asli Alaska, yang juga terbiasa memakan seluruh bagian ikan bergizi tinggi tersebut termasuk kepala.

Ada makanan tradisional Alaska yang dinamai "stinkheads", kepala salmon yang difermentasi. Yup, arti dari nama itu adalah "kepala bau".

Untuk membuatnya, kepala ikan salmon raja dikubur di dalam tanah dalam lubang fermentasi, dimasukkan ke dalam tong plastik atau kayu, bahkan kantong penyimpanan makanan plastik, dan dibiarkan selama beberapa minggu.

Stinkheads 2 3e731

Makan kepala salmon bukan hal yang aneh, tetapi fakta bahwa stinkheads adalah kepala salmon busuk membuat hidangan ini ekstrem banget.

Stinkheads seringkali menyebabkan botulisme alias keracunan serius dari bakteri Clostridium botulinum yang banyak ditemukan di Alaska.

Akhir Kata

Gimana nih, ada yang bikin kamu berminat untuk mencicipinya, nggak? Kalo Jaka sih, kayaknya masih kuat puasa sampai besok abis melihatnya. Huehehe.

Kalau suatu saat kamu tertarik mencoba hidangan di atas, hati-hati dan pastikan kamu dalam kondisi fit dan punya pencernaan yang kuat, ya. Salah salah, bisa sakit tuh, geng. Waduh...

Tapi Jaka jadi penasaran, ada nggak sih, hidangan ekstrem di daerah tempat tinggalmu? Ceritain sedikit dong~

Baca juga artikel seputar Makanan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Drakor Makanan 31f13
7 Drakor tentang Makanan Terbaik, Auto Gagal Diet!
Banner 15e97
Upload Foto Makanan Saat Puasa Bikin Batal? Ini Penjelasannya!
Aplikasi Belanja Sayur Online Banner Ddb7a
7 Aplikasi Belanja Sayur Segar Online untuk Antisipasi Lockdown
Teknologi Pangan Masa Depan Bannerx 966d9
6 Makanan dari Masa Depan yang Akan Kita Konsumsi, Banyak Daging Palsu?
Aplikasi Menu Puasa Banner D7387
8 Aplikasi Resep Menu Makanan & Minuman untuk Bulan Puasa Terbaik | Cocok Buat Anak Kost!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal