Bungkuk Selama 28 Tahun, Pria Asal Tiongkok Ini Akhirnya Bisa Berdiri Normal

Default

Berdiri ataupun duduk sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Kamu tentu tidak akan kesulitan melakukannya. Bahkan, hanya dalam sedetik, kamu sudah bisa mengubah posisi badanmu.

Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh seorang pria asal Tiongkok bernama Li Hua. Sejak ia menderita kelainan punggung ekstrim, ia sama sekali tidak bisa duduk ataupun berdiri layaknya manusia normal.

Bahkan, ia sampai mendapatkan julukan 'Lelaki yang terlipat', saking ekstrim kelainan yang ia alami. Apa yang akhirnya dilakukan oleh tim medis untuk menyelamatkannya? Simak ulasannya berikut!

Dialami Sejak Usia 18 Tahun

Tubuh Terlipat 1 13ce9
Sumber foto: Asia Wire

Awalnya, Li Hua yang berdomisili di Shenzhen, Tiongkok ini tumbuh normal seperti manusia pada umumnya. Bahkan ia adalah seorang yang aktif bergerak.

Namun, semuanya berubah ketika ia berusia 18 tahun. Tulang-tulangnya secara mengejutkan tumbuh melengkung ke depan.

Kondisi ini semakin memburuk, bahkan membuat tubuhnya 'terlipat' dengan posisi dagu menempel di pinggang dekat alat kelaminnya.

Kondisi Langka dan Fatal

Tubuh Terlipat 2 34e2a
Sumber foto: Handout via Yahoo!News

Dilansir National Geographic Indonesia, ia mengalami kelainan tulang langka yang disebut ankylosing spondylitis atau spondilitis ankilosa.

Seseorang yang mengidap kelainan ini akan mengalami peradangan kronis pada tulang belakang, menyebabkan tertutupnya celah antar ruas tulang belakang.

Gangguan ini dapat membuat penderita ankylosing spondylitis menjadi bungkuk secara ekstrim. Aslinya kondisi ini sangat langka sekali, tapi bisa berakibat fatal jika tidak ditangani lebih lanjut.

Hambatan Biaya dan Kerumitan Operasi

Tubuh Terlipat 3 2885b
Sumber foto: Asia Wire

Awalnya, Li Hua tidak mau dioperasi karena terbentur permasalahan biaya. Namun akhirnya, di usia 28 tahun, ia memutuskan untuk pergi ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan dan persiapan rangkaian operasi panjang.

Berdasarkan hasil liputan South China Morning Post, tim dokter menemukan bahwa Li Hua kesulitan melakukan tugas-tugas dasar seperti makan dan minum

Hal ini disebabkan dagunya "terhubung" ke dadanya, tulang dadanya bersentuhan dengan tulang kemaluannya, dan wajahnya bersentuhan dengan tulang pahanya.

Bahkan menurut Dr. Tao Huiren, ahli bedah Li Hua di Shenzhen University General Hospital, ia melihat tingkat kompleksitas operasi yang diperlukan sangat tinggi dan berisiko.

Bahkan ia mengibaratkan seperti mendaki Gunung Everest dalam bidang operasi. Hal ini disebabkan kondisi Li Hua adalah kasus terparah yang pernah ia temui. Jelas ini berbeda dengan mitos-mitos sains yang ternyata hoax, ya!

Operasi Berhasil dengan Sukses

Tubuh Terlipat 4 96a8f
Sumber foto: Alice Yan via Yahoo!News

Akhirnya, setelah menanti sekian lama, di usia 46 tahun, proses operasi rekonstruksi tulang-tulang Li Hua berhasil berjalan dengan lancar.

Tidak main-main, yang dilakukan oleh para dokter adalah mematahkan semua tulang belakang Li Hua, lalu menyusunnya secara cermat menggunakan besi khusus.

Pasca operasi pun, Li Hua masih harus menjalani berbagai macam rehabilitasi selama berbulan-bulan. Ini disebabkan ototonya yang menyusut karena kondisi tulangnya yang membungkuk.

Ia pun akhirnya keluar dari rumah sakit pada bulan Juli 2020 dan bisa berdiri tegak seperti banyak orang lainnya.

Tentu saja, banyak yang bahagia dengan perubahan bentuk tubuhnya, tak terkecuali sang ibu yang sudah berusia 71 tahun. Akhirnya, ibunya bisa melihat sang anak tumbuh normal dan bahagia seperti orang lain.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai kisah 'lelaki terlipat'. Bagaimana menurutmu?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tags Terkait: fakta unik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal