7 Kuliner Ekstrem Khas Indonesia yang Terpopuler, Dari Biawak Sampai B*ji Sapi!

Default

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal akan kekayaan budaya dan makanannya yang fenomenal. Sebut saja rendang asal Padang yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia sampai diklaim negara lain.

Meskipun begitu, dunia kuliner Indonesia juga menyimpan banyak sekali makanan ekstrem. Biasanya, makanan ekstrem tersebut diolah atau dibuat dari bahan yang gak biasa.

Dicintai warga lokal sebagai panganan khas, orang yang gak terbiasa dengan makanan tersebut tentu bakalan terkejut. Padahal, rasanya pun enak, lho.

Penasaran gak sih sama makanan-makanan ekstrem dari Indonesia? Kalau begitu, simak terus artikel Jaka berikut ini, yuk!

1. Paniki

1 9f493

Apa jadinya kalau ikon superhero dijadikan makanan? Yup, paniki merupakan makanan khas Minahasa yang terbuat dari kelelawar buah dan dimasak dengan santan.

Kenapa kelelawar buah? Ternyata, kelelawar buah memiliki ukuran yang lebih besar dari kelelawar biasa, geng. Sebelumnya, kelelawar buah dibakar dulu untuk menghilangkan bulunya.

Setelah itu, kelelawar dimasak dengan santan dan bumbu seperti bawang merah, bawah putih, cabai, serai, dan lainnya. Gak hanya di Minahasa, kelelawar juga jadi bahan santapan lezat di kepulauan Maluku hingga China, lho.

2. Torpedo

2 4a633

Ketika mendengar kata torpedo, pasti terbayang misil yang diluncurkan dari kapal selam di bawah laut. Tapi, beda dengan makanan satu ini, geng.

Torpedo merupakan sebutan lain dari testis kambing atau sapi yang dimasak jadi gulai. Makanan ini biasa ditemui di restoran-restoran sate di daerah Jawa.

Memiliki rasa yang katanya nikmat, orang-orang juga percaya kalau makanan ini mampu meningkatkan libido seksual. Cocok buat kamu yang ngebet banget punya anak kaya Atta Halilintar.

3. Sate Biawak

3 Afeb2

Biawak merupakan reptil yang biasa hidup di sungai dan rawa-rawa. Hewan satu ini wujudnya memang mirip komodo, tapi ukurannya lebih kecil dan gak berbahaya, kok!

Memiliki wujud yang cukup mengerikan gak bikin masyarakat Jawa takut. Justru, biawak jadi bahan baku sate bahkan tongseng ekstrem yang rasanya nikmat.

Masyarakat Indonesia percaya kalau daging biawak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit hingga asma. Wah, Jaka gak usah ke dokter deh kalo gitu.

4. Belalang Goreng

4 5a8f9

Pengen makan makanan penuh protein tapi gak punya uang untuk beli daging ayam atau sapi? Gampang! Kamu bisa cobain belalang goreng khas Gunung Kidul, geng!

Sebelum menjadi makanan khas dan oleh-oleh asli Gunung Kidul, dulunya belalang goreng merupakan lauk pengganti ayam yang harganya cukup mahal.

Belalang yang dimasak biasanya adalah belalang kayu karena ukurannya yang lebih besar dari belalang sawah. Belalang ini kemudian dibersihkan, lalu digoreng dan ditambahkan bumbu.

5. Sabeta

5 4d278

Sabeta merupakan makanan ekstrem khas Halmahera yang terbuat dari ulat sagu. Sabeta biasanya diolah dengan cara dibumbui santan, disate, dipepes, dirica-rica, bahkan dimakan mentah-mentah, geng.

Sesuai namanya, sabeta atau ulat sagu dapat kamu temukan di dalam batang pohon sagu yang banyak tumbuh di daerah timur Indonesia.

Konon, ulat sagu ini mengandung protein serta asam amino yang tinggi, lho! Tradisi dan resep mengolah Sabeta juga merupakan warisan antargenerasi.

6. Didih / Saren

6 6beea

Biasanya, bagian tubuh hewan yang dapat diolah adalah daging, tulang, kepala, serta isian perut atau jeroan. Nah, didih atau saren beda karena makanan ini terbuat dari darah hewan, geng.

Didih biasanya dibuat dengan darah ayam, sapi, atau kambing yang kemudian dikukus dan digarami untuk memberi rasa. Bisa dibilang, makanan ekstrem ini merupakan kombinasi hati yang gurih dan tahu yang lembut.

Didih bisa kamu olah kembali menjadi berbagai macam masakan dengan cara dioseng, ditumis dan lain sebagainya. Di Jawa Timur, kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudah di warung gulai.

7. Sambal Tumpang

7 410e1

Kalau tadi Jaka sudah ngomongin protein hewani, kini saaatnya Jaka bahas protein nabati tapi juga gak kalah ekstrem. Makanan satu ini terbuat dari bahan yang membusuk, lho.

Yup, sambal tumpang merupakan olahan khas Jawa Tengah yang memadukan campuran tempe yang sudah mau busuk dan tempe yang masih dalam kondisi bagus.

Tempe tersebut lalu ditumis dengan berbagi bumbu dapur, santan, dan penyedap rasa. Hasilnya ada bau khas dari tempe busuk ketika disantap.

Akhir Kata

Gimana, geng, tertarik gak untuk mencicipi kuliner ekstrem khas nusantara di atas? Meskipun gak umum, tapi kita harus tetap mengapresiasi makanan warisan nenek moyang kita tersebut.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Bisa Tanpa Aplikasi!

Wajah Cantik Bak Bidadari, 5 Artis Indonesia Ini Dulunya Cowok!

Jarang Muncul, Penampilan Anak Ariel NOAH di Lebaran Curi Perhatian

Nonton Tokyo Revengers (2021) | Balik ke Masa Lalu Demi Selamatkan Mantan Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal