5 Jalan Paling Ekstrim di Indonesia, Pacu Adrenalinmu di Sini!

Indonesia dikaruniai pemandangan alam yang luar biasa indah, secara khusus deretan pegunungan hijau yang berjejer satu sama lain. Nggak heran, Indonesia punya banyak sekali tempat wisata yang mendunia.

Namun di satu sisi, keberadaan pegunungan ini kerap menjadi kendala ketika hendak membangun jalan baru bagi pengemudi kendaraan. Berbeda jika di tanah datar, membangun jalan di pegunungan membutuhkan perhitungan yang cermat dan teliti.

Tidak hati-hati saat membangunnya, jalan tersebut bisa longsor dan malah membahayakan siapapun yang lewat. Maka tidak heran, jalanan di sana dibuat berkelok-kelok.

Tak jarang, jalan ini sangat ekstrim dan berbahaya karena berbagai macam faktor, entah karena terlalu curam ataupun punya banyak tikungan tajam. Berikut beberapa di antaranya!

1. Kelok 44 Sumatera Barat

Jalan Ekstrim Indonesia 1 9b7b1

Bagi kamu warga Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi pastinya sudah sangat familier dengan Kelok 44. Jalanan ini juga sangat dikenal para pesepeda karena sering menjadi jalur kompetisi sepeda tingkat nasional dan internasional.

Jalan ini biasanya juga sering dilewati oleh para pemudik yang berasal dari Maninjau menuju Bukittinggi dan juga sebaliknya.

Di sini, kamu harus siap sedia dengan lebih dari 40 belokan tajam di sepanjang 10 kilometer ke depan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Buat kamu yang belum mahir menyetir mobil atau sepeda motor, Jaka sarankan jangan sekali-kali melewati Kelok 44. Fatal banget akibatnya!

2. Geopark Ciletuh Jawa Barat

Jalan Ekstrim Indonesia 2 95cf4

Sebagai wilayah dengan biaya hidup termurah, kamu bisa menjelajahi beraneka tempat wisata di Jawa Barat dengan harga terjangkau. Salah satunya di Geopark Ciletuh.

Untuk sampai ke sini, kamu bisa berkendara melalui jalan tol Jagorawi, lalu mengambil pintu keluar terakhir di gerbang Ciawi di Bogor. Setelah itu, kamu lurus terus di persimpangan Ciawi ke Sukabumi sampai menuju lokasi.

Pemandangan di sini sangatlah indah, bahkan kamu bisa berfoto-foto instagenik sambil membuat caption Instagram secara kreatif dan kocak.

Akan tetapi, hati-hati! Jalanan di sini sangat curam, lengkap dengan tikungan tajam dan tiupan angin yang kencang. Kemampuan menyetirmu dan menjaga mobil tetap stabil bakal diuji di sini.

3. Jalur Nagreg - Jawa Barat

Jalan Ekstrim Indonesia 3 F538b

Buat kamu yang biasa mudik Jawa Tengah - Jawa Barat lewat jalur darat pastilah sangat familier dengan jalur Nagrek yang terletak di pegunungan.

Memang, jalur ini dibangun dengan cara membelah pegunungan, loh! Nggak heran ketika kamu melalui jalur Nagreg, kamu bakal dibuat pusing dengan banyaknya kelokan dan jalan yang naik turun.

Banyak sekali kecelakaan kendaraan terjadi di sini, beberapa di antaranya karena faktor jalanan yang licin, apalagi saat hujan.

Nah, jika kamu anti lewat sini, Jaka sarankan lebih baik kamu melewati jalur Cijapati saja, apalagi buat kamu yang sedang menuju Garut. Biarpun sedikit lebih jauh, namun lebih aman.

4. Jalur Senggigi - Nusa Tenggara Barat (NTB)

Jalan Ekstrim Indonesia 4 3bc31

Pernah melalui jalan Pantai Senggigi yang ada di NTB? Buat kamu yang pernah berwisata di pantai ini, pastinya kamu masih ingat betapa struggle perjuangan yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Bagaimana tidak? Perjalanan dari pusat kota ke pantai mengharuskanmu melewati pegunungan dan jalur Senggigi yang terkenal akan kelokannya yang curam.

Sepanjang perjalanan, driver harus berkonsentrasi penuh karena kelokan-kelokannya banyak, tajam, dan tak jarang licin.

Selain itu, turunan jalannya sangat terjal dan bisa membuat kendaraan yang kamu tumpangi tergelincir. Jadi Jaka sangat menganjurkan kamu untuk berhati-hati!

5. Trans Flores NTT

Jalan Ekstrim Indonesia 5 C6406

Jalur Trans Flores adalah jalan nasional yang dibangun sebagai jalur utama transportasi di Nusa Tenggara Timur.

Memiliki total panjang 664 kilometer, jalur ini menghubungkan Labuan Bajo hingga Ende dan Maumere. Ibarat kata dari ujung pulau sampai ke ujung lagi. Panjang banget, bukan?

Nah, karena jalur ini melewati hutan, pegunungan, sungai, hingga semak belukar, maka kamu harus ekstra berhati-hati. Belum lagi jalannya yang curam dan licin ketika hujan bakal bikin adrenalinmu terpacu kencang.

Beruntungnya, kamu bakal disajikan pemandangan paripurna alam NTT yang tiada duanya. Dijamin, kamu tidak akan menyesal saat melalui jalanan ini.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai jalanan paling ekstrim di Indonesia. Berani lewat dan menguji adrenalinmu di sini?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal