Gokil! Indonesia Punya Harta Karun Rp19 Ribu Triliun | Di Mana Lokasinya?

Default

Indonesia ternyata punya harta karun bernilai fantastis, diperkirakan bernilai mencapai Rp19 ribu triliun. Apa bentuk harta karun itu dan di mana lokasinya?

Mengutip Detik.com, 'harta karun' milik Indonesia ini berupa kekayaan laut Indonesia yang mencakup perikanan tangkap, budi daya, hingga industri bioteknologi.

Diperkirakan, kekayaan laut kita memiliki nilai mencapai 1.338 miliar dollar AS atau senilai Rp19.133 triliun per tahun! Luar biasa banget, kan?

Menurut Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sjarief Widjaja, jumlah tersebut bisa didapatkan dari semua sisi kelautan.

Mulai dari perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan, dan lainnya.

"Ini peluang, kita baru sentuh perikanan tangkap saja, kita belum sentuh bioteknologi," tambah Sjarief dalam Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021 seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (3/9/2021).

Potensi kekayaan laut Indonesia

Lebih lanjut, Sjarief mengatakan bahwa potensi ini harus sangat dioptimalkan. Apalagi untuk para pengusaha di tanah air. Apalagi dalam kondisi sekarang di mana semua sektor belum dioptimalkan.

Luas area Indonesia ada sekitar 8 juta kilometer persegi, hampir sama dengan luas keseluruhan negara Amerika Serikat.

Namun ternyata kita baru memanfaatkan 2,1 juta kilometer persegi saja dari total luas tersebut. Sisa luas 6,1 juta kilometer persegi belum berkontribusi pada perekonomian nasional.

Misalnya, Indonesia merupakan pengekspor terbesar rumput laut. Sekitar 25% kebutuhan rumput laut dunia disuplai oleh kita.

Namun produk yang kita ekspor ini masih berupa bahan mentah. Hal itu menyebabkan nilai rumput laut ekspor kita tidaklah terlalu besar.

Padahal jika diolah lagi jadi produk turunan lain, nilai tambahnya bisa jadi sangat besar. Rumput laut bisa jadi bahan baku kosmetik, obat-obatan, hingga tepung.

Rumput Laut Indonesia Republika Fe668

Tersebar di 11 sektor

Potensi kekayaan ekonomi di sektor kelautan Indonesia atau harta karun ini sangatlah besar. Jumlah kekayaan Rp19.133 triliun ini tersebar di 11 sektor.

Di antaranya adalah sektor perikanan tangkap yang potensinya 20 miliar dollar AS ( Rp28 triliun).

Lalu ada sektor perikanan budidaya dengan potensi 210 miliar dollar AS (Rp2.995 triliun), industri pengolahan 100 miliar dollar AS (Rp1.426 triliun), industri bioteknologi 180 miliar dollar AS (Rp2.567 triliun).

Ada juga potensi sektor energi dan sumber daya mineral termasuk garam dan BMKT yakni 210 miliar dollar AS (Rp2.995 triliun).

Selanjutnya ada potensi di sektor pariwisata bahari 60 miliar dollar AS (Rp85 triliun), transportasi laut 30 miliar dollar AS (Rp42 triliun), industri dan jasa maritim 200 miliar dollar AS (Rp2.853 triliun).

Terakhir yakni potensi di coastal forestry 8 miliar dollar AS, sumber daya wilayah pulau-pulau kecil 120 milliar dollar AS (Rp1.711 triliun), dan sumber daya non konvensional 200 milliar dollar AS (Rp2.853 triliun).

Jadi prioritas presiden

Sjarief juga menegaskan bahwa pemanfaatan potensi kelautan atau harta karun Indonesia ini jadi salah satu prioritas Presiden Joko Widodo.

"Waktu pertama beliau deklarasikan terpilih menjadi presiden periode pertama beliau sampaikan kita sudah terlalu lama memunggungi laut, dan saatnya kita menoleh ke laut kita ini," tutup dia.

BACA JUGA

10 Potret Ojol yang Dapat Orderan dari Artis | Baca Statusnya Bikin Ngakak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Hewan Raksasa Paling Mengerikan yang Pernah Hidup | Ada yang Bisa Memangsa Dinosaurus

Baca Manga Tokyo Revengers Chapter 220 Bahasa Indonesia | Nyawa Senju Terancam!

Potret 7 Selebriti Cantik yang Terlahir Sebagai Pria | Bikin Cewek Auto Insecure!

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 28 A98a0
5 Perairan Indonesia Paling Angker | Segitiga Bermuda Kalah Horor
Cats5 Ae665
10 Film Tentang Ganasnya Hiu yang Meneror Lautan, Dijamin Menegangkan!
Pusaran Air Terbesar Di Dunia 401c3
5 Laut yang Paling Berbahaya di Dunia | Iklimnya Gak Ketebak!
Untitled Design 2021 01 27t211026 703 B3e89
5 Harta Karun Tak Ternilai yang Belum Ditemukan, Hilang Selamanya?
Penemuan Harta Karun Paling Bernilai Di Indonesia Banner D74eb
5 Penemuan Harta Karun Paling Bernilai di indonesia, Bisa Lunasi Utang Negara?
Harta Karun Soekarno 23c2e
7 Harta Karun di Indonesia yang Belum Ditemukan | Beneran Ada!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal