J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Miris! Guru TK Diteror 24 Pinjol Demi Biayai Kuliah | Sampai Dipecat dan Depresi

Rabu, 19 Mei 2021, 09:30 WIB
Demi mengejar gelar sarjana, guru TK ini meminjam uang dari aplikasi pinjol hingga terlilit hutang Rp40 juta dan dikejar debt collector

Saat ini sudah banyak banget penyedia jasa pinjaman online yang tersedia. Bisnis ini memang sekarang lagi booming mengingat keuntungan yang dijanjikan sangatlah besar.

Tapi kamu wajib berhati-hati, geng. Syarat pinjaman online yang mudah terkadang menjadi pedang bermata dua bagi si debitur. Hal inilah yang terjadi kepada wanita asal Malang satu ini.

Demi menggapai mimpinya sebagai guru kelas di TK tempatnya mengajar, Melati harus menempuh pendidikan S1. Pengabdiannya selama 13 tahun sebagai guru pendamping nampaknya gak cukup.

Atas permintaan sekolah, Melati pun mendaftarkan diri ke program S1 di Universitas Terbuka (UT). Kuliah Melati pun berlangsung dengan lancar hingga semester 9 tiba.

Di semester ke-9, Melati kesulitan untuk membayar tagihan kuliah sebesar Rp2,5 juta. Kewajiban tersebut harus segera dibayar, jika tidak Melati akan gagal menyandang gelar sarjana.

Gaji Melati sebagai guru pendamping di TK-nya yang hanya Rp400 ribu sebulan tentu saja gak cukup untuk membiayai kuliahnya tersebut.

Atas saran temannya, Melati pun memberanikan diri untuk mengambil pinjaman online demi menutupi tagihan kuliahnya tersebut.

Sayangnya, karena gajinya yang kecil, Melati pun hanya bisa mendapatkan pinjaman dari aplikasi sebesar Rp400 - Rp600 ribu saja. Alhasil, ia pun meminjam pada 5 aplikasi pinjol.

"Akhirnya saya pinjam online. Karena satu aplikasi hanya bisa maksimal Rp400 ribu sampai Rp600 ribu, saya akhirnya pinjam ke 5 aplikasi," tutur Melati ketika diwawancarai Detikcom di kediamannya Senin (17/05/2021).

Melati diberi waktu 7 hari untuk melunasi semua hutangnya tersebut. Namun, baru berlangsung 5 hari, Melati sudah dipaksa untuk membayar.

Bunga yang diberikan oleh aplikasi pinjaman online gak main-main, geng. Menurut pengakuan Melati, bunga pinjamannya mencapai 100%. Misalkan ia meminjam Rp600 ribu, maka ia harus membayar Rp1,2 juta dalam tempo waktu 5 hari saja.

Karena kesulitan membayar hutangnya tersebut, Melati pun melakukan gali lubang tutup lubang. Ia meminjam dari pinjaman online yang lain.

Sayangnya, ia gak memikirkan dampak jangka panjang dari tindakannya tersebut. Melati pun kini terlilit hutang dari 24 aplikasi pinjol dengan total Rp36 - Rp40 juta plus bunga.

Melati juga mengungkapkan bahwa hanya 5 pinjaman saja yang legal. Sisanya berasal dari pinjaman online ilegal yang jelas-jelas sudah dilarang oleh OJK.

"Dari 24 aplikasi, lima legal dan sisanya ilegal. Atas saran teman, saya kembalikan dulu yang aplikasi legal, tapi hanya pokoknya saja," ungkapnya.

Kesialan Melati gak hanya sampai situ saja. Sekolah tempat Melati bekerja pun memecatnya akibat merasa malu dengan Melati yang terlilit hutang dan debt collector yang selalu mengejar-ngejarnya.

"Saya ini kuliah menuruti kemauan sekolah, sudah 13 tahun saya mengabdi. Tapi karena punya utang dan ditagih debt collector malah diberhentikan," curhat Melati sambil menangis.

Karena depresi dililit hutang dan dikejar puluhan debt collector, Melati pun sempat hampir bunuh diri. Gak hanya kehilangan pekerjaan, ia juga kehilangan teman-temannya.

Contoh kasus Melati di atas bisa jadi pelajaran buat kita semua supaya gak meminjam dari aplikasi pinjaman online. Selain bunganya besar, belum tentu juga aplikasi tersebut disetujui oleh pemerintah, geng.

Apakah kamu punya pengalaman yang sama?

Baca juga artikel Viral atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

Apa Itu Root Beserta Kelebihan & Kekurangannya Untuk Android Kamu

Jarang Muncul, Penampilan Anak Ariel NOAH di Lebaran Curi Perhatian

25+ Film Komedi Terbaik & Terbaru 2021 | Lucu & Menghibur!

Miris, Keturunan Asli RA Kartini Ternyata Hidup Jadi Tukang Ojek!

ARTIKEL TERKAIT
Lucinta Luna Hamil Lagi 95ded
Mengaku Dihamili Bule, Lucinta Luna Banjir Komentar Kocak dari Netizen
Kasus Kontroversi Atta Halilintar Fb656
7 Kasus Kontroversial Atta Halilintar, Dari Lucinta Luna Hingga Bebby Fey!
Kontroversi Deddy Corbuzier Bfdb7
5 Kontroversi Deddy Corbuzier di YouTube, Mulai dari Lucinta Luna hingga Mualaf
Aplikasi Ibu Hamil Banner 1a52c
7 Aplikasi Ibu Hamil di Android dan iOS | Calon Ibu Wajib Install!
Mumi Wanita Hamil Tua 3770a
Ditemukan Mumi yang Hamil Tua | Pertama Kali di dalam Sejarah!
Aktris Syuting Film Hamil Ddef9
7 Aktris Ini Pernah Syuting Film Saat Hamil, Wanita Perkasa!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal