Heboh Ada Bangunan Mirip Kabah Dihancurkan di Fortnite, Kementerian Telusuri Faktanya

Default

Game battle royale besutan Epic Games, Fortnite panen kecaman karena adanya bagian dalam game yang dinilai menghina umat muslim.

Dalam salah satu level, terlihat bagian di mana pemain diharuskan untuk menghancurkan sebuah ikon yang terlihat seperti Ka'bah untuk memperoleh senjata baru dan naik ke level berikutnya - seperti dikutip dari detikINET.

Ka'bah yang berada di Mekkah, Arab Saudi merupakan tempat suci bagi umat muslim, di mana ibadah haji dilakukan mengelilinginya.

Konten Game Fortnite Ajak Hancurkan Kabah 3813a
Sumber foto: Dafunda

Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al-Azhar Kairo bahkan telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh umat muslim agar tidak memainkan lagi game yang dirilis pada 21 Juli 2017 tersebut.

"Ini bisa mempengaruhi kepercayaan dan mental anak muda. Ini juga meremehkan pentingnya tempat suci bagi umat Islam," bunyi pernyataan dari lembaga tersebut dilansir dari Middle East Monitor.

Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al-Azhar Kairo juga secara spesifik mengeluarkan larangan untuk seluruh game online yang mendorong kekerasan atau berisi ide-ide palsu yang dapat mendistorsi iman, apalagi mengisyaratkan penghinaan terhadap agama.

Kemenkominfo RI Akan Gandeng Pihak Kepolisian

Menurut Kompas, Kemenkominfo tengah melakukan koordinasi dengan Polri demi mendalami dan menindak pelaku terkait dimuatnya ikon mirip Ka'bah di Fortnite.

"Kementerian Kominfo sedang berkoordinasi kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk menelusuri dan menindak pelaku yang mengkreasi konten tersebut," terang Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan terus menelusuri dan menindak kasus ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku jika ditemukan pelanggaran.

Johnny juga menyebut bahwa pihak Kementerian Kominfo telah mengkaji konten video YouTube yang ternyata sudah dipublikasikan sejak 17 Februari 2019 tersebut.

Kemenparekraf Berharap Fortnite Diblokir

Berbeda dengan Kemenkominfo, dalam sebuah kesempatan Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengutarakan harapannya agar game Fortnite dapat diblokir agar tak lagi dapat dimainkan oleh anak-anak.

Menurutnya, konten dalam video game yang dikembangkan Farga Corporation tersebut bertentangan dengan nilai-nilai luhur keagamaan yang dapat memicu perilaku negatif, seperti lunturnya rasa hormat antar umat beragama dan mendorong terjadinya aksi kekerasan yang mengacu pada penistaan agama.

"Lima kali sehari minimal kita menghadap Ka'bah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah. Dan di game ini saya diberi tahu bahwa ada Ikon yang dinilai mirip Ka'bah yang harus dihancurkan untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya," kata Sandiaga Uno, seperti dikutip dari Suara.

Fortnite Telah Beri Klarifikasi

Game Fortnite Dikecam 25a88

Di sisi lain, pihak Fortnite juga telah memberikan klarifikasinya terkait konten yang meresahkan umat muslim tersebut.

Menurut Menkominfo Johnny G Plate, bagian tersebut bukanlah konten orisinil Fortnite, melainkan adalah user-generated content (UGC).

UGC sendiri dapat dibuat oleh pengguna dalam "creative mode", yang membebaskan pemainnya untuk menciptakan map dan pulau sendiri.

Kesimpulannya, ikon mirip Ka'bah itu tak pernah diciptakan oleh Epic Games. Mereka juga membantah bahwa pemain dapat menghancurkan Ka'bah di mode tersebut.

"Kami ingin menekankan bahwa tim kami menghormati semua agama," tegas Epic Games, seperti dimuat Suara dari CNN Arab.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

10 Potret Jadul Artis yang Sudah Berkarier Sejak Kecil | Maudy Ayunda Bikin Pangling!

Dulu Miliarder, Pemilik Siomay Pink Kini Bangkrut dan Kembali Jualan Keliling Pakai Sepeda

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian Terbaik 2021

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Ilmuwan Perkirakan Penampakan Peta Bumi 250 Juta Tahun ke Depan | Dunia Menyatu Lagi

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 07 06t113626 410 C14a8
Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Anak Manusia yang Sempat Viral
Hewan Zaman Purba E9890
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Dunia | Banyak yang di Indonesia
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Indonesia 86591
Penemuan Lukisan Purba Tertua di Dunia yang Ada di Indonesia | Ada Manusia Setengah Hewan?
Virus Corona Mewabah Di Asia Timur Zaman Purba 44ba2
Virus Corona Ternyata Pernah Jangkiti Asia Timur di Zaman Purba?!
Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia 45bee
5 Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Siapa Saja?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal