3 Toilet Paling Unik dan Canggih di Jepang | Tansparan dan Bisa Mengambang?

Default

Selain berstatus negara maju, Jepang juga kreatif dalam berbagai hal, termasuk dalam mendesain toilet umum paling unik, nyaman, dan canggih bagi para warganya dan pengunjung.

Ya, mereka membuat toilet umum dengan desain yang unik, dengan fitur-fitur yang canggih seperti bidet elektronik punya beragam kontrol untuk tekanan air, suhu, mode flushing, dan lainnya.

Kehadiran toilet-toilet umum unik di Negeri Sakura tersebut pun bisa menjadi inspirasi bagi negara lain seperti Indonesia untuk mengadopsi toilet umum yang serupa atau malah lebih kreatif.

Berikut adalah beberapa toilet umum unik yang ada di Jepang dan tak ada di negara lain. Yuk, ketahui lebih lanjut di artikel ini.

1. Toilet Transparan

Toilet Transparan 2 F7d1c
Sumber foto: Techeblog.com

Di mana-mana, toilet itu harus tertutup karena hal tersebut sudah masuk ranah privasi. Lagian siapa juga yang mau memperlihatkan aktivitasnya di toilet, betul?

Namun, pemerintah Jepang justru punya inovasi sendiri dengan menghadirkan toilet umum dengan dinding-dinding kaca yang transparan. Wah, apa nggak malu pakainya?

Eits, jangan salah. Meski transparan, dinding-dinding kacanya bisa berubah menjadi buram otomatis dan tidak kelihatan oleh orang di luar saat terkunci.

Toilet transparan umum ini dibuat oleh arsitek ternama di Jepang bernama Shigeru Ban. Dia membuatnya dengan tujuan agar orang-orang bisa tahu toilet tersebut sedang dipakai atau enggak.

Ini juga dilakukan untuk menghapus prasangka kalau toilet umum biasanya kotor dan bau. Dengan adanya toilet transparan, pengunjung bisa tahu apakah toilet bersih atau tidak.

Menariknya, toilet transparan yang dibangun di Taman Mini Yoyogi Fukamachi Tokyo dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa itu punya kaca yang berwarna-warni seperti hijau, biru, oranye, merah muda, dan ungu.

2. Toilet Mengambang

Toilet Mengambang 2 1b9dc
Sumber foto: Yankodesign.com

Toilet selanjutnya juga tidak kalah unik. Toilet umum berbentuk persegi panjang dan terbuat dari beton ini terlihat seperti mengapung atau mengambang.

Situs Travel and Leisure menyebutkan toilet mengambang ini dibuat oleh studio desain lokal bernama Suppose Design Office. Lokasinya berada di dekat Stasiun Sendagaya, Tokyo.

Tampak dari luar, tidak ada yang istimewa dari bangunan toilet umum ini selain tampak mengambang. Namun, saat masuk ke dalamnya, pengunjung akan dibuat takjub dengan kenyamanan bak toilet hotel.

Bilik toilet tersebut terbuat dari kayu Akoya dan tertutup sepenuhnya pada ketinggian yang sejajar dengan mata.

Toilet mengambang dibuat dengan tujuan agar ada celah ventilasi dan sumber cahaya masuk pada celah di bawah dan jendela di bagian atas.

Seperti toilet pada umumnya, toilet mengambang ini juga terdapat bilik yang memisahkan toilet pria dengan toilet wanita. Di dalamnya juga ada fasilitas wastafel.

Proyek toilet umum ini kabarnya merupakan salah satu dari banyak proyek yang disiapkan oleh Tokyo menjelang Olimpiade musim panas 2021 mendatang.

3. Toilet Bernyanyi

Toilet Bernyanyi 0ca04
Sumber foto: Shutterstock

Sebagai negara industri yang maju, Jepang dikenal dengan toilet umumnya yang canggih. Saking canggihnya, toilet Jepang bisa bernyanyi.

Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya fitur flushing sound yang berguna untuk meredam bunyi-bunyi kurang enak saat kita buang air besar. Ini memiliki fungsi yang sangat dicari mengingat warga Jepang sangatlah pemalu.

Seperti robot yang sedang berperang, bunyi flushing sound tersebut sungguh dan mampu meredam bunyi 'plung-plung' dan keriuhan saat buang air besar.

Beda dari toilet di Indonesia, toilet di Jepang tidak dilengkapi dengan tempat sampah untuk membuang tisu bekas pakai. Ternyata tisunya bisa langsung dibuang atau dihanyutkan ke toilet.

Tisu di Jepang mudah hancur saat dimasukkan ke toilet. Itulah alasan kenapa mereka tidak menyediakan tempat sampah karena warganya juga dikenal sangat bersih dan menjaga lingkungan.

Canggihnya lagi, toilet ini juga bisa menyesuaikan suhu secara otomatis sesuai musim. Saat musim dingin, dudukan dan bilasannya akan terasa hangat.

Satu lagi, Jepang juga sangat memikirkan mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan dengan menyediakan huruf braile di setiap fitur toilet.

Akhir Kata

Itulah toilet-toilet umum yang ada di Jepang. Selain punya desain unik, toiletnya juga punya fitur-fitur canggih. Keren, ya?

Kapan ya kota Jakarta punya toilet umum unik, canggih, dan nyaman kayak di Jepang? Kita doakan saja, ya, geng.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Tanda Wc Kreatif Banner
[UPDATE] 20 Foto Petunjuk Toilet Paling Kreatif yang Pernah Ada
Gambar Pembeda Toilet Paling Unik Banner
15 Tanda Pembeda Toilet Paling Anti Mainstream yang Pernah Ada
Kegiatan Yang Bikin Betah Di Toilet Banner
5 Kegiatan Ini Terbukti Bikin Kamu Makin Betah di Toilet
Toilet Super Canggih E8232
7 Toilet Super Canggih di Seluruh Dunia | Bisa Putar Musik dan Pijit!
Inovasi Canggih Toilet Gak Penting
Bisa Ngomong?! Ini 5 Inovasi Toilet Canggih yang Sebenarnya Gak Penting
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal