Kisah Pilu Warga Dalit, Kasta Terendah di India | Diperlakukan Tidak Manusiawi!

Default

Bisa dikatakan kalau lasus kekerasan kerap terjadi di India. Seperti, kasus kekerasan yang terjadi di bulan Juni tahun 2015 lalu.

Melansir dari indiatoday.in pada Senin (12/4/2021), kasus kekerasan itu cukup mengejutkan lantaran hanya disebabkan oleh perbedaan kasta!

Seorang gadis India kecil dari Kasta Dalit diduga dipukuli oleh seorang wanita dari kasta yang lebih tinggi di desa Ganeshpura, Uttar Pradesh, India.

Gadis ini dipukuli lantaran bayangannya menimpa seorang pria berotot milik keluarga mereka, berdasarkan keterangan polisi setempat.

Kaum Dalit Di Bali A71e3

Insiden tersebut terjadi di 13 Juni 2015 dan pengaduan juga diajukan di hari yang sama pada kantor polisi Gadi Malhera, Superintendent of Police (ASP).

Berdasarkan laporan yang diajukan sang ayah gadis korban, masalah ini berawal saat putrinya mengambil dari pompa tangan milik desa.

Secara tak sengaja, bayangannya jatuh pada lelaki berotot Puran Yadav (milik kasta yang lebih tinggi) yang kebetulan lewat di sana.

Tak ayal, gara-gara kejadian tersebut lantas membuat marah sang keluarga pria tersebut terhadap sang gadis muda itu.

Akhirnya, wanita di keluarga itu memukuli gadis tersebut dengan kejam dan mengancam kalau jika gadis itu terlihat lagi, mereka bakal membunuhnya.

Keluarga Yadav bahkan melarang korban untuk ke kantor polisi, tapi entah bagaimana caranya keluarga gadis berhasil melapor ke polisi.

Sistem Kasta di India yang Sensitif

Pernikahan Beda Kasta Di India 42d37

Bicara tentang kasta memang sensitif di India. Apalagi di sejumlah tempat terpencil di India. Sistem kasta ini sangatlah berpengaruh.

Seperti, kalangan dari kasta yang lebih rendah dilarang kerap berhubungan dengan orang-orang dengan kasta yang lebih tinggi.

Bahkan parahnya, mereka tidak bisa berbagi makanan, memasak untuk mereka atau bahkan melihat mereka tepat di mata kepala sendiri.

Saking ekstremnya, bayangan mereka seakan haram atau dilarang menimpa bayangan dari orang-orang kasta yang lebih tinggi darinya.

Alasannya? Warga kasta justru menganggap hal tersebut sebagai najis atau mencemari diri mereka.

Fakta Kasta Dalit di India

Kasta Artis India B01fe

India memang membaga masyarakat atas beberapa kasta. Brahmana menjadi kasta teratas yang umumnya adalah para ahli agama.

Kemudian Ksatria posisi kedua yang memiliki profesi sebagai prajurit atau penguasa. Selanjutnya, Waisya bagi pedagang, dan Sudra bagi mereka yang bertani atau buruh.

Rupanya terdapat kasta kelima yang sebenarnya tidak masuk pada struktur inti ini, merekalah yang disebut dengan nama Dalit.

Dalit memiliki makna 'yang tertindas' dalam bahasa Sanskerta. Sehingga mereka dianggap tidak murni dan tidak pantas memperoleh hak-hak yang penting pada kehidupan sosialnya.

Sering sekali kasus kekerasan yang cukup miris tetapi berakhir nihil meski sudah dilaporkan ke polisi.

Biasanya diskriminasi itu dilakukan oleh orang-orang yang masih memiliki pemikiran tradisional dan umumnya tinggal di desa.

Meski pemerintah India telah mengatur undang-undang yang melarang adanya diskriminasi didasarkan dari sistem kasta. Namun, tampaknya nilai tradisional sebagian warga India masih kuat.

Hal tersebut juga tertera pada UU Penyalahgunaan Kekerasan yang disahkan tanggal 31 Maret 1995. Dalam sejumlah kota-kota besar sendiri, diskriminasi tersebut sudah sangat jarang terjadi.

Dulu, para warga Kasta Dalit seakan dibiarkan hidup di garis kemiskinan seumur hidup. Hampir tak ada harapan untuk mereka bisa mengubah nasib dan memperole pendidikan yang layak.

Ciri Ciri Kasta Dalit 0055e

Namun saat ini kondisi mereka tampaknya lebih baik. Seperti, sejumlah orang dari Kasta Dalit jadi tokoh penting di pemerintahan.

Contohnya Ram Nath Kovind, Presiden India ke-14, yang rupanya berasal dari komunitas Dalit di India.

Kemudian Bhimrao Ramji Ambedkar atau dikenal dengan Babasaheb, adalah seorang nasionalis dan politikus berkebangsaan India.

Bahkan saat Ambedkar masuk universitas di Bombay, dirinya menjadi anak Dalit pertama yang bisa masuk perguruan tinggi.

Baca artikel mengenai Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Download WhatsApp GB (GB WA) v15.1.3 Anti Banned | Banyak Fitur Rahasia!

5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Kru TV | Memang Bakat Terkenal!

13 Game Penghasil Uang Tercepat Tanpa Modal di 2021, Cuan Ngalir!

10 Fakta Unik Antarktika | Jangan Sampai Typo!

ARTIKEL TERKAIT
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Tags Terkait: indianegara
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal