Jangan Lupa Baca Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa, Ini Lafaz dan Artinya!

Bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah sudah berjalan hampir seminggu nih, geng. Namun, ada nggak dari kamu yang belum tau atau suka lupa baca doa niat puasa Ramadhan beserta artinya?

Jangan cuma fokus buat ngasih ucapan selamat puasa aja, pastikan kamu nggak lupa membaca niat puasa pada malam hari sebelum fajar.

Niat berpuasa itu penting geng, bahkan Kementerian Agama Republik Indonesia mewajibkan seluruh umat muslim untuk membaca niat agar puasanya sah.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah mengenai niat puasa:

"Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya" - H.R. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah, dari Hafshah

Selain niat, kamu juga perlu mengingat doa berbuka puasa sebelum mulai melaksanakan buka selepas azan Maghrib, geng.

Nggak usah takut lupa lagi, sini Jaka ingetin biar besok puasa kamu makin afdol!

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Doa Niat Puasa Ramadhan 6cfd4

Dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, Prof Dr Wahbah Az Zuhaili menerangkan bahwa menurut istilah syara', niat adalah tekad hati untuk melakukan amalan fardhu atau yang lain.

Maka dari itulah, niat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan memegang peranan penting dan harus dilaksanakan, geng.

Nah, agar sesuai dengan tata cara berniat, lafaz niat puasa Ramadhan yang dapat kita ikuti dan sudah diketahui secara luas di Indonesia, yaitu:

Lafaz Niat Puasa Ramadhan Aead7

"Nawaitu shouma ghodin'an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala."

Artinya: Aku sengaja berpuasa esok hari untuk menunaikan ibadah fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta'ala.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa pendapat yang menyebutkan mengenai apakah niat puasa harus dilafalkan atau tidak.

Jika kamu ingin berjaga-jaga agar tidak lupa membaca niat, Jaka sarankan untuk melafalkan niat tepat setelah salat tarawih.

Biasanya sih, menjelang akhir rangkaian tarawih di masjid manapun ada waktunya untuk membaca niat puasa pada bulan Ramadhan bersama-sama, geng. Nggak akan lupa, deh!

Doa Niat Mengganti Puasa Ramadhan Karena Haid dan Sebab Lainnya

Nawaitu Shouma Ghodin An Qadhaa I Fardhisy Syahri Romadhoona Hadzihis Sanati Lillaahi Ta Aala 255bb

Kamu bisa membaca niat di atas saat hendak berpuasa di bulan Ramadhan keesokan harinya, tetapi lain halnya jika kamu ingin membaca doa niat puasa ganti Ramadhan.

Mengganti puasa bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kamu yang kebetulan sedang hamil, menstruasi, sakit, ataupun tengah dalam perjalanan jauh dan tidak bisa menjalankan puasa.

Kewajiban menunaikan utang puasa Ramadhan tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 184 yang artinya:

"Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib baginya mengganti) sebanyak hari yang ditinggalkan pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin "

Selain hukum mengganti puasa Ramadhan itu wajib, kamu juga harus ingat bahwa dalam pelaksanaannya tidak boleh ditunda-tunda, geng.

Untuk itu, segerakanlah untuk mengganti puasa begitu Ramadhan usai, ya.

Kalau kamu masih belum tahu lafaznya, berikut niat mengganti puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui:

Doa Niat Puasa Ganti Ramadhan Karena Haid 892d5

"Nawaitu shouma ghodin'an qadhaa'i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala."

Artinya: Aku niat untuk mengganti puasa di bulan Ramadhan esok hari karena Allah ta'alaa.

Gampang diingat, bukan? Nah, kamu sudah siap untuk mendulang manfaat puasa pada keesokan harinya. Jangan lupa dibaca ya geng, kalau bisa dilafalkan!

Doa Berbuka Puasa

Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya F10c2

Setelah seharian menahan haus dan lapar, tentu saja azan Maghrib adalah suara yang senantiasa ditunggu kedatangannya oleh umat muslim yang sedang berpuasa.

Walaupun Indonesia masih tergolong negara dengan durasi puasa tercepat, yang namanya puasa pastinya diwarnai dengan rasa lapar dan haus.

Eitss, jangan sampai saking kelaparan dan kehausan kamu jadi lupa berdoa ketika akan berbuka puasa, geng.

Nah, ini dia doa buka puasa yang perlu kamu ketahui:

Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan 5fd61

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Membaca doa buka puasa merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas kelancaran puasa kita hari itu, geng.

Apalagi kalau kamu berbuka dengan jajanan tradisional yang hanya ada saat Ramadhan. Wah, perfect banget rasanya!

Akhir Kata

Itu dia, geng, doa niat puasa Ramadhan dan buka puasa sebagai bekalmu hingga akhir Ramadhan, atau bahkan jika nanti kamu mengganti puasa Ramadhan.

Meski di tengah pandemi, puasa tahun ini tetap terasa istimewa dengan hadirnya orang-orang terkasih, termasuk pula bagi para artis Indonesia yang pertama kali puasa.

Semoga berkah Ramadhan selalu menyertai kamu dan orang-orang terdekat, ya!

Baca juga artikel seputar Puasa atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 16t140957 852 3947d
6 Artis Indonesia yang Hafal Al-Quran, Suara Ngajinya Bikin Merinding!
Untitled Design 2021 04 15t230156 078 95fc5
7 Artis Ini Menikah dengan Bule Mualaf, Together Till Jannah!
Sebelum Lakukan Intermittent Fasting Perhatikan X Hal Ini 1f153
10 Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia 2021 | Puasa Nggak Akan Bolong!
Untitled Design 2021 04 14t121101 854 8e2fc
Mau Mengganti Mandi Junub dengan Mandi Bola? Ini Hukumnya! | Boleh Kok, Asal...
Untitled Design 2021 04 09t121827 801 0a016
Pemerintah Larang Pesawat Beroperasi Saat Periode Mudik Lebaran 2021, Totalitas!
Untitled Design 2021 03 24t212912 960 8d6fc
7 Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Nusantara, Dari Makan-Makan Hingga Lomba Dayung!
Tags Terkait: ramadhan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal