Cara Menghitung Weton Jodoh, Ketahui Kecocokan Jodohmu dan Calon Pasangan!

Default

Cara menghitung weton jodoh mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa, terutama generasi yang masih memegang erat tradisi ini. Weton jodoh dipercaya memberikan gambaran kecocokan bagi pasangan yang ingin menikah.

Meski zaman kian modern, ternyata masih banyak masyarakat Jawa yang menggunakan metode perhitungan ini. Weton umumnya digunakan untuk mengetahui gambaran hidup seseorang, termasuk soal percintaan.

Sementara weton jodoh bisa digunakan untuk mengetahui karakter sosok calon pasangan, melihat kecocokan dengan pasangan. Bahkan, hitungan weton Jawa untuk pernikahan pun bisa dilakukan.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Untuk menjawab rasa penasaran kamu tersebut, simak informasi cara menghitung weton jodoh 2022 yang sudah Jaka rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Tentang Weton Jodoh

Tentang Weton Jodoh 391fa
Sumber foto: The Bride Dept

Weton jodoh adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menentukan jodoh atau tidaknya sepasang kekasih. Menurut primbon Jawa, hitungan weton jodoh digunakan untuk meminimalisir kesialan percintaan.

Weton sendiri merujuk pada hari kelahiran, karena istilahnya diambil dari bahasa Jawa Wetu yang artinya keluar atau lahir. Budaya ini sudah menjadi salah tradisi yang dikenal masyarakat Jawa.

Meski tidak mengandung kebenaran mutlak, catatan dan pengalaman dari leluhur diharapkan bisa dijadikan sebagai pedoman berhati-hati dalam melangkah. Alhasil, tak sedikit pasangan yang ingin menghitung weton jodoh sebelum menikah.

Metode atau penghitungan weton jodoh ternyata tidak hanya diterapkan oleh masyarakat asli Jawa saja. Tak jarang, masyarakat dari suku lain yang juga turut menggunakan metode ini, geng.

Cara Menghitung Weton Jodoh

Cara Menghitung Weton Jodoh 5d966
Sumber foto: 99.co

Sebenarnya, cara menghitung weton jodoh sesuai primbon Jawa ini tak sulit untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu mencocokkan hari lahir kamu dan pasanganmu sesuai tabel di bawah ini.

Hari Neptu Pasaran Neptu
Minggu 5 Pahing 9
Senin 4 Pon 7
Selasa 3 Wage 4
Rabu 7 Kliwon 8
Kamis 8 Legi 5
Jumat 6
Sabtu 9

Dari angka neptu tersebut, bisa dilakukan perhitungan dengan rumusnya sebagai berikut:

Perhitungan calon suami/istri = (neptu hari + pasaran) - 9.

Misalnya, weton calon suami adalah Jumat (6) + Kliwon (8) - 9= 5. Kemudian, weton calon istri adalah Minggu (5) + Pahing (9) - 9= 5. Maka, hitungan weton jodoh pasangan itu adalah 5 dan 5.

Hasil Hitungan & Weton Jodoh yang Cocok

Hasil Hitungan Weton Jodoh Yang Cocok 35f03
Sumber foto: kratonjogja

Pernikahan merupakan sesuatu hal yang sakral dan penting untuk masa depan seseorang. Tak heran, banyak cara yang dilakukan demi mencegah atau meminimalisir hal buruk, termasuk dengan penghitungan weton jodoh.

Masyarakat Jawa khususnya percaya bahwa weton bisa menjadi gambaran bagaimana nasib serta karakter calon suami dan istri setelah menikah nanti, apakah cocok atau tidak. Rumus perhitungan yang sudah Jaka jelaskan di atas sebagai caranya.

Jika sudah dihitung, maka kemudian hasil hitungnya dicocokkan dengan hasil perhitungan berikut, dilansir dari primbon.com:

1. PEGAT (hasil penjumlahan = 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Masalah akan sering ditemui oleh pasangan pegat di kemudian hari. Mulai dari masalah ekonomi, kekuasaan, dan perselingkuhan yang bisa menyebabkan perceraian (pegatan).

2. RATU (hasil penjumlahan = 2, 11, 20, 29)

Pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga dan lingkungan sekitar. Saking harmonisnya, bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH (hasil penjumlahannya = 3, 12, 21, 30)

Pasangan tersebut memang cocok dan berjodoh. Pasangan ini bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rumah tangga pasangan JODOH ini bisa rukun sampai tua.

4. TOPO (hasil penjumlahan = 4, 13, 22, 31)

Dalam membina rumah tangga, pasangan TOPO akan sering mengalami kesusahan di awal musim karena masih saling memahami tapi akan bahagia pada akhirnya. Masalah yang dihadapi bisa saja soal ekonomi dan lainnya. Nah, saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

5. TINARI (hasil penjumlahan = 5, 14, 23, 32)

Pasangan TINARI akan menemukan kebahagiaan. Dalam mencari rezeki diberikan kemudahan dan nggak sampai hidup kekurangan. Selain itu, hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU (hasil penjumlahan = 6, 15, 24, 33)

Dalam berumah tangga, pasangan padu akan sering mengalami pertengkaran. Tapi meskipun sering bertengkar, nggak sampai cerai. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal hal yang sifatnya cukup sepele.

7. SUJANAN (hasil penjumlahan = 7, 16, 25, 34)

Dalam berumah tangga, pasangan sujanan akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Bisa itu dari pihak laki laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan tersebut.

8. PESTHI (hasil penjumlahan = 8, 17, 26, 35)

Dalam berumah tangga, pasangan pasti akan rukun, tentram, damai sampai tua. Meskipun ada masalah apapun nggak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.

Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

Hitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan 1ad7e
Sumber foto: idoartgalery

Hitungan weton Jawa juga dapat digunakan untuk menghitung hari dan bulan baik pernikahan. Jadi, tradisi ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui kecocokan antara calon suami dan calon istri.

Berikut rumus hari baik di bawah ini menurut weton Jawa:

  • Hari ke-1 - Sandang: berarti hari bagus.
  • Hari ke-2 - Pangan: berarti hari bagus.
  • Hari ke-3 - Papan (Joyo): berarti hari bagus dan disarankan.
  • Hari ke-4 - Loro: berarti sering sakit.
  • Hari ke-5 - Pati: berarti ada yang meninggal.

Berdasarkan perhitungan weton jodoh, sebaiknya dilaksanakan pada hari ke-1, 2, atau 3. Sebaliknya, hindari penyelenggaraan pernikahan pada hari ke-4 dan 5. Berikut cara menghitung hari pernikahan baik.

(Jumlah neptu kedua calon mempelai + hari baik) : 5 = harus sisa 3.

Hasil penjumlahan harus sisa 3 karena menurut rumus hari baik di atas, hari ke-3 adalah hari yang baik dan disarankan. Misalnya (24+9): 5 = 6 sisa 3.

Jadi hasilnya adalah 9, karena 9 adalah satu-satunya angka yang jika ditambah 24 lalu dibagi 5, maka hasilnya bersisa 3.

Tak hanya tanggal, bulan yang dipilih untuk melangsungkan pernihakan pun memliki arti menurut primbon Jawa. Seperti Masehi, kalender Jawa juga memiliki 12 bulan dalam setahun yang memiliki arti sebagai berikut.

  1. Suro: Bertengkar dan menemui kesusahan.
  2. Sapar: Kekurangan, banyak utang.
  3. Maulud: Lemah, akan meninggal salah satunya.
  4. Bakda maulud: Diomongkan jelek.
  5. Bakda jumadil awal: Sering kehilangan dan banyak musuh.
  6. Jumadil akhir: Kaya akan emas dan perak.
  7. Rejeb: Banyak kawan dan selamat.
  8. Ruwah: Selamat.
  9. Puasa: Banyak bencana.
  10. Syawal: Sedikit rejeki dan banyak utang.
  11. Dulkaidah: Kekurangan, sakit-sakitan, dan bertengkar.
  12. Besar: Senang dan selamat.

Weton Jodoh Menurut Islam

Weton Jodoh Menurut Islam 19a6a
Sumber foto: Griya Al Quran

Weton jodoh mencakup segala hal yang berkaitan dengan pernikahan seperti keharmonisan, rezeki, anak, dan lain sebagainya. Bagaimana hukum weton jodoh menurut agama Islam?

Sebagai takdir Allah, jodoh seseorang telah dituliskan 50.000 tahun lalu, tepatnya sebelum manusia dilahirkan di Bumi. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Allah mencatat takdir setiap makhluk 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan Bumi" (HR. Muslim).

Melalui hadits tersebut, dapat dipahami bahwa jodoh adalah misteri ilahi. Tidak ada satu orang pun yang mengetahuinya, kecuali hanya Allah SWT. Jadi, mempercayai weton jodoh menurut Islam adalah dosa besar.

Pasalnya, hal tersebut termasuk perbuatan syirik yang dilakukan dengan mempercayai takdir selain milik Allah SWT. Soal jodoh, Islam telah menetapkan ketentuannya dalam beberapa dalil shahih.

Akhir Kata

Itulah penjelasan dan cara menghitung weton jodoh yang digunakan khususnya masyarakat Jawa bagi pasangan yang ingin menikah. Weton jodoh bisa digunakan untuk mengetahui karakter sosok calon pasangan, geng.

Mengikuti perkembangan zaman, bahkan kini kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi aplikasi hitungan weton terbaik. Alhasil, jika kamu penasaran dan penasaran dengan ramalan berdasarkan budaya Jawa ini bisa mencoba dengan mudah.

Baca juga artikel Cara Cek PIP 2022, Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Kip Online A246e
Begini Cara Daftar KIP Online 2022, Siapkan Persyaratan & Dokumen Lengkap!
Banner Kemendikbud
Program Indonesia Pintar Berhasil Bantu 19,2 Juta Siswa Indonesia!
Peraturan Sekolah Paling Aneh Seluruh Dunia Banner B1d0d
10 Peraturan Sekolah Paling Aneh dan Absurd dari Seluruh Dunia, Ada Indonesia Juga Loh!
Quotes Pendidikan Fa79c
150+ Kata-kata Pendidikan yang Menginspirasi, Bikin Auto Semangat Belajar!
Stu 9cc2b
6 Aplikasi Android Terbaik yang Cocok Untuk Pelajar Berpendidikan
35ab81fb77f47eebf408c4001754f70f
5 Situs Belajar Online Berbasis Video Untuk Pelajar, Jauh Lebih Murah Daripada Les Private!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal