8 Bencana Paling Mengerikan Akibat Ulah Manusia, Akibat Serakah dan Acuh!

Kecelakaan atau bencana adalah sesuatu yang terjadi secara mendadak dan tidak diperkirakan akan terjadi sebelumnya.

Bencana alam seperti angin topan, tsunami, dan gunung meletus sudah lazim kita jumpai dan umumnya terjadi karena sebab-sebab alamiah.

Namun, bukan berarti manusia sebagai makhluk yang menghuni dan mengubah wajah bumi menjadi sedemikian rupa tak pernah menyebabkan bencana, geng.

Kali ini Jaka akan membahas sejumlah bencana yang disebabkan oleh kelalaian dan campur tangan manusia.

Berbagai kejadian tersebut sudah seharusnya menjadi pelajaran bahwa kita sebagai manusia juga bisa membahayakan sesama, sehingga harus berhati-hati dalam melangkah.

Jadi, bencana apa sajakah itu? Let's check this out!

1. Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo D821d
Sumber foto: KBR

'Ngeyel' berujung petaka mungkin adalah hal yang cocok ketika membicarakan mengenai fenomena lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Bencana itu berawal dari PT Lapindo Brantas, perusahaan pengeboran Indonesia, yang tidak mengindahkan peringatan bahwa situs penggalian yang digarapnya itu tidak stabil dan terletak tak jauh dari cincin api.

Rupanya, pengeboran tersebut mengaktifkan kembali patahan yang sebelumnya tak aktif, mengakibatkan terjadi nya beberapa gempa hingga lubang yang di bor tersebut meletuskan lumpur setinggi 200 meter.

Peristiwa lumpur Lapindo mengakibatkan 17 orang tewas, puluhan ribu warga harus pindah tempat tinggal, hingga kerugian harta benda ditaksir mencapai 45 triliun rupiah, geng.

2. Kecelakaan Reaktor Nuklir Chernobyl

Kecelakaan Reaktor Nuklir Chernobyl 2c64a

Peristiwa Chernobyl merupakan kecelakaan reaktor nuklir terburuk sepanjang sejarah, bahkan hingga turut mempengaruhi ekonomi Uni Soviet.

Penyebabnya adalah meledaknya salah satu reaktor nuklir yang menyebabkan isotop radioaktif tersebar ke atmosfer di seluruh wilayah kawasan Uni Soviet bagian barat, bahkan Eropa.

Akibatnya, warga yang tinggal dalam radius 30km dari tempat kejadian harus dievakuasi. Bencana ini membuat Rusia, Ukraina, dan Belarusia terbebani oleh dekontaminasi berkepanjangan.

Bencana yang terjadi pada 26 April 1986 ini menewaskan setidaknya 31 jiwa dan diperkirakan 4.000 orang lainnya meninggal beberapa tahun setelahnya akibat terpapar radiasi nuklir.

3. Kota Guiyu yang Jadi Gudangnya Sampah Elektronik

Kota Guiyu Ed11d

Guiyu adalah nama sebuah kota di Provinsi Guangdong, China yang disebut-sebut merupakan situs limbah elektronik terbesar di dunia.

Sampah-sampah yang dibuang ke daerah Guiyu umumnya berasal dari negara maju, geng. Hal ini menyebabkan kota itu penuh dengan barang-barang elektronik yang teronggok begitu saja.

Masalahnya, kondisi tersebut berakibat serius pada penduduk setempat karena timbal telah meracuni darah mereka yang hidup berdampingan dengan sampah di mana-mana.

Lebih dari 80% bayi dan anak-anak memiliki kadar timbal yang memprihatinkan, bahkan banyak diantaranya menderita cacat bawaan.

4. Runtuhnya Sampoong Department Store

Sampoong Dept Store 6e2dc

Pada tahun 1987, sebuah perusahaan konstruksi bernama Woosung Construction dipercayakan oleh Sampoong Group untuk menggarap apartemen hunian empat lantai.

Namun, selama konstruksi, cetak biru diubah oleh Lee Joon dari Sampoong Group, untuk membuat department store besar.

Parahnya, anggaran untuk berbagai bahan bangunan turut dipangkas. Lee juga membatalkan kerjasama dengan Woosung karena tak mau mengikuti keinginannya.

Lima tahun setelah mal tersebut dibuka pada 1990, mulai terlihat retakan di sana sini yang tidak dihiraukan oleh Lee bahkan ketika ia disarankan mengevakuasi pengunjung, karena dirinya tak mau kehilangan cuan.

Naas, mal yang dibangun dengan penuh keserakahan itu benar-benar ambruk pada tanggal 29 Juni 1995 pada pukul 5 sore, menewaskan 502 jiwa hingga Lee Joon pun dipenjara karenanya. Serakah, sih!

5. Tragedi Gas Bophal

Tragedi Gas Bophal 25fac

Peristiwa yang terjadi pada 2-3 Desember 1984 ini terjadi di Bophal, Madhya Pradesh, India dan disebut sebagai bencana industri terburuk di dunia.

Kebocoran gas yang terjadi mengakibatkan lebih dari 500.000 orang terpapar gas metil isosianat (MIC) yang sangat beracun dan menyebar hingga ke kota-kota kecil, geng.

Pemerintah dan aktivis India yakin bahwa kebocoran gas diakibatkan oleh manajemen yang longgar dan pemeliharaan yang ditunda-tunda.

Menurut pernyataan tertulis pemerintah pada tahun 2006, tragedi itu menyebabkan 558.125 orang cedera dan sekitar 3.900 orang menderita cedera parah dan cacat permanen.

6. Great Pacific Garbage Patch

Great Pacific Garbage Patch 1d63d

'Tempat' yang juga disebut pulau sampah Pasifik Besar ini adalah kumpulan sampah laut di Samudra Pasifik Utara yang ditemukan antara tahun 1985 dan 1988.

Sampah-sampah laut tersebut berkumpul karena adanya gelombang berputar bernama gyre, menyebabkan sampah-sampah itu terbawa gelombang dan menumpuk di suatu wilayah.

Sebagian besar dari sampah yang ditemukan di Great Pacific Garbage Patch adalah sampah plastik yang sangat berbahaya bagi ekosistem laut, geng.

Tak terhitung lagi berapa kali para aktivis menemukan hewan yang terjerat tali, menelan sampah plastik, hingga mati dengan perut penuh sampah. Kasihan, kan?

7. Megatsunami Vajont

Bendungan Vajont C6909

Pernah dengar bahwa tsunami super besar bisa disebabkan oleh sebuah waduk? Itulah yang terjadi di Italia pada 9 Oktober 1963.

Bendungan Vajont, salah satu bendungan tertinggi di dunia dengan ketinggian 262 meter, jebol akibat terpicu longsor yang terjadi di dekatnya.

Awalnya, beton yang menahan air mengalami keretakan sebelum akhirnya hancur akibat desakan air, menghasilkan megatsunami dengan ketinggian 200 meter.

Tsunami tersebut menerjang desa-desa hingga lenyap dan memakan korban jiwa sekitar 2.000 penduduk yang tinggal di bawahnya.

Padahal, bencana tersebut bisa saja dicegah apabila perusahaan dan pemerintah Italia mengindahkan laporan mengenai ketidakstabilan geologis di Monte Toc, geng.

8. Kabut Asap di Riau

Kabut Asap Riau 0ae8a

Pada bulan September 2019, seluruh media di Indonesia ramai memberitakan tentang kabut asap yang terjadi di berbagai wilayah Riau.

Kabut tersebut diketahui amat tebal hingga menutupi pandangan dan menyebabkan sesak napas hingga banyak orang mengidap ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Bencana tersebut merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan serta adanya asap kiriman dari provinsi tetangganya, seperti Jambi dan Sumatera Selatan.

Menyedihkannya, permasalahan ini belum juga terselesaikan karena kabut asap di Riau masih terjadi hingga saat ini, bahkan kondisinya semakin memprihatikan, geng.

Akhir Kata

Gimana, geng? Nggak kalah ngeri dengan bencana alam, bencana-bencana di atas bahkan memerlukan waktu yang lama untuk dapat diselesaikan.

Akibat manusia yang serakah dan melupakan alam, jutaan nyawa makhluk hidup di Bumi hingga kerugian materi pun menjadi tebusannya.

Semoga tujuh bencana di atas dapat mengingatkan kita akan bagaimana kita seharusnya bersikap sebagai manusia yang hidup di era modern ini ya, geng.

Baca juga artikel seputar Bencana atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

20 Foto Editan Kocak Karya Master Photoshop, Gak Ada yang Sesuai Permintaan!

Akrab Banget, Ternyata 14 Artis Ini Bersahabat Sejak Kecil | Ada Yang Dikira Pelakor!!

Lalat Jadi Zombie Akibat Spesies Jamur Baru Ini, Ditempeli Hingga Mati Perlahan!

5 Atlet Muslim dengan Prestasi Gemilang Tingkat Dunia, Ada Dari Indonesia!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 12t113414 100 D7c65
Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?
Gunung Es Berada Di A410c
Gunung Es yang Dua Kali Luas Jakarta Pecah! | Bencana Iklim Dunia?
Film Bencana Alam Terbaik 9f1fe
10 Film Bencana Alam Terbaik Paling Menegangkan, Auto Tobat!
Page Fb620
7 Film tentang Kiamat Terbaik Tahun 2021, Bikin Auto Tobat!
Aktor Nyaris Jadi Korban 911 Banner 4cb10
Selamat dari Maut! 7 Selebriti Ini Hampir Jadi Korban Tragedi 9/11
Tragedi Mengerikan Sepakbola 2 F5e20
5 Tragedi Paling Mengerikan di Pertandingan Sepakbola
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal