Mengapa Anak Pangeran Harry - Meghan Markle Tidak Bergelar Pangeran?

Default

Minggu (7/3) kemarin, dunia digemparkan dengan wawancara eksklusif Oprah Winfrey bersama Pangeran Harry, The Duke of Sussex, dan istrinya, Meghan, The Duchess of Sussex Inggris.

Wawancara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu ditonton oleh lebih dari jutaan warga dunia, yang mayoritas berada di Amerika Serikat dan Britania Raya.

Dalam wawancara tersebut, Pangeran Harry dan Meghan Markle buka-bukaan mengenai keputusan mereka hengkang dari keluarga kerajaan Inggris dan pergi ke Amerika Serikat, tanah kelahiran Meghan. Apa yang sebenarnya terjadi?

Alami Perlakuan Diskriminasi

Pangeran Harry 1 9865b
Sumber foto: CNN

Sepanjang wawancara, baik Pangeran Harry maupun Meghan memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang terjadi dan bagaimana pengalaman mereka setelah menikah.

Salah satunya, Meghan menjelaskan perlakuan diskriminatif yang ia alami, baik dari staf kerajaan maupun anggota keluarga sendiri.

Ia menganggap, apa yang ia alami diakibatkan orang-orang begitu rasis terhadap dirinya yang merupakan keturunan Afrika - Amerika. Benarkah begitu? Secara sekilas kisahnya mirip seperti yang tertuang dalam film-film kerajaan Asia.

Sang Anak Tak Dapat Gelar Pangeran?

Pangeran Harry 2 Aacae
Sumber foto: ABC

Selain itu, Meghan Markle mengungkapkan pembicaraan di kalangan keluarga kerajaan Inggris terkait status Archie Mountbatten-Windsor, anak mereka, termasuk gelar yang akan disandang oleh anak tersebut.

"Mereka (keluarga kerajaan) mengatakan mereka tak ingin anakku nanti bergelar pangeran atau putri, [saat itu mereka] tak tahu jenis kelamin anak tersebut, yang pada dasarnya berbeda dari protokol [kerajaan]," ungkap Meghan yang dikutip dari BBC Indonesia.

Ia bahkan khawatir bahwa selama-lamanya, Archie tidak akan memiliki gelar tersebut dikarenakan warna kulit dan statusnya sebagai anak seorang keturunan Afrika-Amerika. Benarkah demikian?

Fakta Sebenarnya

Pangeran Harry 3 5b3b9
Sumber foto: BBC

Analis kerajaan menganggap bahwa pemahaman Meghan mengenai status anaknya ini didasari fakta mengejutkan bahwa Meghan tidak pernah melakukan riset sebelumnya terhadap keluarga kerajaan Inggris dan aturan-aturannya.

Faktanya, Archie Mountbatten-Windsor cepat atau lambat akan segera memperoleh gelar pangeran, dan itupun juga harus berdasarkan persetujuan Pangeran Harry dan Meghan. Kok bisa?

Semua ini diatur berdasarkan surat protokol yang dikeluarkan oleh kakek Ratu Elizabeth II, yakni Raja George V, dalam letters patent tahun 1917.

Dalam surat tersebut, mereka yang berhak mendapatkan gelar "His/Her Royal Highness Prince/Princess" adalah:

  1. Anak laki-laki dan perempuan Raja/Ratu Inggris.
  2. Cucu laki-laki dan perempuan dari garis anak laki-laki Raja/Ratu Inggris.
  3. Anak laki-laki tertua dari anak laki-laki The Prince of Wales.

Gelar Prince of Wales/Pangeran Wales diberikan kepada anak laki-laki tertua Raja/Ratu Inggris yang secara resmi akan mewarisi takhta Inggris pasca mangkatnya Raja/Ratu Inggris.

Pangeran Harry 4 78304
Sumber foto: The Week UK

Bingung nggak? Baiklah, Jaka berikan contoh kasusnya.

Seperti yang kita tahu, Ratu Elizabeth II punya 4 anak, yakni Pangeran Charles (Pangeran Wales), Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Semuanya mendapatkan gelar "Prince/Princess" karena merupakan anak laki-laki dan perempuan Sang Ratu.

Nah, perbedaan ada di sini. Anak-anak Pangeran Charles dan Pangeran Andrew mendapatkan gelar "Prince/Princess" karena merupakan cucu laki-laki dan perempuan dari garis anak laki-laki, sementara anak-anak Putri Anne tidak mendapatkan gelar apapun.

Secara khusus untuk anak-anak Pangeran Edward tidak mendapatkan gelar "Prince/Princess" atas permintaan pribadi sang Pangeran yang ingin anak-anaknya tumbuh jadi warga negara biasa.

Nah, kita kembali pada Pangeran Charles. Sang Pangeran Wales punya 2 anak, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry.

Berdasarkan letters patent tahun 1917, yang berhak mendapat gelar hanyalah anak laki-laki tertua dari Pangeran William dan istrinya, Katherine Middleton.

Beruntungnya, Ratu Elizabeth II mengamandemen aturan tersebut di tahun 2015. Hasilnya, semua anak-anak Pangeran William, baik laki-laki maupun perempuan, berhak mendapatkan gelar "Prince/Princess".

Dengan demikian, aturannya berubah, bahwa mereka yang berhak mendapatkan gelar "His/Her Royal Highness Prince/Princess" adalah:

  1. Anak laki-laki dan perempuan Raja/Ratu Inggris.
  2. Cucu laki-laki dan perempuan dari garis anak laki-laki Raja/Ratu Inggris.
  3. Anak laki-laki dan perempuan dari anak laki-laki The Prince of Wales.

Kapan Archie Mountbatten-Windsor dapat Gelar Pangeran?

Pangeran Harry 5 4f7de
Sumber foto: Elle

Dari aturan protokoler di atas, disimpulkan bahwa hanya cicit Ratu Elizabeth II dari Pangeran William saja yang berhak mendapatkan gelar pangeran atau putri, yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Lalu kapan anak-anak Pangeran Harry mendapatkan gelar pangeran atau putri?

Anak-anak Pangeran Harry, baik itu Archie dan adik-adiknya kelak akan mendapatkan gelar "Prince/Princess" setelah sang kakek, yakni Pangeran Charles naik takhta sebagai Raja Inggris.

Saat itulah, mereka akan mendapatkan gelar bangsawan secara otomatis tanpa harus diatur lebih lanjut dalam aturan kerajaan.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka mengenai alasan kenapa anak Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak bergelar pangeran. Sudah paham?

Ternyata lingkungan keluarga kerajaan Inggris tidak lepas dari drama juga ya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal