5 Aktivitas Wisata di Danau Terdalam Se-Asia Tenggara yang Ada di Sulawesi Selatan | Diving hingga Wisata Sejarah

Default

Tahukah kamu bahwa danau terdalam se-Asia Tenggara ada di Indonesia? Eits, tapi bukan Danau Toba ya, melainkan Danau Matano yang ada di Sulawesi Selatan.

Danau Matano tepatnya terletak di Desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Daerah ini merupakan salah satu daerah penghasil nikel di Indonesia. Namun yang bikin daerah ini tersohor ya Danau Matano itu.

Danau Matano telah lama jadi destinasi wisata yang sangat dicari para pelancong. Padahal, untuk mencapainya saja tidak mudah loh.

Dahulu, para pelancong harus menempuh perjalanan sekitar 12-13 jam menggunakan transportasi darat dari Makassar.

Namun kini, sudah ada rute penerbangan Makassar-Sorowako yang bisa menghemat waktu perjalanan. Penerbangan tersebut hanya memakan waktu 45 menit 1 jam saja.

Danau Matano merupakan danau terdalam di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter!

Dengan kedalaman ini, Danau Matano juga masuk dalam daftar danau terdalam ke-10 di dunia. Pesona Danau Matano tak hanya terletak pada kedalamannya saja, geng. Namun juga keindahannya yang luar biasa.

Wisatawan bisa melakukan banyak hal saat berkunjung ke sana. Mulai dari piknik, camping, hingga menjelajahi wisata bawah airnya.

Berikut ini beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Matano, seperti dilansir dari IDN Times. Simak selengkapnya ya!

1. Indahnya wisata bawah air

Penyelam Di Danau Matano Cdb4d

Berwisata ke danau terdalam di Indonesia rasanya tak lengkap bukan jika tidak menjelajahi keindahan bawah airnya?

Kamu bisa mencoba diving di spot yang tersedia. Terdapat 2 diving spot yakni pertama di kedalaman 5 meter dengan beragam kehidupan laut. Kedua, dengan kedalaman yang belum diukur. Dikelilingi tebing stalaktit.

Semua fasilitas diving di sana dijalankan oleh penduduk setempat. Kamu bisa mengamati indahnya fauna bawah air. Termasuk juga jajaran terumbu karang khas Danau Matano yang luar biasa cantik.

Di sana juga ada satwa endemik yang cuman hidup di danau tersebut loh. Mulai dari udang, kepiting, hingga ikan butini (Glossogobius matanensis) atau yang sering disebut sebagai si binatang dari zaman purba.

2. Wisata sejarah perdaban kuno

Keindahan Danau Matano 08a1f

Diving spot menarik lainnya di Danau Matano adalah Gua Tengkorak. Nama tersebut diperoleh karena banyak ditemukan tulang belulang manusia di sana. Seram juga ya, geng?

Menurut riwayat masyarakat setempat, Gua Tengkorak ini memang jadi tempat peristirahatan terakhir para leluhur di Zaman Animisme. Jadi, jasad-jasad mereka saat itu diletakkan di dalam Gua Tengkorak.

Walaupun namanya seram, tapi pemandangan di sana luar biasa indah. Pintu masuk ke gua bawah air tersebut berada di bawah bukit batu stalaktit.

Warna airnya biru dan jernih. Sampai-sampai para penyelam bisa melihat hingga beberapa meter ke bawah dengan mata telanjang.

3. Wisata di Kampoeng Taipa

Aktivitas Wisata Di Danau Matano 83641

Tak hanya berwisata alam, kamu juga bisa berwisata budaya dan pendidikan di Danau Matano yakni di Kampoeng Taipa.

Kampoeng Taipa baru beroperasi sejak Juli 2021 lalu. Dan sejak itu jadi tujuan wisata paling hits di Danau Matano belakangan ini.

Di sana ada banyak pilihan aktivitas wisata. Mulai dari naik wahana air hingga menjelajahi rimba di area hutan sekitar kampung. Wisatawan bisa melihat banyak flora-fauna cantik di sana.

Selain itu kamu juga bisa berkemah di tengah alam, menginap di pondok-pondok milik masyarakat, atau wisata kuliner makanan otentik Sulawesi Selatan.

Berwisata di sana juga cukup privat. Pasalnya, setiap rombongan dibatasi hanya maksimal 30 orang saja. Cocok untuk berwisata dengan keluarga besar.

Harganya pun beragam dan cukup terjangkau. Mulai dari Rp1,5 juta untuk 7 orang hingga Rp4,5 juta untuk 20 orang.

4. Piknik dan berkemah

Pemandangan Danau Matano A98a1

Jika tak mau bermain air, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Matano dari daratan. Kamu bisa piknik dan berkemah di "pantai" sekitar danau.

Orang-orang menyebut daratan sekitar Danau Matano sebagai pantai karena punya sedikit area berpasir.

Salah satu spot yang menarik adalah Pantai Salonsa di Kelurahan Magani. Pantai tersebut punya area padang rumput dan pepohonan rindang.

Selain itu ada pula Pantai Ide yang berjarak 1,6 kilometer dari Pantai Salonsa. Serta Pantai Impian dan Pantai Molino Topuondau di Desa Sorowako.

Kamu bisa berpiknik di atas halaman yang rindang dan diteduhi rindangnya pepohonan. Tak itu saja, kamu juga bisa sekalian berkemah di sana. Nikmati tenangnya alam Danau Matano di malam hari dan indahnya matahari terbit.

5. Minta jodoh di Mata Air Bura-bura

Mata Air Bura Bura Cdebf

Aktivitas yang satu ini kayaknya cocok buat kamu para jomblo. Kamu bisa minta jodoh di lokasi yang disebut Mata Air Bura-bura.

Mata Air Bura-bura berjarak sekitar 20 kilometer dari Pelabuhan Sorowako. Salah satu legenda menyebutkan jika kamu meminum air di sini maka bakal enteng jodoh.

Hal ini terkait dengan legenda tentang munculnya perempuan rupawan bersama gelembung-gelembung air (bura-bura).

Hal itu terjadi saat Batara Guru, yang merupakan leluhur bangsa Bugis dan masyarakat Luwu turun dari kahyangan, sedang bersemedi.

Batara Guru disebut bersemedi di mata air tersebut. Tepatnya di sebuah batu bergambar bulan sabit yang ada di dasar kolam mata air.

Selain bisa enteng jodoh, air dari Bura-bura juga dipercaya berkhasiat mengobati penyakit.

Kamu juga bisa mengambil foto estetik di spot ini karena kawasan ini punya beragam spot selfie kece dengan latar belakang Danau Matano dan lanskap pegunungan di sekelilingnya.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Matano. Menarik banget, kan?

Kayaknya bisa deh Danau Matano ini jadi destinasi wisata selanjutnya setelah pandemi Covid-19 ini mereda. Kalau berwisata ke sana, jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya, geng, agar tetap aman!

BACA JUGA

Mengenal Orang Terkaya di Afrika yang Borong Ribuan Mobil Buatan Indonesia | Pengusaha Muslim Ternama!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Tuyul dan Babi Ngepet Tak Bisa Curi Uang dari Bank

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

5 Orang Terkaya yang Terkenal Pelit | Hobinya Pura-pura Miskin!

ARTIKEL TERKAIT
6 Danau Paling Aneh Di Dunia Ad688
6 Danau Paling Aneh, Ada yang Airnya Mendidih dan Punya Gunung di Dalamnya!
Danau Raksasa Purba A018c
Arkeolog Temukan Danau Purba Raksasa di Bumi | Indonesia Bisa Nyemplung Masuk!
Menghilang Danau Antarktika 29b48
Misteri Danau Antarktika yang Mendadak Lenyap Dalam 3 Hari | Iklim Bumi Sedang Krisis?
21019 Wikimedia Commons Ashokyadav739 Horz F45ac
Misteri Ratusan Tulang Manusia yang Ditemukan di Danau Himalaya, Terjebak Hujan Es?
Danau Dan Pulau Baru Muncul Di NTT 6ca1f
Geger, Danau dan Pulau Baru Muncul di NTT Selepas Badai Tropis Seroja
Banner 8d90a
Danau Sentani di Papua Surut, Benda Peninggalan Zaman Purbakala Muncul ke Permukaan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal