Flying-V, Pesawat Masa Depan dengan Penumpang Duduk di Sayap

Flying-V, Pesawat Masa Depan dengan Penumpang Duduk di Sayap

Pesawat terbang masa depan, Flying-V, sukses diterbangkan. Pesawat yang dirancang efisien bahan bakar ini memiliki desain yang cukup mengejutkan. Kok bisa?

Ternyata, pesawat komersil ini dirancang agar dapat menampung hingga 314 penumpang di kedua sisi sayapnya dengan dua kelas penerbangan.

Tidak hanya penumpang saja yang ditempatkan di bagian sayap, kargo dan tanki pun juga berada di bagian sayapnya yang besar.

Hal itu membuat bentuk aerodinamis pesawat Flying-V bisa memangkas konsumsi bahan bakar hingga 20 persen dibandingkan dengan pesawat pada umumnya.

Flying V 71366

Dikutip dari CNN, pesawat ini dikembangkan oleh para peneliti di Delft University of Technology di Belanda, yang sekaligus mitra maskapai penerbangan Belanda KLM.

Tim yang terdiri dari peneliti dan insinyur itu menguji replika pesawat futuristik seberat 22,5 kg dan panjang 3 meter ini di pangkalan udara di Jerman.

Uji coba berjalan lancar dengan beberapa tes yang dilakukan, seperti tes landas, manuver di udara, pendaratan, dan hal teknis lainnya yang berlangsung sesuai rencana.

"Kalkulasi komputer telah memprediksi bahwa bentuk aerodinamis pesawat ini dan berat yang lebih ringan akan menurunkan konsumsi bahan bakar sampai 20% ketimbang pesawat paling maju saat ini," ungkap para peneliti.

Flying V 2bae4

Meski dinilai memiliki banyak keunggulan dibanding pesawat modern saat ini, kendaraan masa depan ini masih memerlukan banyak riset sampai dinyatakan siap beroperasi.

Menurut pakar pesawat terbang dari Delft Univesity, Reolof Vos, masalah terbesar adalah soal kenyamanan penumpang saat akan mendarat dalam kondisi cuaca kurang baik.

Posisi penumpang yang ditempatkan di bagian sayap membuat mereka harus merasakan sedikit guncangan ketika mengalami proses pendaratan yang kurang mulus.

Tim peneliti pun akan melakukan lebih banyak tes pada model Flying-V dengan harapan dapat memberikan pesawat masa depan ini pergerakan yang berkelanjutan.

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Netizen Indonesia Banner 1 96722
Riset: Netizen Indonesia Paling Gak Sopan dan Barbar, Suka Nyinyir?
Kota Dengan Internet Tercepat Di Indonesia Banner
5 Kota Dengan Internet Tercepat di Indonesia, Jakarta Bukan Pertama?
Hantu Yang Jarang Diketahui 876ea
7 Hantu Seram di Indonesia yang Jarang Diketahui, Bikin Merinding!
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Tautan berhasil disalinX
x