J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Wah, 2 Tahun Lagi Game Bajakan Akan Punah!

Wah, 2 Tahun Lagi Game Bajakan Akan Punah!

Rabu, 13 Jan 2016, 11:00 WIB
Tidak akan ada lagi game bajakan untuk jangka waktu 2 tahun ke depan. Itulah pernyataan yang dilontarkan oleh founder dari salah satu tim cracker game ternama yaitu 3DM.

Tidak akan ada lagi game bajakan untuk jangka waktu 2 tahun ke depan. Itulah pernyataan yang dilontarkan oleh founder dari salah satu tim cracker game ternama yaitu 3DM. Tim yang berasal dari Tiongkok tersebut baru saja mengemukakan keluhan mereka mengenai semakin canggih dan rumitnya sistem proteksi game modern sekarang yang membuat setiap tim cracker game harus bersusah payah dalam menjebolnya.

Namun, apakah situasinya seburuk itu? Apakah benar dua tahun lagi tidak akan ada game berbayar yang bisa dibajak? Melalui artikel ini, mari kita bahas lebih lanjut dari sistem proteksi dan keputusasaan dari 3DM tersebut.

BACA JUGA
  • 20 Game FPS Android Terbaik Gratis Juli 2017
  • Cara Main Game Gratis Sambil Melakukan Video Call
  • 25+ Games Android Terbaru dan Terbaik Januari 2016

Semakin Lama, Game Akan Semakin Sulit Dibajak

Bird Sister, founder dari tim cracker game ternama 3DM baru saja mengemukakan keluh kesahnya mengenai semakin sulitnya game berbayar untuk ditembus dan dibajak. Ia dan timnya beralasan bahwa game terbaru, terutama yang berasal dari publisher-publisher besar kini mengandalkan sistem keamanan yang lebih canggih dan sulit ditembus.

Game Bajakan 1
Just Cause 3

Sistem proteksi tersebut bernama anti-tamper dan itu adalah pelindung dari DRM yang sudah dipasang di dalam game sehingga sulit untuk dibobol. Memang tidak ada game yang tidak bisa dibajak, akan tetapi dilemma yang dirasakan oleh para cracker adalah tuntutan dari pengguna game bajakan semakin hari semakin besar. Pengguna selalu meminta agar game-game terbaru dapat dibajak dengan cepat dan di-publish ke internet hanya beberapa saat setelah game tersebut dirilis, padahal tim cracker butuh waktu lebih untuk membobol sistem anti-tamper yang melindungi DRM.

Denuvo, Si Musuh Semua Tim Cracker

Fenomena berawal dari keberhasilan sebuah perusahaan anti-tamper yaitu Denuvo dalam melindungi game Dragon Age: Inquisition. Game tersebut secara mengejutkan berhasil tidak tertembus selama satu bulan penuh sejak ia diluncurkan ke pasaran. Denuvo kini juga menebar teror kepada para tim cracker karena game lainnya yang mengandalkan jasa dari perusahaan asal Austria tersebut, yaitu Just Cause 3, juga berhasil mempertahankan diri dari serangan cracker.

Game Bajakan 2
Dragon Age: Inquisition

Just Cause 3, game yang diluncurkan pada 1 Desember 2015 itu menggunakan versi terbaru dari Denuvo dan hingga kini, 3DM masih gagal dalam menembus sistem keamanannya. Bukan tidak mungkin ditembus, akan tetapi game-game baru akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama agar dapat jebol, sedangkan tuntutan dari pengguna bajakan semakin besar agar game tersebut bisa mereka mainkan.

Jika game membutuhkan durasi lama untuk ditembus, maka selera dari pengguna akan turun dan mereka kemungkinan besar akan mencari game baru lainnya. Usaha dari tim cracker pun menjadi sia-sia karena ketika mereka berhasil membajak sebuah game, para penikmatnya justru telah beralih ke game lainnya yang lebih baru.

Segala Kemungkinan Masih Bisa Terjadi

Pernyataan dari Bird Sister mungkin hanyalah hiperbola belaka dan terlalu melebih-lebihkan situasi. Masih banyak game yang belum mengandalkan anti-tamper yang mumpuni, dan tentu saja Denuvo belum bisa diimplementasikan ke semua game yang beredar kan. Situasi akan semakin parah apabila Denuvo membeberkan sistem proteksinya ke perusahaan anti-tamper lainnya. Akan semakin banyak game yang sulit dibajak dalam waktu cepat, dan penggemar game bajakan pun akan semakin frustasi.

Game Bajakan 3
FIFA 16

Menurut kamu bagaimana? Apakah pernyataan dari Bird Sister tersebut memang bisa terjadi? Jangan lupa untuk juga untuk berbagi pendapat di kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber: Mashable, Torrentfreak

Xmod
Xmodgames 2.3.3
Apps Developer Tools xmodgames
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
Yazzy Banner

Tips Kocak Membuat Status Palsu di Facebook

Ili Wearable Translator Banner

Device Ini Menerjemahkan Suara Kamu dan Mengajak Berciuman dengan Gadis Jepang!

Spywaller Banner

WASPADA, Malware Berbahaya Ini Menyamar Jadi Aplikasi Google di Android Kamu!

Line Banyak Akun Banner

Cara Pasang Banyak Akun LINE di Android

Penis Robot Banner

Pria dengan Penis Robot Ini Akhirnya Dapat Pasangan Untuk Melepas Keperjakaannya

APPS TERKAIT
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Point Blank Revolution Icon
Point Blank Build 20150610 (Garena)
Games Garena
Angkot Icon Icon
Angkot The Game 0.14
Games ATG
Pes 2015 Icon Icon
PES 2015 Full for PC
Games KONAMI
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10+ Game PC yang Paling Susah Ditamatin Sepanjang Masa

10+ Game PC yang Paling Susah Ditamatin Sepanjang Masa

7 Game Gila Paling Ditunggu Tahun 2016

7 Game Gila Paling Ditunggu Tahun 2016

AWAS, 7 Game Ini Bisa Bikin Pahala Puasa Kamu Berkurang!

AWAS, 7 Game Ini Bisa Bikin Pahala Puasa Kamu Berkurang!

7 Genre Game Terkenal yang Sering Disalahartikan

7 Genre Game Terkenal yang Sering Disalahartikan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal