• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Asal Mula Harlem Shake

Asal Mula Harlem Shake

00
Selasa, 19 Mar 2013, 18:26 WIB
Asal Mula Harlem Shake yang menjadi fenomena di internet pada awal tahun 2013.

Gangnam Style yang dipopulerkan oleh Psy sudah mulai meredup. Belakangan ini, muncul virus baru yaitu Harlem Shake.

Fenomena ini dimulai sekitar akhir Januari 2013 yang lalu. Dalam waktu singkat, banyak pengguna YouTube yang mengunggah video remake Harlem Shake versi mereka sendiri, yang jika dijumlahkan, total view Harlem Shake telah mencapai 175 juta dan terus bertambah.

Banyak orang membuat versi Harlem Shake mereka di kamar asrama, kantor, kolam renang, hingga sekolah dan markas tentara.

Sejarah Harlem Shake Sebagian besar dari kamu tentu berpikir Harlem Shake adalah sesuatu yang baru. Jika kamu search "harlem shake" di YouTube, maka kamu akan menemukan banyak video buatan orang yang ikut kena demam harlem shake.

Gaya joget Harlem Shake berasal dari Harlem, New York oleh Al B pada tahun 1981 dan pada awalnya diberi nama "albee" . Dalam sebuah wawancara, Al B mengaku joget ini tercipta karena dia dikenal sebagai seorang pemabuk, dan sering diminta joget-joget aneh saat sedang mabuk. Menurut Al B, idenya sendiri berasal dari Mesir Kuno, dengan inspirasi yang berasal dari mumi. Karena terbungkus plester, mumi tak bisa joget dengan lepas dan hanya menggerakkan badannya secara bebas.

Karena itulah joget Harlem Shake biasa dilakukan dengan hanya menggerakkan badan, bahu, hingga kepala, dengan kaki dalam posisi statis. Harlem Shake kembali populer pada tahun 2001 saat digunakan dalam video klip G. Dep, "Let's Get It". Berikut ini videonya :

Lebih aslinya lagi, gaya joget ini berasal dari tarian asal Ethiopia, Eskista. Berikut ini videonya :

Mau belajar joget Harlem Shake? Silakan simak video tutorialnya :

Lagu Harlem Shake Penyanyi R&B Baauer secara tidak sengaja membuka gerbang demam Harlem Shake saat ia merilis single Harlem Shake pada bulan Mei 2012. Single ini menjadi hit dan masuk jajaran tangga lagu di beberapa negara.

Saat sensasi lagu Harlem Shake melanda internet, Baauer muncul di berbagai interview, yang kebanyakan ingin mencari tahu asal muasal lagu tersebut. Resep mixing synth dan R&B dari Baauer menghasilkan musik yang langsung digemari banyak orang.

Judul lagunya sendiri berasal dari sample yang digunakan Baauer dari sebuah grup rap Plastic Little.

Nah, begitulah asal terciptanya lagu Harlem Shake, sebuah lagu dengan petikan bas yang gahar, lirik yang minim ditambah raungan singa. Sekarang yang dibutuhkan adalah seseorang untuk membuat video klipnya. Muncullah Filthy Frank.

Internet Meme Harlem Shake oleh Filthy Frank Pada tanggal 30 Januari 2013, sebuah channel YouTube bernama DizastaMusic menerbitkan Filthy Compilation #6. Channel ini menyediakan berbagai video komedi low-budget, yang merupakan gabungan antara Jackass, Robot Chicken dan The Kids in The Hall. Compilation #6 dimulai dengan video di bawah ini :

3 hari setelah video tersebut dirilis di YouTube, sebuah channel bernama TheSunnyCoastSkate mengunggah sebuah video remake dengan sedikit perubahan, dimana video dimulai dengan 1 orang mengenakan helm dan mulai "joget" sementara orang lain mengacuhkannya. Nah, ketika petikan bas khas Harlem Shake muncul, seisi ruangan mulai ikut menari dengan gaya aneh. Tidak lama, video ini menjadi viral dan di-remake oleh banyak orang. Berikut videonya :

Fenomena Harlem Shake juga akhirnya mendongkrak kepopuleran Original Harlem Shake, khususnya informasi mengenai asal muasal Harlem Shake.

Bagaimana menurut kamu?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal