Pendiri Megaupload Kim DotCom Bangkrut

Masih ingat dengan Kim Dotcom pendiri situs berbagi Megaupload yang ditangkap dan ditahan karena masalah pelanggaran hal cipta di internet? Setelah berbulan-bulan menghadapi tuntutan yang tak ada habisnya, Kim pun kini mengatakan bahwa dirinya telah bangkrut.

Melalui telekonfren melalui Skype yang dilakukannya dengan unBound Digital, Kim mengatakan bahwa setelah berjuang selama 3 tahun, tim kuasa hukumnya mengundurkan diri lantaran dirinya kehabisan uang. Padahal Kim telah mengeluarkan uang sebesar US$10 juta dalam menghadapi tuntutan yang diterimanya. Kebangkrutan juga disebabkan oleh Partai politik yang dibentuknya, Partai Internet, yang telah gagal untuk mendapatkan tempat saat pemilihan umum di Selandia Baru dua bulan lalu.

Pada masa jayanya, Megaupload sempat diakses oleh 50 juta pengguna perhari dan menyumbang sekitar 4% dari total lalu lintas internet seluruh dunia. Sejak didirikan tahun 2005 hingga 2010, Megaupload telah menghasilkan lebih dari US$175 juta dan menjadi situs nomor 13 terbesar di dunia. Bahkan Kim Dotcom sempat memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai US$42 juta. Kesuksesan tersebut memang sempat membuat Kim hidup dalam kemewahan.

Kim Dotcom ditangkap di kediamannya pada tahun 2012 lalu karena dituduh melakukan pelanggaran hak cipta, cuci uang, dan penipuan dengan memanfaatkan situs Megaupload. Kini masanya telah berubah, semenjak ditahan oleh pemerintah Selandia Baru, telah banyak uang yang dikeluarkannya guna menghadapi tuntutan dari pemerintah Selandia Baru dan Amerika Serikat. Dan dengan mundurnya tim kuasa hukumnya, kini Kim berjuang sendirian menghadapi tuntutan hukum terhadap dirinya.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal