Bikin Manusia Jadi Zombie di The Last of Us, Jamur Cordyceps Justru Bermanfaat Buat Kesehatan, Loh

Default

Jamur cordyceps lagi ramai dibicarakan gegara serial HBO The Last of Us. Jamur ini ternyata bukan karangan Neil Druckman atau penulis naskah serial, alias benar-benar ada di dunia nyata.

Banyak yang bilang, jamur ini bisa menginfeksi serangga dan membuat mereka jadi "zombie". Banyak juga yang was-was, kalau-kalau jamur ini ternyata bisa menular dan membuat manusia bertingkah sama seperti manusia di The Last of Us.

Kenyataannya, sebagian besar varian jamur cordyceps justru bermanfaat buat kesehatan, loh! Mengutip laman Alodokter, jamur ini dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan masyarakat Tibet dan India sejak abad ke-15.

Cordyceps yang paling sering digunakan sebagai obat ialah varian Cordyceps sinensis. Jamur ini memiliki beragam nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin B1, B2, B12, E, dan K, hingga asam lemak.

Cordyceps bisa meningkatkan performa fisik karena meningkatkan pasokan Adenosine triphosphate (sumber energi utama tubuh). Makanya, jamur ini disebut sebagai "jamur atlet".

Jamur ini juga memiliki zat cordycepin dan adenosin untuk meredakan gangguan pernapasan. Nggak cuma itu, jamur ini bisa mencegah efek penuaan, menjaga kesehatan jantung, meredakan peradangan, mengatasi penyakit ginjal, menghambat pertumbuhan tumor, bahkan mengatasi diabetes.

Tapi, penggunaan jamur ini nggak bisa sembarangan. Konsumsi jamur cordyceps bisa meningkatkan gejala penyakit autoimun dan gangguan pendarahan. Selain itu, belum ada penelitian jamur ini aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Jadi, kalau mau memakannya, harus tetap konsultasi dengan dokter.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Jamur Cordyceps Bikin Manusia Jadi Zombie? atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tags Terkait: Flash News
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal