Hitung-hitungan Biaya Servis Mobil Listrik, Lebih Murah Dari Mobil Konvensional?

Default

Sejak kemunculan kendaraan bebas emisi, masyarakat tidak cuma mempertanyakan efektivitas penggunaannya, tapi juga harga dan biaya perawatannya.

Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, banyak orang masih sangsi menjajal inovasi ini karena takut biaya pemeliharannya juga mahal. Apakah asumsi tersebut benar? Berapa rincian biaya servis mobil listrik jika dibandingkan dengan mobil konvensional?

Secara umum, biaya perawatan mobil listrik bisa disebut cukup rendah. Hal ini tergantung pada beberapa faktor. Dilansir dari Suara, pertama, mobil listrik tidak butuh oli mesin yang biasanya menguras Rp1 juta per 10.000 km di mobil bensin. Jadi, biaya ini bisa dibilang nol rupiah.

Kemudian kedua, filter AC harus rutin diganti agar suhu udara di dalam kabin tetap dingin, namun jangka waktu penggantiannya cukup lama. Pemilik bisa menggunakan filter HEPA agar lebih awet.

Ketiga, pendingin baterai. Penggunaan baterai dalam waktu lama akan membuatnya cepat panas, makanya dibutuhkan alat pendingin ini. Kapan waktu penggantiannya? Tergantung spesifikasi dan merk mobil. Contohnya, pendingin baterai Hyundai harus diganti tiap menempuh jarak 60.000 km.

Bagian lain yang membutuhkan penggantian berkala misalnya kampas rem, sistem kelistrikan, cairan wiper, ban mobil, dan lainnya. Periode penggantiannya hampir sama dengan mobil konvensional.

Di sisi lain, kalau dihitung-hitung, biaya perawatan ini bakal berkurang drastis karena biasanya mobil listrik sudah mendapat fasilitas servis gratis selama beberapa tahun. Hyundai, misalnya, dapat servis gratis hingga 5 tahun atau setara 75.000 km.

Kalau tidak dapat fasilitas ini pun, biaya perawatan mobil listrik diklaim tidak akan lebih dari Rp3 juta, tergantung merk dan spesifikasinya. Seperti dikutip dari Investor Daily, biaya perawatan Wuling EV, contohnya, diklaim cuma menghabiskan Rp3,9 juta hingga 5 tahun ke depan.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Mobil Listrik Murah atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal