Ide Gila Elon Musk Bakal Tanam Chip di Otak Manusia!

Default

Elon Musk, pendiri SpaceX tampaknya terus menjadi sorotan beberapa waktu belakangan ini. Usai menjadi perbincangan karena pesawat jet pribadinya dilacak oleh remaja 19 tahun, Jack Sweeney, kali ini Musk mengungkap ide kontroversial yakni menanam chip di otak manusia. Ngeri enggak geng?

Elon Musk ingin melakukan uji coba menanam chip komputer di otak manusia pada tahun ini. Upaya tersebut rencananya dilakukan Musk melalui perusahaannya, Neuralink, yang bergerak di bidang neuroteknologi.

"Neuralink bekerja sangat keras untuk melakukan implan dengan aman dan melakukan komunikasi dengan FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS)," kata Musk dalam unggahan di Twitter, seperti dikutip Business Insider.

Ia lebih lanjut mengatakan, apabila semua berjalan dengan lancar, pihaknya mungkin bisa melakukan uji coba pada manusia di akhir tahun ini.

Bos Tesla itu awalnya merencanakan pengujian menanam chip komputer pada manusia pada 2020. Rencana tersebut tentu menarik perhatian dunia, dan netizen pun turut memberikan umpan balik atas ambisi Musk tersebut.

Elon Musk mengatakan bahwa perusahaannya sukses menyematkan chip komputer ke otak monyet. Apa Hasilnya? kabarnya hewan tersebut bisa bermain video game seperti manusia.

Dalam pengujian itu, chip komputer ditanamkan pada tengkorak monyet, kemudian chip tersebut hubungkan dengan otak komputer melalui kabel kecil.

AP Custom 1 19286
Sumber foto: AP

Meskipun kedengarannya cukup mengerikan, Musk menganggapnya "biasa" sebagaimana perangkat wearable seperti Fitbit yang dipasangkan pada tengkorak.

Tujuan Menamam Chip Komputer ke Otak

Menanam chip komputer ke otak makhluk hidup merupakan cara Neuralink untuk meningkatkan kecepatan aliran informasi dari otak manusia ke mesin.

Tidak hanya itu, cara ini diyakini mampu menyembuhkan sejumlah penyakit saraf, misalnya Parkinson dan Alzheimer.

Tidak menutup kemungkinan cara ini akan semakin populer di masa depan. Neuralink dengan inovasi yang mereka usung tampaknya akan terus dikembangkan di tengah pesatnya artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) yang semakin pintar di masa depan.

Amankah Menanam Chip Komputer ke Otak Manusia?

Dikutip dari Republicworld, Musk menyatakan pada awal Desember bahwa Neuralink berharap mulai menanamkan microchip otaknya pada manusia tahun ini, menambahkan bahwa chip tersebut berfungsi baik pada monyet.

Ia lebih lanjut menyatakan bahwa pihaknya sebenarnya melakukan banyak pengujian dan mengonfirmasi bahwa itu sangat aman dan dapat diandalkan bahwa perangkat Neuralink dapat dilepas dengan aman.

Musk melanjutkan dengan mengatakan bahwa chip tersebut, yang ditujukan untuk mereka yang mengalami kelumpuhan total atau sebagian pada tungkai dan kaki mereka, akan diimplementasikan sambil menunggu persetujuan Food and Drug Administration (FDA).

Menurut Guardian, Musk mengklaim bahwa chip tersebut akan ditanamkan sesuai dengan tengkorak dan mengisi daya secara nirkabel, sehingga orang akan terlihat dan merasa benar-benar normal.

Berdasarkan pengujian seekor monyet yang berhasil ditanam dengan chip memainkan video game Pong hanya menggunakan pikirannya dirilis oleh Neuralink sebelumnya. Musk mengklaim Neuralink beroperasi dengan baik pada monyet, dan mereka saat ini sedang melakukan pengujian ekstensif untuk memastikan bahwa itu sangat aman dan andal.

Baca juga artikel seputar Sains, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

ARTIKEL TERKAIT
Fakta Tentang Elon Musk
10 Fakta Mencengangkan dan Anekdot Tentang Elon Musk
Fakta Aplikasi Clubhouse Df637
5 Fakta Aplikasi Clubhouse yang Dipopulerkan Elon Musk | Medsos Baru?
Banner Jadi 36ff5
7 Hal Aneh yang Dilakukan oleh Elon Musk, Pernah Jadi Pengelola Klub Malam?
7 Makanan Termahal Di Dunia Cuma Elon Musk Yang Mampu Beli Bcee3
7 Makanan Termahal di Dunia, Cuma Elon Musk yang Mampu Beli!
Cip Otak 1df6c
Cip Otak Elon Musk Segera Akhiri Bahasa Manusia?
Elon Musk Perjalanan Ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah
Elon Musk : Perjalanan ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah?
Tags Terkait: elon musk
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal