Serangan DDoS Hacker AS Bikin Lumpuh Internet di Korea Utara, dalam Rangka Balas Dendam?

Default

Peretas (hacker) asal Amerika Serikat (AS) berhasil menyerang dan melumpuhkan internet Korea Utara (Korut). Aksi tersebut dilakukan sebagai respons atas serangan siber yang dilancarkan Pyongyang.

Hacker yang menamakan dirinya P4x, meluncurkan serangan berulang 'distributed denial of service' (DDoS) terhadap negara komunis itu, sehingga melumpuhkan beberapa situs web akses publik yang dioperasikan pemerintah dan memperlambat lalu lintas email, dikutip dari Dailymail.

Serangan DDoS yakni membanjiri sistem dengan lalu lintas palsu, menghabiskan bandwidth yang tersedia dan membatasi kapasitas pemrosesan server agar situs web menjadi tidak tersedia.

Sekadar informasi, di negara isolasi, hanya sejumlah kecil pejabat dan akademisi terpercaya yang diizinkan menggunakan World Wide Web (WWW). Pada saat yang sama, hanya sejumlah kecil situs web Korea Utara yang terhubung ke internet global yang lebih luas.

Mereka yang bisa mengakses internet global di negara tersebut termasuk maskapai penerbangan negara Air Koryo dan Naenara, portal web resmi pemerintah Korea Utara, yang menyebarkan berita dan propaganda negara atas nama Partai Komunis, yang dipimpin oleh Kim Jong Un.

Hacking 580x387 Custom 56641
Sumber foto: Insurance Journal

Para ahli menduga peretasan ini dilakukan sebagai tanggapan atas serentetan uji coba rudal baru-baru ini yang telah dilakukan oleh Pyongyang, yang telah dilakukan enam kali dalam beberapa pekan terakhir. Ini meningkatkan alarm di wilayah tersebut dan mengundang kecaman.

Menurut majalah Wired, serangan DDoS bukanlah pekerjaan badan intelijen dari pemain besar dunia mana pun. Melainkan, ada pelaku yang dikatakan "seorang pria Amerika dengan T-shirt, celana piyama, dan sandal, duduk di ruang tamunya malam demi malam, menonton film Alien dan makan camilan jagung pedas," yang bertanggung jawab, tulis majalah itu.

Fakta Terkait Penggunaan Internet di Korut

Semakin banyak warga Korea Utara yang telah diberikan akses ke 'intranet' domestik, bukan internet global. Negara tersebut adalah salah satu negara yang paling tidak terhubung secara digital di dunia.

P4x memberi tahu Wired bahwa dia dapat mengeksploitasi kerentanan di sistem operasi Korea Utara yang ketinggalan zaman dan meluncurkan serangannya dari rumahnya sendiri. "Rasanya seperti hal yang benar untuk dilakukan di sini. Jika mereka tidak melihat kami memiliki kekuatan untuk melawan, serangan itu akan terus datang," katanya.

"Saya ingin mereka mengerti bahwa jika Anda mendatangi kami, itu berarti beberapa infrastruktur Anda akan rusak untuk sementara waktu," katanya.

Website Csis.org mengungkapkan, lanskap informasi di Utara dikontrol dengan ketat. Di Korea Utara, tidak hanya mendengarkan siaran radio atau televisi asing merupakan kejahatan yang dihukum berat, bahkan memiliki atau memiliki radio atau televisi yang dapat disetel ke stasiun mana pun selain media resmi Korea Utara adalah ilegal.

Akses ke internet sama sekali tidak tersedia untuk warga Korea Utara, meskipun sangat sedikit individu dan badan keamanan terpercaya yang memiliki akses ke internet internasional.

Bagi warga Korea Utara, hanya ada intranet yang kontennya dipantau dan dikontrol dengan cermat oleh rezim.

Ponsel tersedia, namun ponsel Korea Utara tidak dapat melakukan panggilan internasional, artinya tidak ada kemampuan untuk menelepon teman atau kerabat di Korea Selatan atau wilayah lainnya. Selain itu, penggunaan telepon seluler di Utara diawasi secara ketat oleh dinas keamanan.

Ponsel dikontrol dengan sangat hati-hati, bahkan diplomat dan pebisnis asing yang bekerja di Utara hanya bisa mendapatkan ponsel Korea Utara khusus orang asing . Ini menunjukkan mereka tidak bisa mendapatkan ponsel yang memungkinkan mereka menelepon warga Korea Utara.

Baca juga artikel seputar News, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Apa Itu The Picture NASA Took on My Birthday yang Viral di Media Sosial? Begini Cara Membuatnya

Apa Itu Nationality Challenge? Tren Filter Terbaru yang Seru, Viral di Instagram dan TikTok

Selain Elon Musk, Jack Sweeney Lacak Pesawat Jeff Bezos, Donald Trump, dan Ratusan Lainnya!

NASA Tunda Roket Artemis 1 untuk Luncurkan Manusia ke Bulan, Apa Alasannya?

Stasiun Luar Angkasa Bakal Berakhir di 2031, Diceburkan ke Laut!

Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria Pengendara Sepeda Listrik

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengamankan Icloud
4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!
Linux
10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows
Hacking Tools
10 Aplikasi Hacker PC Windows Paling Canggih Saat ini, Anti Ketahuan!
Film Tentang Hacker
10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton
Banner Boredpanda Tashacker
10 Foto Barang Bawaan Tim HACKER Progressbar
Software Untuk Ddos Attack
10 Software Hacker untuk Melakukan Serangan DDoS
Tags Terkait: hackerinternet
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal