Heboh Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Ada 7 Pelanggaran HAM?

Default

Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis (20/01/2022) dini hari kemarin.

Sebelumnya, Bupati Langkat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (18/01/2022) malam di Langkat, Sumatera Utara, setelah tim KPK menerima laporan praktek penyuapan yang melibatkan penyelenggara negara.

Kasus ini semakin melebar setelah lembaga swadaya pemerhati buruh migran, Migrant CARE, menerima laporan adanya penemuan yang diduga sebagai kerangkeng manusia di rumah Terbit Rencana di Langkat, Sumatera Utara.

Menurut keterangan Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant CARE, Anis Hidayah, kerangkeng manusia itu kemungkinan besar digunakan untuk mengurung pekerja kelapa sawit milik Terbit Rencana setelah selesai bekerja.

"Berdasarkan laporan yang diterima Migrant CARE, di lahan belakang rumah Bupati tersebut ditemukan kerangkeng manusia yang dipekerjakan di kebun kelapa sawitnya untuk dieksploitasi, kata Anis Hidayah, dilansir dari detikcom," Selasa (25/01/2022).

7 Dugaan Pelanggaran HAM

Dalam keterangannya di Komnas HAM, Jakarta Pusat, pada Senin (24/01/2022), Anis menyampaikan ada 7 dugaan perlakuan tidak manusiawi yang dialami oleh pekerja sawit di sana.

"Ada pekerja sawit yang bekerja di ladangnya, kita menemukan 7 perlakuan kejam dan tak manusiawi yang kita duga sebagai perbudakan modern dan perdagangan manusia," kata Anis Hidayah.

Kerangkeng Manusia Di Rumah Bupati Langkat 5833e

Sumber foto: tribunnews

Adapun tujuh perlakuan yang dialami oleh pekerja sawit tersebut dianggap telah melanggar hak asasi manusia (HAM).

"Pertama, Bupati itu membangun semacam penjara, kerangkeng dalam rumahnya. Kedua, kerangkeng penjara itu digunakan untuk menampung pekerja usai pulang," ungkap Anis.

"Ketiga, mereka tidak punya akses ke mana-mana. Keempat, mereka mengalami penyiksaan hingga lebam dan luka," lanjutnya.

Anis melanjutkan bahwa pekerja sawit yang ditemukan di kerangkeng itu juga tidak digaji dan hanya diberi jatah makan sebanyak 2 kali dalam sehari. Terakhir, mereka juga tidak bisa berkomunikasi dengan pihak luar.

Sejauh ini, pihak Migrant CARE mengaku sudah menerima sebanyak 40 laporan korban terkait ditemukannya kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat.

"Kita melaporkan ke Komnas HAM karena prinsipnya sangat keji, melakukan tindakan yang melanggar prinsip HAM," kata Anis.

Tanggapan Komnas HAM

Komisioner Pemantauan Komnas HAM, Choirul Anam, telah menerima laporan tersebut dan segera menurunkan tim untuk berangkat ke Sumatera Utara pekan ini.

"Atas aduan ini kami segera kirim tim ke sana (Sumatera Utara), udah berkomunikasi dengan beberapa pihak juga. Minggu ini bisa kirim tim ke sana," ujar Choirul pada kesempatan yang sama.

Choirul menyampaikan bahwa temuan ini memerlukan tindakan yang cepat karena Migrant CARE sudah melampirkan sejumlah bukti pendukung seperti foto dan video.

"Semakin cepat akan semakin baik karena ini jelas ada penjaranya, ada orangnya dan ada jumlah orangnya, makanya kami segera respons ini dengan baik," pungkas Choirul.

Ditemukan 27 Orang

Di tempat terpisah, Polda Sumut telah mendalami terkait adanya kerangkeng yang diduga untuk mengurung manusia di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana.

Rumah Bupati Langkat E0be8

Sumber foto: Tribun Medan

Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi, pada Senin (24/01/2022), mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan sebanyak 27 orang yang terkurung di dalam kerangkeng tersebut.

Hadi pun mengungkapkan bahwa tim Polda Sumut beserta Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut sudah meninjau lokasi yang dimaksud pada Senin sore.

"Betul ada tempat yang menyerupai penjara, ada jeruji dan sebagainya, dan sore tadi tim sudah mendalami di lokasi kediaman Bupati Langkat, ada sekitar 27 orang," kata Hadi, dilansir dari Kompas.

Polisi yang mendalami lokasi tersebut, kemudian meminta keterangan dari penjaga di sana. Setelah itu, diketahui bahwa kerangkeng tersebut sudah dibangun sejak 2012 atas permintaan Terbit Rencana sendiri.

Baca juga artikel seputar News atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

10 Potret Matthew White, Aktor Cilik Film Danur yang Meninggal karena Diabetes

Bikin Geger! Mayat Wanita Hamil ini Melahirkan Bayi di Dalam Peti Mati, Kok Bisa?

6 Fakta Terbaru Kondisi Kesehatan Dorce Gamalama, Sudah Beli Kain Kafan Sendiri?

9 Momen Tunangan Aprilio Manganang dan Kekasihnya Claudya, Siap Terima Kekurangan!

Bandana Atta Halilintar Dilelang Rp2,2 Miliar, Ini Sosok Crazy Rich yang Membelinya!

Warganet Kritik Kondisi TMII yang Tampak Terbengkalai, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

ARTIKEL TERKAIT
Koruptor Terkorup Di Dunia Ed170
10 Koruptor Terkorup di Dunia | Ada yang dari Indonesia!
Artis Jadi Pejabat Bf97f
10 Gaya Artis Saat Tampil di TV vs Bertugas Sebagai Pejabat | Aura Diva Gak Bisa Bohong!
Ayah Novita Wibowo 544e4
7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!
Page1 195a8
10 Potret Pejabat Negara di Akad Nikah Atta-Aurel, Ada Jokowi dan Prabowo!
Barbie Paling Sadis Banner
32 Foto Sadis Pembunuhan yang Dilakukan Boneka Barbie
Bahaya Film Joker Banner Bce3d
5 Bahaya Nonton Film Joker yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Memicu Pembunuhan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal