J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bikin Sedih, Kumpulan Potret Kerusakan Bumi yang Parah Lewat Google Earth

Senin, 19 Apr 2021, 15:15 WIB
Google Earth baru-baru ini menampilkan potret kerusakan Bumi yang tengah mengalami kerusakan yang parah. Simak selengkapnya di sini.

Google Earth baru-baru ini menyajikan fitur terbarunya yang berjudul Timelapse. Dari fitur terbarunya ini menunjukkan bagaimana perubahan-perubahan mengerikan yang dialami oleh bumi.

Dari bukti visual ini menunjukkan bagaimana Bumi sudah semakin menua dan semakin menunjukkan kerusakan yang parah akibat ulah manusia.

Sejak awal hadirnya, perangkat lunak Google Earth telah menarik beragam kalangan lantaran fiturnya yang tergolong canggih dalam menampilkan citra Bumi.

Foto Perubahan Bumi Yang Mengerikan 440c7
Sumber foto: YouTube.com/GoogleEarth

Kini Google Earth bersama dengan tim dari Universitas Carnegie Mellon menghadirkan fitur video Timelapse yang diklaim oleh Google menjadi fitur pembaruan terbesar sejak tahun 2017.

Direktur Earth Engine dan Outreach Google Earth, Rebecca Moore mengatakan Timelapse sudah dikembangkan melalui 24 juta citra satelit selama 37 tahun terakhir yakni sejak tahun 1984 hingga 2020.

Kemudian dari hasil citra satelit tersebut kemudian dikompilasi menjadi pengalaman 4D interaktif yang dapat digunakan dan disaksikan oleh penggunanya.

Google Map Tahun 2009 B91c1
Sumber foto: YouTube.com/GoogleEarth

"Membuat video timelapse seukuran planet membutuhkan jumlah yang signifikan dari apa yang kami sebut 'pemecah pixel' di Earth Engine, platform cloud Google untuk analisis geospasial," tutur Rebecca dilansir dari DetikInet.

Lebih lanjut Rebecca menjelaskan kalau pemrosesan citra satelit selama puluhan tahun ini membutuhkan ribaun mesin Google Cloud.

"Butuh lebih dari 2 juta jam pemrosesan di ribuan mesin di Google Cloud untuk mengumpulkan 20 petabyte citra satelit menjadi satu mosaik video berukuran 4,4 terapixel, itu setara dengan 530.000 video dalam resolusi 4K," tulisnya dalam blog resmi Google.

Cara Melihat Google Maps Tahun 2010 Af170
Sumber foto: YouTube.com/GoogleEarth

Melalui fitur Timelapse ini pengguna bisa memilih lokasi mana pun di planet ini yang ingin ditonton timelapse-nya dalam empat dekade terakhir.

Kamu nantinya dapat mencari lokasi yang ingin disaksikan timelapse-nya pada kolom pencarian yang tersedia dalam Google Earth.

Selain itu Google juga sudah menambahkan Voyager, di mana kamu bisa mengakses tur interaktif. Tur ini mempunyai 5 tema utama.

Google Maps Tahun 2012 2034b
Sumber foto: YouTube.com/GoogleEarth

Tema-tema tersebut antara lain Hutan yang Berubah, Keindahan yang Rapuh, Sumber Energi, Planet yang Menghangat, dan Perluasan Perkotaan.

Pokoknya dijamin saat kamu membukan timelapse dari tema-tema tersebut, akan membuka mata mengenai perubahan dan kerusakan yang tengah di alami Bumi.

"Bagi orang lain, efek perubahan iklim terasa abstrak dan jauh, seperti mencairnya lapisan es dan surutnya gletser," tutur Rebecca.

Foto Perubahan Bumi Yang Mengerikan 55731
Sumber foto: YouTube.com/GoogleEarth

"Dengan Timelapse di Google Earth, kami memiliki gambaran yang lebih jelas tentang planet yang sedang berubah tepat di ujung jari kamu, gambar yang tidak hanya menunjukkan masalah tetapi juga solusi, serta fenomena alam yang sangat indah yang terungkap selama beberapa dekade," tambahnya.

Sebagai informasi, kalau kamu ingin mencoba fitur Timelapse, kamu bisa mengakses di g.co/Timelapse dari browser PC atau laptop milik kamu.

Namun, jika kamu ingin download 800 video Timelapse yang sudah tersedia dalam format 2D dan 3D dapat mengunjungi g.co/TimelapseVideos.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

4 Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri & Orang Lain Terbaru 2021, 100% Works!

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

Kumpulan Foto Desain Kompleks Perumahan di Mars | Futuristik Banget?

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal