HP vivo Dilarang Masuk Kargo Pesawat Garuda, Gimana Nasib Penumpang?

Belum lama ini, maskapai penerbangan terbesar Indonesia, Garuda, melarang pengiriman kargo untuk semua smartphone dengan merk vivo. Larangan ini tertulis dalam Cargo Information Notice dengan nomor QA/007/IV/2021.

Dilansir dari Kumparan, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya memang tengah menghentikan untuk sementara waktu layanan pengangkutan kargo udara untuk jenis smartphone tertentu.

Adapun penghentian sementara tersebut terkait dengan insiden terbakarnya kontainer kargo dengan muatan smartphone vivo di bandara Hong Kong pada hari Minggu (11/4/2021).

Pelarangan tersebut menjadi langkah preventif dari pihak Garuda untuk mencegahnya kejadian yang sama terjadi. Pasalnya, kebakaran yang diakibatkan HP tersebut cukup parah.

2 8a12a

Peristiwa yang terjadi pukul 5.08 pagi waktu setempat diakibatkan oleh terbakarnya kotak berisi smartphone vivo Y20 dan aksesorisnya.

Api yang muncul dari dalam kotak membuat isinya terjatuh. Alhasil, api ledakan yang berasal dari HP tersebut mulai menyambar ke kotak lainnya yang berada di kargo yang sama.

Petugas pemadam kebakaran tiba untuk memadamkan api pada pukul 5.56. Karena api sudah terlanjur besar, dibutuhkan waktu hingga 40 menit untuk memadamkannya.

Awalnya publik tidak mengetahui brand smartphone apa yang dilarang tersebut. Namun, di media sosial tersebar foto boks biru putih bertuliskan vivo dan HP bekas terbakar parah yang berserakan.

Pihak Hong Kong Air Cargo akhirnya mengonfirmasi bahwa HP yang dilarang untuk masuk kargo tersebut adalah dari brand vivo.

3 34b1b

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Operasional bandara juga tetap berjalan normal seperti biasanya.

Namun, insiden ini menyita perhatian Hong Kong Air Cargo dan memaksa maskapai milik Hong Kong Airlines itu untuk melakukan embargo seluruh pengiriman HP Vivo.

Gak hanya pihak maskapai Hong Kong dan Garuda Indonesia saja yang mengembargo HP vivo untuk masuk kargo. Maskapai penerbangan negara lain juga ikutan melarang HP vivo naik ke kargo.

vivo kini sedang menginvestigasi penyebab dari kebakaran tersebut. Mereka juga bekerjasama dengan pihak berwenang untuk memecahkan masalah ini.

Kami memperhatikan bahwa kiriman barang, beberapa di antaranya adalah produk Vivo, terbakar di apron parkir Bandara Internasional Hong Kong pada 11 April, jelas Vivo kepada Android Authority.

"Kami telah memberikan perhatian yang tinggi dan segera membentuk tim khusus untuk bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk menentukan penyebabnya,".

4 5521f

Buat kamu pengguna HP vivo, pastinya kamu khawatir gak bisa naik pesawat Garuda pasca insiden ini. Tapi kamu gak perlu khawatir, geng.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KumparanTECH dari sumber internal Garuda, pelarangan ini hanya berlaku untuk muatan kargo saja.

Oleh karena itu, kamu tetap bisa membawa HP vivo kamu ke dalam kabin pesawat Garuda. Meskipun begitu, hingga kini belum ada kepastian hingga kapan embargo kargo vivo akan dicabut.

Pihak Garuda pun masih menunggu kepastian investigasi otoritas Bandara Hong Kong. Hal ini dilakukan demi memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

10 Negara Paling Bahagia di Dunia Terbaru | Indonesia Masuk Daftar Gak Ya?

Kumpulan Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, PC Bahasa Indonesia Terbaru & Terlengkap

7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Dunia | Banyak yang di Indonesia

15+ Anime Isekai Terbaik 2021, Overpower, Magic, Hingga Fantasy!

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

ARTIKEL TERKAIT
Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia Banner 6e43f
15 Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia, Gemes Banget!
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang Iphone Ini Alasannya Banner 0055f
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang iPhone, Selamat Datang di Tim Android!
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Tags Terkait: Vivopesawat
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal