Emejing! Tiktok Salip Facebook sebagai Aplikasi Paling Banyak Di-download

Siapa di sini yang suka main TikTok? Aplikasi pembuat dan berbagi video pendek satu ini memang sedang digilai dari mulai anak-anak hingga orang tua.

Dirilis pertama kali dengan nama Douyin di negara asalnya, aplikasi ini kemudian diluncurkan secara global dengan nama TikTok oleh perusahaan teknologi, Bytedance.

Meskipun masih terbilang baru, namun TikTok mampu meraih kesuksesan secara global dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan mampu menyaingi kompetitornya yang telah belasan tahun mendominasi pasar.

Berdasarkan laporan terbaru dari Sensor Tower, Tiktok berhasil menempati peringkat 1 sebagai aplikasi non-gaming yang paling banyak di-download secara global pada bulan Maret 2021.

1 D4eba

Di bulan Maret saja, TikTok berhasil meraih 58 juta kali install. Angka ini bahkan mengalahkan Facebook yang merupakan media sosial terbesar di dunia.

Data tersebut merupakan akumulasi dari jumlah download di Google Play Store dan App Store. Khusus di Google Play Store, Facebook masih menjadi aplikasi paling banyak di-download, diikuti Instagram dan TikTok.

Dari 58 juta kali download tersebut, China menjadi penyumbang terbanyak dengan persentase 11%. Sementara, posisi ke-2 ditempati oleh Amerika Serikat yang menyumbang 10%.

Hal ini cukup ironis mengingat Amerika Serikat sempat hampir memblokir TikTok pada masa pemerintahan mantan presiden Donald Trump.

Donald Trump beralasan bahwa TikTok mengancam keamanan nasional karena juga digunakan untuk memata-matai Amerika. Padahal, dugaan ini belum terbukti hingga sekarang.

Facebook sendiri menempati peringkat ke-2 dengan 56 juta kali download. Negara terbanyak yang menyumbang angka tersebut adalah India dengan 25%, diikuti oleh AS dengan 8%.

2 06d89

Meskipun kalah dari TikTok, namun Facebook gak khawatir. Pasalnya, aplikasi milik Facebook Inc. lainnya, seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger tetap berada di posisi 5 teratas.

Instagram menempati peringkat ke-3, WhatsApp di peringkat ke-4, dan Facebook Messenger menempati urutan ke-5. Sayangnya, Sensor Tower gak merinci jumlah download ketiga aplikasi tersebut.

Dirangkum Oberlo dari DataReportal, saat ini TikTok memiliki 689 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Meskipun belum bisa ngalahin Facebook dengan 2,7 miliar pengguna, namun jumlah ini gak kalah fantastis, lho.

Pasalnya, TikTok berhasil menduduki posisi ke-7 dalam media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia hanya dalam waktu 5 tahun setelah peluncuran perdananya.

Hingga saat ini, TikTok tercatat telah di-download lebih dari 2 miliar kali di Google Play Store dan App Store.

Perihal nasib TikTok di Amerika, hingga saat ini belum ada kebijakan terbaru dari presiden terpilih, Joe Biden. Semoga saja sih Biden gak lagi menekan TikTok mengingat AS adalah salah satu negara pengguna TikTok terbanyak di dunia.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Kumpulan Foto Anak Anggun C Sasmi yang Selama Ini Ditutupi | Menawan Seperti Ibunya!

4 Cara Download Story IG Orang Lain di Android & iPhone, Sekali Klik!

Dwayne Johnson alias The Rock Siap Jadi Presiden AS!

Nonton Film Tenet (2020) Sub Indo | Membalikkan Waktu dalam Genggaman

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

ARTIKEL TERKAIT
Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia Banner 6e43f
15 Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia, Gemes Banget!
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang Iphone Ini Alasannya Banner 0055f
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang iPhone, Selamat Datang di Tim Android!
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal